Home » Activities, Opini » Baterai “Anker” untuk Smartphone Android? Ada!

Dear All, pada tulisan ini saya akan menceritakan masalah yang saya alami ketika menggunakan Smartphone. Selain itu, saya juga memaparkan beberapa solusi yang saya tempuh. Masalah tersebut adalah masalah konsumsi energi!

ANKER Battery

Bagi saya, smartphone merupakan perangkat yang membantu dan memudahkan dalam menjalankan sesuatu yang terkait dengan kegiatan sehari-hari. Di saat jauh dari laptop, saya bisa mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan terkait dengan pekerjaan yang saya lakukan. Disaat bepergian, smartphone dengan setia menjadi teman untuk mengisi waktu menunggu atau untuk menandai lokasi-lokasi yang pernah saya kunjungi dengan bantuan aplikasi tertentu. Selain itu, smartphone sangat berperan dan memudahkan untuk mengenali kota-kota tertentu dengan bantuan navigasi yang dimilikinya. Setidaknya hal ini telah saya lakukan saat berkunjung ke kota-kota besar, seperti, Jakarta, Jogjakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Pekanbaru, Jambi, Padang dan kota-kota kecil yang pernah dilalui.

Semua kegiatan tersebut membutuhkan akses ke jaringan internet melalui layanan paket data yang disediakan oleh berbagai provider. Selama berdomisili di Jogja, saya menggunakan kartu Three untuk memudahkan akses internet di smartphone tersebut. Mengapa Three? Karena hampir setiap kota yang saya lalui memiliki jaringan Three (HSDPA), kecuali kampung saya yang berada di pelosok bukit barisan 50 Kota, Mahat :p.

Akses internet tersebut membutuhkan konsumsi daya yang sangat besar. Sehingga waktu pakai baterai menjadi sangat singkat. Hal ini terjadi karena saya menggunakan Smartphone yang menggunakan OS Android yang terkenal boros energi. Selain itu, smarthone tersebut juga menggunakan berbagai aplikasi yang secara berkala melakukan unsupervised access (background process) ke layanan-layanan (Services) tertentu yang saya gunakan. Seperti Akses email, social media, Play Store Android dan lain-lain. Proses-proses tersebut semakin memperparah konsumsi daya smartphone tersebut.

Beberapa trik saya gunakan untuk membantu penggunaan baterai menjadi lebih hemat. Seperti aplikasi pengontrol penggunaan pekat data. Paket data akan aktif hanya ketika  smartphone disentuh atau digunakan. Jadi saat tidak digunakan beberapa layanan (services) yang bekerja tanpa sepengetahuan akan dimatikan. Artinya tidak akan ada background process  ke jaringan interent melalui paket data. Trik ini cukup membantu, namun tidak berlaku jika hampir selalu menggunakan Smartphone tersebut, atau berarti paket data akan selalu aktif.

Well, baterai yang saya gunakan memiliki kapasitas 1.520 mAh. Tergolong besar, namun bagi smartphone saya, kapasitas tersebut tidak cukup membantu untuk beban akses yang saya gunakan sehari-hari. Hasilnya, saya harus mengecas baterai hampir setiap hari. Hehehe, memang cukup fair.

Anker Battery - HTC Sensation 4G

Tidak puas dengan kondisi tersebut, saya berusaha mencari bateri yang memaliki kapasitas yang lebih besar. Hasilnya, saya diarahkan ke salah satu forum diskusi tersbesar di Indonesia, KASKUS. Di forum tersebut saya dikenalkan dengan Baterai dengan merek ANKER! Menakutkan bukan? Setelah googling dan diskusi dengan saudara laki-laki saya, ternyata baterai tersebut termasuk produk yang direkomendasikan. Anda bisa mengakses alamat ini: (situs resmi ANKER) jika ingin mengenal ANKER lebih dekat.

Saya menemui thread di link ini (KLIK). Thread tersebut adalah penjual baterai ANKER yang ada di Indonesia. Dari testimoni yang diberikan oleh para pelanggan pemilik thread tersebut, dapat disimpulkan bahwa penjual adalah online seller yang profesional. Hasilnya, saya memberanikan diri untuk memesan baterai yang cocok dengan Smartphone yang saya gunakan, HTC Sensation XE.  Saya menghubungi si penjual dengan menggunakan layanan WhatsApp. Respon cepat dan komunikasi yang baik terjalin dengan si penjual. Melihat model pelayanan tersebut, saya membulatkan tekat untuk membeli baterai ANKER. Transaksi yang dilakukan sangatlah  mudah. Hanya dengan berkomunikasi melalui layanan chat WhatsApp. Penjual juga mengirimkan foto pengiriman barang yang telah dilakukan melalui WhatsApp. Setelah pembayaran dilakukan tentunya, terpercaya!

 

Berselang dua hari setelah pembayaran, baterai sudah sampai ke tangan istri saya yang berdomisili di Jakarta. Memang, profesional dan sangat direkomendasikan. Hingga saat ini saya menggunakan baterai ANKER yang terasa lebih “Tahan Lama” dibandingkan baterai asli bawaan smartphone saya. Sejauh ini saya puas dengan performa baterai ANKER yang saya gunakan. Lebih lama dan paket data hampir selalu saya aktifkan.

Jika anda tertarik silahkan hubungi si JURAGAN ANKER di nomor berikut ini:

08 567 666 121

Testimoni: (klik)

Atau mengunjungi thread yang saya sertakan di tulisan di atas. Selamat mencoba ke-ANKER-an baterai ANKER!

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

2 Responses to “Baterai “Anker” untuk Smartphone Android? Ada!”

  1. kayaknya anker seperti namanya neh. salam kenal dari KPLI lotim. semoga sukses selalu. ditunggu kunjungan dan komentar baliknya di blog sy

    Reply

Tinggalkan komentar