Home » Activities, S2 JTETI UGM » Wisuda PascaSarjana UGM 24 Oktober 2012…

Tepat tanggal 24 Oktober 2012 yang lalu, secara resmi Saya beserta 1300an lebih mahasiswa pascasarjana UGM resmi diwisuda. Bagi Saya itu adalah momen wisuda pertama yang Saya lewati dengan seremonial lengkap dan dibuka serta dihadiri oleh semua wisudawan di lingkungan Universitas Gadjah Mada dalam satu gedung, Grha Sabha Pramana (GSP) Auditorium UGM. Tahun 2009, Saya sempat mengikuti prosesi wisuda program sarjana di UNP Padang. Namun, kegiatan itu tidak dilaksanakan secara utuh, karena saat itu padang sedang dilanda bencana gempa bumi 30 September 2009. Wisuda dalam keprihatinan.

Dua minggu sebelum pelaksanaan wisuda, Saya mengikuti serangkaian kegiatan yang samasekali tidak diagendakan. Saya sempat berkeliling ke beberapa kota besar di Indonesia dalam rangka menyelesaikan berbagai urusan, seperti mencari kerja, bertugas (dinas), mengurus nikah dan mengerjakan beberapa pekerjaan. Kota-kota tersebut antara lain Jogjakarta, Semarang, Jakarta, Padang, Jambi dan Pekan Baru. Benar-benar melelahkan. Hingga akhirnya Saya kembali ke Jogjakarta untuk mengurus wisuda.

Sesampai di Jogjakarta, Saya memulai hari-hari dengan mengurus beberapa persyaratan wisuda, mulai dari mengambil toga, hingga mengurus undangan untuk kegiatan pelepasan wisudaan/ti JTETI yang dilaksanakan di Hotel Santika Jogjakarta. Berikut ini akan Saya ceritakan serangkaian kegiatan yang Saya lewati menjelang momen-momen wisuda dilaksanakan.

Tanggal 23 Oktober 2012

Pada tanggal 23 Oktober 2012 Saya mulai dengan menjemput tunangan Saya yang datang ke Jogjakarta. Dia datang ke jogja dengan menggunakan jasa Kereta Api, Taksaka Malam. Berangkat tanggal 22 Oktober 2012 malam, dan sampai di Jogjakarta pukul 05.00 di Stasiun Tugu Jogjakarta. Pagi itu Saya memboncengi dia untuk beristirahat di hotel yang telah Saya siapkan, bersama-sama keluarga dari Padang. Selanjutnya, Saya mengikuti Psikotes di hotel Amaris Jogjakarta. Psikotes ini merupakan salah satu tes yang Saya lewati untuk melamar di Politeknik Caltex Riau. Sebelumnya Saya sempat mengikuti tes wawancara dan tes TOEFL di Politeknik Caltex Riau Rumbai. Sebenarnya pada hari itu, Saya harus mengikuti gladi bersih wisuda yang dilaksanakan di Grha Sabha Pramana (GSP). Karena berbenturan dengan jadwal psikotes, kegiatan itu tidak Saya ikuti. (Semoga Allah memberikan yang terbaik, Amin)

Selanjutnya, siang tanggal 23 Oktober 2012  setelah mengikuti psikotes, Saya buru-buru balik ke kampus. Pada saat itu Saya mendapat SMS dari teman-teman untuk mengikuti acara pelepasan Wisudawan yang dilaksanakan di KPFT UGM, pelepasan wisudawan/ti yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik UGM. Alhamdulillah kegiatan itu Saya ikuti, dan momen itu adalah momen pertama bertemu langsung Dekan FT UGM yang baru, Bapak Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng. Acara itu juga dihadiri oleh teman-teman seangkatan. Selepas acara itu, kami juga menyempatkan diri untuk foto-foto bersama di kampus Fakultas Teknik UGM.

Malam tanggal 23 Oktober 2012, Saya mengikuti acara pelepasan wisuda dengan Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Santika Jogjakarta. Acara itu dihadiri oleh sebagian besar wisudawan Pasca Sarjana JTETI (S2 Reguler, MTI, MTInst, MSEE) dan Pengelola S2 JTETI, mulai dari Ketua Jurusan JTETI, hingga bapak-bapak pengurus program pascasarjana. Hanya saja pada hari itu Saya tidak melihat kehadiran bapak Ir. Paulus Insap Santosa, M.Sc., Ph.D, selaku Ketua Pengelola Program S2 Reguler Teknik Elektro.

Acara tersebut diselenggarakan secara semi formal, dihadiri oleh wisudawan yang didampingi oleh keluarga. Hari itu Saya menghadiri acara pelepasan wisudawan didampingi oleh kedua orang tua dan tunangan Saya. Saya sempat berdiskusi panjang dengan dosen-dosen yang berjasa ketika membimbing Saya dalam menyelesaikan tesis S2. Pada saat acara, Saya sempat memperkenalkan orang tua Saya kepada dosen-dosen pembimbing. Saat itu memang orang tua Saya penasaran dengan sosok dosen JTETI, terlebih para pembimbing Saya. Alhamdulillah, kami sempat berfoto bersama dengan bapak-bapak tersebut.

Pada saat acara, sempat dilakukan penganugrahan Lulusan dengan IPK tertinggi, lulusan dengan waktu studi tercepat, serta lulusan yang paling muda. Lulusan dengan IPK tertinggi jatuh ketangan Ibu Kholistianingsih dengan IPK 4.00, lulusan dengan studi tercepat jatuh ketangan mahasiswa MTI (Saya lupa namanya), sedangkan lulusan termuda jatuh ketangan sobat karib Saya, yaitu Rayi Yanu Tara (24 Tahun 6 Bulan). Bangga rasanya melihat teman-teman seperjuangan mencapai hasil maksimal secara bersama-sama. Acara pelepasan wisuda berakhir pada pukul 21.00. Saat itu kami sekeluarga kembali ke hotel dan mempersiapkan diri untuk acara Wisuda esok hari.

Tanggal 24 Oktober 2012

Pada pukul 04.45-05.00, Saya bangun, mandi dan sholat subuh. Saat itu Saya telah mempersiapkan semua perlengkapan wisuda yang akan digunakan. Pakaian Putih celana hitam, dan toga wisuda. Ada hal menarik yang Saya jumpai mengenai Toga di UGM. Ternyata Toga yang digunakan oleh wisudawan di UGM terdiri dari 2 macam, Toga Hitam dengan bagian kuning, dan toga hitam polos. Toga hitam kuning merupakan toga yang digunakan oleh lulusan Cum Laude, sedangkan toga hitam polos digunakan oleh lulusan yang tidak Cum Laude. Alhamdulillah, pada saat itu Saya mendapat kesempatan menggunakan toga hitam dengan bagian kuning di sepanjang bagian tengah badan dan bagian ujung lengan. IPK yang Saya capai untuk menyelesaikan pendidikan S2 adalah 3,93. Kalah 0,7 poin dari ibu Kholitianingsih. Bagi Saya, itu merupakan pencapaian terbaik Saya. Malah melampaui target yang Saya tetapkan sesaat sebelum kuliah di UGM, sekitar 3,75. Di kelas Saya, ada sekitar 7 orang wisudawan dengan predikat Cum Laude, dan Saya salah satunya (diperingkat 2).

Setelah menggunakan pakaian wisuda lengkap, Saya diantar oleh Abang tertua ke sisi barat Gedung Pusat UGM. Dari sana Saya melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke Grha Sabha Pramana yang berada di selatan Gedung Pusat UGM. Di sana Saya hadir dan menandatangani daftar kehadiran. Selang beberapa menit kemudian, teman-teman satu kelas yang akan diwisuda juga hadir dan bersiap menempati posisi yang telah disiapkan. Kegiatan wisuda dilaksanakan hingga pukul 11.00 siang. Semua wisudawan dipanggil dan mendapat ijazah berdasarkan kelompok fakultas yang disiapkan. Untuk diketahui, Dekan merupakan pejabat yang menyerahkan ijazah kepada semua lulusan PascaSarjana di lingkungan UGM.

Setelah momen wisuda selesai dilaksanakan. Para kami para wisudawan menyempatkan diri untuk berfoto bersama di Grha Sabha Pramana UGM.

Acknowledgement

Bagi Saya, apa yang Saya alami lebih kurang 2 tahun ini merupakan berkah yang luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT. Di JTETI Saya mengenal dan berteman dengan sejumlah orang-orang hebat (teman-teman seangkatan), Dosen-dosen yang patut dijadikan teladan (Dosen-dosen JTETI) serta staf yang penuh dedikasi (Pengurus, karyawan dan Pengelola di lingkungan JTETI). Di JTETI Saya belajar bagaimana orang-orang hebat berkomunikasi. Bagaimana menjadi orang yang berguna bagi orang lain, bagaimana mengajarkan sesuatu kepada orang lain, bagaimana cara membagi ilmu, bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan paling utama bagaimana menjadi seseorang yang Rendah Hati. Semua pelajaran yang kelak akan Saya aplikasikan di dunia kerja, tempat Saya bekerja nantinya. Sungguh kenangan yang mengharukan disaat meninggalkan JTETI dan kota Jogjakarta. Kota yang mengubah pola pikir dan cara pandang Saya terhadap sesuatu. Terimakasih teman-teman di lingkungan JTETI, terimakasih para dosen dan terimakasih para staf di lingkungan JTETI. Tanpa mereka, Saya bukanlah apa-apa.

Saya menyelesaikan pendidikan S2 dalam kurun waktu 1 tahun 11 bulan dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,93. Judul tesis Saya adalah:

  • Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Gerak Berbasis Web dengan Menggunakan Metode Frame Differences dan Dynamic Template Matching

Tesis tersebut Saya kerjakan selama lebih kurang 6 bulan dengan bantuan berbagai pihak. Tesis tersebut dikerjakanmelalui grup penelitian Pervasive and Mobile Computing. Pembimbing Saya dalam menyelesaikan Tesis tersebut adalah Bapak Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D (Ph.D di Cork Institute of Technology, Irlandia) dan Bapak Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc., Ph.D (Ph.D di Monash University, Australia). Dari Tesis tersebut Saya dibantu pembimbing dan rekan-rekan segrup penelitian menghasilkan 3 Publikasi Ilmiah antara lain:

  • Muhammad Ihsan Zul, Widyawan, Lukito Edi Nugroho “IP Camera Motion Detection System by using Frame Differences Method” The 5th International Conference on Information Technology and Electrical Engineering (CITEE), Yogyakarta, Indonesia 2012
  • Widyawan, Muhammad Ihsan Zul, “Adaptive Motion Detection Algorithm using Frame Differences and Dynamic Template Matching Method”, The 9th International Conference on Ubiquitous Robot and Ambience Intelligence (URAI), Deajeon, South-Korea, 2012
  • Widyawan, Sigit Basuki Wibowo, Muhammad Ihsan Zul, Budi Nugroho, “iHome: Low-Cost Domotic for Residential Houses”, 5th AUN/SEED-Net Regional Conference on Information and Communications Technology (RCICT), Manila, Filipina, 2012

Terimaksih Saya haturkan kepada:

  • Bapak Ir. Paulus Insap Santosa, M.Sc., Ph.D
  • Bapak Ir. Oyas Wahyuanggoro, M.T., Ph.D
  • Bapak Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D
  • Bapak Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc., Ph.D
  • Bapak Teguh Bharata Adji, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D
  • Ibu Indriana Hidayah, S.T., M.T
  • Bapak Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T
  • Ibu Dr. Ir. Wahyuni, M.Sc
  • Ibu Suning Kusuma Wardani, M.T
  • Bapak Bimo Sunarfri, S.T., M.Sc.
  • Semua Dosen JTETI yang memberikan teladan bagi Saya
  • Mas Jafilun
  • Mas Dul
  • Mas Harsoyo
  • Mas Heruwanto
  • Mbak Dewi
  • Mas Wahyu
  • Dan mbak bagian keuangan (Saya Lupa Namanya)
  • Semua staff yang membantu pengurus berkas Kuliah Saya
  • Mas Hendri Himawan, S.T., M.Eng (Semoga sukses Ph.D-nya di UKM Malaysia)
  • Rayi Yanu Tara, S.T., M.Eng (Semoga Sukses Ph.D-nya di NTUST Taiwan)
  • Mbak Zawiyah Saharuna, S.T., M.Eng (Hehehe Undangan Nikah)
  • Mbak Hani Rubiani, S.T., M.Eng
  • Pak Assaf Arief, S.T., M.Eng
  • Pak Koko Joni, S.T., M.Eng
  • Mas Haruno Sajati, S.T., M.Eng
  • Mbak Chairani, S.T., M.Eng
  • Mas Arif Fadhli, S.T., M.Eng
  • Mbak Sutarti, S.T., M.Eng
  • Mas Beni Firman, S.T., M.Eng (Jadi Ingat ICU di Panti Rapih)
  • Mas Alief Rakhman M, S.T., M.Eng
  • Pak Eka Wahyudi, S.T., M.Eng
  • Bu Kholistianingsih, S.T., M.Eng
  • Pak Rahmat Adi Prasetya, S.T., M.Eng
  • Semua teman-teman angkatan 2010, 2011 dan 2012 yang Saya kenal
  • Teman-teman futsal sabtu pagi di Arena Futsal UNY
  • Semua yang tidak dapat Saya sebutkan satu-persatu.

Dengan selesainya acara tersebut, secara resmi Saya menyandang gelar M.Eng (Magister of Engineering) yang dituliskan setelah gelar S.Pd yang Saya peroleh tahun 2009 silam. For me it would be outstanding achievement.

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

15 Responses to “Wisuda PascaSarjana UGM 24 Oktober 2012…”

  1. Mas Ihsan, selamat ya atas wisudanya dengan predikat yang memuaskan, semoga ilmunya bermanfaat, segera mendapatkan kerja, dan diberi kelancaran untuk pernikahannya.

    Salam :)

    Reply
  2. sukses mas kedepannya :)

    Reply
    • to : Yohan

      Terimakasih banyak mas Yohan. Semoga sukses S2-nya, semoga semua cita-citanya tercapai mas.. :D

      Reply
  3. wah.. googling2 ketemu tulisan km San.., slamat ya San., buat kelulusannya, buat nikahannya.., buat semuanya.. ^^ jadi kenangan yang berkesan dan tak terlupakan S2 JTETI UGM :)

    Reply
  4. wuichhh, bang ichsan udah wisuda S2 aja nih
    saya baru mau wisuda S1 bulan depan bang
    hehe
    lama gak berkunjung kesini
    sukses selalu bang :)

    Reply
    • Wah ada Gede Lumbung, surprise sekali blogger sekaliber Gede Lumbung kembali berkomentar di blog ini… S1 hanya strata lah, yang penting ilmunya. Yang saya tau gedelumbung.com membagi banyak ilmu dan informasi yang berguna dan selalu up to date bagi para “programmer bertipe pejuang” seperti saya ini. Walau gede lumbung udah membagi secara bebas tetap aja saya “ga mudeng”.. Suatu saat nanti siap-siap saya undang ke kampus saya ya.. Hehehehe Sekali lagi thanks sudah berbagi.. Semoga sukses dan menulis buku aplikatif sebanyak-banyaknya.. :p

      Reply
  5. Subhanallah IPK Kakak2 kelas tingi2 y, selamat Kak atas wisuda s2 nya smg sukses,
    Semoga sy jg mendapat kesempatan menggunakan toga hitam dengan bagian kuning di sepanjang bagian tengah badan dan bagian ujung lengan saat wisuda nanti, Aamiin y Rabbal’alamin

    Reply
    • Alhamdulillah, terimakasih ya tri, semoga doanya terkabul secapatnya.. Semoga sukses selalu, terimakasih banyak sudah berkunjung..

      Reply
  6. Mas Ichsan,

    Saya Rizky, sedang develop website Magister Ilmu Hukum UGM Kampus Jakarta. Saya izin menggunakan foto wisuda Mas Ichsan untuk salah satu foto slider di website boleh?

    Nuwun.

    Reply
  7. Hi,

    My name is Gustin and I’m the Creative Editor of IDNtimes. IDNtimes is the leading online media company, which delivers worth-sharing content to young generation in Indonesia. Last month, we booked 8 millions users and 55 millions pageviews.

    With this, we would like to feature your original photos (http://i758.photobucket.com/albums/xx230/isaninside/Wisuda%20Pasca%20Sarjana%20UGM/small_DSC0354.jpg) as part of our content in IDNtimes.com. The credit is still yours and we will put the source appropriately (including backlink to your blog). The article talk about “10 Tips Sukses Jadi Mahasiswa S2 yang Gak Pernah Diketahui Anak Muda”

    If you feel uncomfortable and hesitant, please let us know by sending an email to tania@idntimes.com. Thank you for your attention and have a nice day ahead :)

    Reply
  8. Chairani 17/01/2017

    eeh aku baru baca.. hehe :D

    wah keren tulisannya, mewakili kata hati…

    Reply

Tinggalkan komentar