Home » Activities, S2 JTETI UGM » Bermanfaat! Belajar Pengolahan Citra (Image Processing) !

Beberapa bulan lalu Saya tidak sedang berencana dan tidak berniat untuk mendekati dunia Image Processing yang sesungguhnya. Hingga akhirnya Saya terjebak ke dalam dunia yang sama sekali belum pernah Saya dekati. Keadaan ini terjadi ketika syarat untuk menyelesaikan pendidikan S2 menuntut untuk mempelajari teori dan aplikasi Image Processing. Walaupun tidak terlalu dalam, Saya bersyukur pernah mengenal dan mempraktekannya. Thanks God.

Mengutak-atik dan memodifikasi gambar (citra) adalah hobi Saya, dengan bantuan aplikasi “bajakan”, Saya telah melakukan berbagai manipulasi foto, membuat desain interface sebuah halaman website dan lain sebagainya. “Mungkin” kegiatan tersebut termasuk ke dalam kegiatan pengolahan citra (Image Processing), tapi kegiatan tersebut secara langsung tidak menyentuh teori dan aplikasi dasar image processing.

Adalah IP camera yang menuntun Saya melakukan penelitian yang terkait dengan image processing. Secara keseluruhan, Saya merancang sebuah sistem pemantau rumah yang digunakan oleh pengguna Speedy Rumahan. Sistem yang dirancang dimulai dari perencanaan Arsitektur sistem dengan berbagai perangkatnya. Sistem tersebut memiliki kemampuan untuk mendeteksi gerak (motion detection) yang terjadi ketika selama dilakukan automatic surveillance. Jika terdeteksi gerak, maka sistem akan memberikan notifikasi ke pengguna melalui berbagai perangkat mobile dan komputer yang dimiliki. Semacam notifikasi messanger yang biasa digunakan oleh pengguna Android, Blackberry, atau mungkin iPhone.

Jaringan yang digunakan sistem tersebut adalah jaringan internet. Jadi aplikasi yang dirancang adalah aplikasi berbasis web. Oleh karena itu Saya mengusahakan merancang sebuah aplikasi yang dapat mendeteksi gerak dengan menggunakan bahasa pemrograman WEB. Jadilah aplikasi PHP pendeteksi gerak. Prinsip pendeteksian gerak yang Saya lakukan adalah dengan cara membandingkan sebuah gambar referensi dengan gambar yang di capture oleh IP camera. Gambar referensi yang bisa digunakan adalah gambar kondisi sebuah ruangan yang sedang kosong dan tertata rapi. Selain itu gambar referensi juga mungkin menggunakan gambar yang di-capture sebelumnya.

Jadi secara periodik, sistem melakukan perbandingan antara gambar referensi dengan gambar yang di capture. Teknik perbandingan yang Saya gunakan dikenal dengan nama Frame Differences. Dimana dilakukan perbandingan masing-masing titik pixel gambar. Perbandingan yang dilakukan untuk 2 jenis gambar. Gambar RGB dan Grayscale.

Pembuatan, modifikasi dan pengujian yang Saya lakukan ternyata menuntun Saya lebih jauh mengenal teknik image processing. Secara perlahan Saya mulai membaca teori-teori dasar image processing, seperti, komponen warna, bermain pixel gambar, teknik-teknik scaling dan resizing gambar, filter gambar, konversi gambar dan lain sebagainya. Hampir sama dengan apa yang Saya lakukan ketika bermain aplikasi “bajakan” dalam memanipulasi foto. Tapi bedanya, kegiatan yang dilakukan dengan image processing langsung menyentuh titik-titik pixel gambar. Pada setiap titik tersebut dilakukan “komputasi” yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Di sanalah Saya mengenal istilah korelasi dan konvolusi citra. Penerapan metode ini akan menghasilkan berbagai macam filter gambar, persis seperti melakukan modifikasi gambar.

Sejak mengenal dunia image processing, Saya mulai menghayal untuk melakukan berbagai macam eksperimen yang terkait dengan web based application yang menerapkan teknik image processing. Tentunya sejauh yang Saya pahami. Saya jadi teringat, ketika kita menggunakan facebook dan melakukan upload gambar, bagaimana bisa si facebook bisa mengenali posisi wajah (Face Recognition), dan bahkan memberikan rekomendasi terhadap wajah-wajah tersebut? Sungguh, suatu yang luarbiasa, pastinya menerapkan berbagai macam teori, mungkin Artifical Intelligence, Image Processing dengan algoritma “lucu” yang bikin mummet!

Well, apapun itu, yang pasti kita harus mencoba untuk menjalaninya, sekalipun jika orang berkata sulit, tapi kita tidak akan pernah tau apakah “sulit” itu harus “didefinisikan ulang” ketika kita mulai menyentuhnya.

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

10 Responses to “Bermanfaat! Belajar Pengolahan Citra (Image Processing) !”

  1. reggy 11/10/2012

    gan saya juga mulai tertarik dengan image processing..sekarang saya lagi mau nyelesein study S1 saya..
    tentunya kalo mau lulus saya harus buat TA/skripsi dulu..

    namun saya kesulitan umtuk menentukan judul nya..
    bisa di bantu ga gan..
    saya mau ngerjain TA yang berkaitan dengan image processing..

    mohon bantuannya gan.
    tank’s..

    Reply
  2. bahtiar 16/01/2013

    Masbro,,aplikasinya pake program apa ya??
    klo mau koneksikan IP Camera sama VB gimana syntax nya ya?
    mohon pencerahannya gan…
    thanks

    Reply
    • Salam kenal mas..
      Saya pake PHP Programming mas, ga Pake VB kok.. Seharusnya bisa asal kita paham konsep algoritmanya mas.. Apa yang bisa saya bantu?

      Reply
  3. dimas 22/01/2014

    alpkasi yg bagus mas,
    yg mw saya tanyain itu bgaimana program untk merespon adanya perbedaan gambar pertama dgn selanjutnya? soalnya TA yg saya buat jg berkaitan dan saya masih pemula dalam PHP dan impro

    Reply
  4. fadly 21/05/2014

    Assalamualaikum mas,, saya sangat tertarik dengan materi ini,, bolehkah saya meminta jurnal referensinya mengenai algoritma frame differencing,, bisa dikirim ke email saya fadlyfs18@gmail.com , tmksh

    Reply
  5. Saya tertarik dengan informasi mengenai belajar database pengolahan citra diatas. Informasi yang anda berikan sangat bermanfaat sehingga dapat menambah pengetahuan saya mengenai pengolahan citra. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pengolahan citra yang bisa anda kunjungi di Megenai Mikroelektronika dan Pengolahan Citra

    Reply
  6. septy adji 13/01/2016

    saya ingin sekali belajar image processing untuk keperluan penelitian mengidentifikasi pesut mahakam. karena mengidentifikasi lumba lumba sering kali melalui identifikasi foto sirip punggung. apakah bisa ? bagaimana saya harus memulainya ?

    Reply
  7. Loom 04/03/2016

    Boleh minta softcopy thesisnya sebagai referensi? Saya tugas akhir mengenai hal yg sama, mnggunakan IPcam juga, tapi menggunakan Raspberry Pi. Mohon balasannya, terima kasih.

    Reply

Tinggalkan komentar