Review Laptop ASUS A43SA – VX071D

Setelah beberapa minggu menggunakan Laptop ASUS A43SA – VX071D, Saya mengumpulkan beberapa hasil review yang mungkin berguna bagi para calon pengguna Laptop dengan tipe ini. Silahkan simak tulisan berikut.

Pembuka

Setelah membeli Laptop ASUS A43SA – VX071D, Saya menguji coba laptop tersebut dengan melakukan instalasi 2 OS sekaligus. OS pertama yang diinstalkan adalah Windows 7 Ultimate 64bit dan dilanjutkan dengan melakukan partisi harddisk. Total harddisk yang tertulis di spesifikasi laptop adalah 750 GB, setelah dilakukan pengecekan, ternyata kapasitas total yang terbaca di Windows 7 hanya sekitar 698.64 GB. Silahkan lihat gambar berikut ini untuk keterangan yang lebih jelas.

Kapasitas Total Harddisk

Total Harddisk tersebut dipartisi menjadi 7 partisi. 1 partisi untuk OS Windows 7, 1 partisi untuk OS Ubuntu Linux, 1 partisi untuk swap linux, dan 4 partisi digunakan sebagai media penyimpanan data. Penjelasan ini bisa dilihat secara lebih jelas pada gambar di atas. Proses pertisi ini menggunakan tools/aplikasi partisi yang dikenal dengan nama Easus Partition Master. Tools ini sangat bermanfaat dan tergolong mudah dalam menggunakannya. Anda dapat mendownloads tools ini secara gratis dan dimanfaatkan secara freeware.

Selanjutnya OS Ubuntu 11.10 Saya installkan di partisi linux yang telah disediakan. Total Harddisk yang dialokasikan untuk Ubuntu ini adalah sekitar 50 GB. Proses install dilanjutkan dengan proses kostumisasi dan update OS Ubuntu 11.10. Selain itu, Saya juga melakukan modifikasi grub untuk melakukan pengurutan pemilihan OS yang akan ditempatkan di posisi pertama.

Melakukan Editing Foto dengan Photoshop CS5 (Bajakan)

Setelah kedua OS selesai diinstalkan, Saya melakukan instalasi beberapa software pengelola grafis, seperti Adobe CS5 yang terdiri dari Adobe Photoshop CS5 32 dan 64 bit, serta Adobe Dreamweaver CS5, CorelDraw X3 dan Nikon ViewNX. Semua program tersebut dapat dijalankan dengan baik. Karena hobi Saya melakukan manipulasi foto (Fotografi), maka Saya melakukan uji coba dengan mengedit sejumlah foto dengan menggunakan Adobe Photoshop CS5 64 Bit. Foto-foto yang diedit tergolong ke dalam jenis foto yang diambil dengan menggunakan kamera DSLR Nikon D3100 dan Nikon D5100. Rata-rata resolusi minimal foto yang diolah adalah 3456px × 2304px. Saya tidak mengalami masalah yang berarti saat melakukan modifikasi foto tersebut. Kecepatan pengolahan yang dilakukan oleh ASUS A43SA – VX071D, sangat memuaskan Saya, proses zoom in dan zoom out foto pun dapat diproses secara lebih dinamis dan tidak patah-patah.

Menggunakan Tools Programming

Ada beberapa tools yang Saya gunakan untuk melakukan pekerjaan Saya sehari-hari. Tools-tools tersebut diantaranya:

  1. Adobe Dreamweaver CS5
  2. Netbeans 7
  3. Visual Studio 2010
  4. Enterprise Architec
  5. MySQL Workbench
  6. AVR Studio 5
  7. Appserv 2.6.0
  8. Mind Manager
  9. FileZilla

Semua software itu Saya installkan di OS Windows 7 yang terpasang di ASUS A43SA – VX071D ini. Semua software yang terinstall tersebut tidak terlalu mempengaruhi kestabilan dan kecepatan Laptop pada saat dijalankan. Hal ini sangat memudahkan Anda yang terbiasa bekerja secara multitasking dengan membuka beberapa aplikasi tertentu dalam waktu yang bersamaan.

Untuk OS ubuntu, Saya menginstallkan beberapa aplikasi programming, seperti Geany, LAMP Server, Eclipse dan beberapa aplikasi desain grafis, seperti Gimp dan lain sebagainya. Selama menggunakan, Saya tidak mengalami masalah-masalah yang berarti. Proses loading yang dikerjakan terbilang sangat cepat sekali.

Bermain Game

Game yang Saya gunakan untuk menguji VGA Card AMD Radeon HD 6730M ini adalah PES 2012 dan FoFix (Versi terbaru Frets on Fire). PES 2012 dapat dijalankan dengan settingan grafis yang maksimal dengan  menggunakan resolusi maksimal laptop yaitu 1366px × 768px. Saya cukup bangga dengan kemampuan Grafis dari Laptop ini. Laptop ini mampu menjalankan PES 2012 dengan baik dan bisa dibilang smooth (opini). Selama memainkan PES 2012, Saya tidak mengalami masalah dengan pengolahan grafis, dan gambar yang dihasilkanpun tergolong sangat stabil dan belum mengalami masalah seperti gerakan yang “patah-patah”. Sehingga permainan dapat dilakukan dengan nyaman tanpa masalah. Sama halnya dengan game Fofix, Saya sangat puas dengan kinerja dan kemampuan dari Laptop ASUS A43SA – VX071D. Selanjutnya pengujian mungkin akan dilakukan untuk game-game dengan kebutuhan grafis dan RAM yang lebih tinggi. Game-game tersebut bisa seperti Call of Duty Modern 3/4 Warefare  atau mungkin Game strategi seperti Command and Conquare Tiberium Wars atau versi selanjutnya. Well, tunggu saja update beritanya.

Baterai

Daya tahan baterai Laptop ini kira-kira selama 3 jam. Sehingga sangat memungkinkan memanfaatkan computer dalam waktu yang cukup lama selama bepergian. Keadaan ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan laptop Saya terdahulu. Ketika masih dalam kondisi baru, laptop lama tersebut hanya bisa dimanfaatkan selama 2,5 jam-an dalam kondisi baterai yang full of charge.

Itulah sedikit review yang bisa Saya informasikan selama menggunakan Laptop ASUS A43SA – VX071D ini. Informasi tentang laptop ini akan Saya update selalu, so jangan lewatkan dan mari berkunjung lagi.

Isaninside – Yogyakarta Desember 2011.

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Leave a Reply

45 thoughts on “Review Laptop ASUS A43SA – VX071D”

    1. to : Theo

      Hahaha seharusnya bisa nanya langsung malah lewat blog. Cek di viraindo harganya 6,5 jtan, kebetulan ini diveli seharga 6,6 jtan.. Gimana? ayo beli aja, hahaha termasuk bagus lo..

  1. saya juga dah beli mas, tapi klo pake win 7 64 bit, beberapa software yg biasa saya pake jadi gak bisa kepake krn gak support sama win 7 64 bit, kira2 klo diinstal pake win 7 yg 32 bit bisa gak?

    1. to: aditya

      Saya belum nemu software 32bit yang ga jalan di 64 bit mas, hehehe mungkin aplikasi-aplikasi khusus ya? Soalnya Win 7 64 bit secara otomatis membuat 2 folder program files yang ditujukan untuk 32 dan 64 bit. Setiap instalasi sofware akan disesuaikan dengan arsitekturnya mas. Kira-kira begitu. Diinstall 32 bit sepertinya tidak ada masalah, silahkan diganti mas, jika memang software itu penting untuk bekerja.. Salam

  2. wah saya [ecinta game tpi gk punya bnyk budget … kira2 game pha jha nih mas yg bsa d install .. mklum agak krang mudeng spek kompiutr …

    1. to : SS-taro

      Kayakny laptop ini cocok deh mas, untuk game yang sudah saya coba baru 2 itu mas, yang lain semacam COD belum sempat saya coba.. tunggu update berita aja ya..

  3. ane udah beli mas tapi sepertinya ada kekurangan pada RAM yg hanya 2gb saja
    gimana cara optimalisasinya yah supaya ga harus nambah ram, takut garansi hangus

    1. to : ozi

      Salam mas, sepertinya yang mas beli bukan versi yang VX071D, tapi versi dibawah ini (VX023D). Sejauh yang saya amati, perbedaan terletak RAM dan Kapasistas HDD. Kalo VX071D RAM-nya 4 GB, sedangkan VX023D 2GB. HDD VX071D 750 GB, sedangkan VX023D 640 GB. Menurut saya RAM 2 GB sudah tergolong besar kok mas.. kalau di upgrdae sekarang berarti mas harus mengorbankan garansinya. Hehehe sebaiknya tahan diri dulu, atau juga bisa menggunakan USB FDD sebagai memory tambahan, Bagian ini belum saya telusuri pasti apakah bisa membantu dalam gaming atau ga.. Thanks sudah berkunjung mas..

      1. untuk ukuran hardisk mungkin sudah benar 750 GB mas Ihsan, karena pabrik biasanya menyebut kapasitas 750.000 MB sebagai 750 GB, sednagkan komputer membaca secara biner sehingga terbaca sebagai 698.64 GB

        1. to : Pak Heru

          Lah kok bisa nyasar ke blog saya pak? hehehe mending diobrolin skalian pak, itung-itung sering ketemu di JTETI.. Thanks ya pak..

  4. mas, ane juga mau beli asus tipe itu, tapi katanya pad dijalanin hardisknya katanya ngluarin bunyi, bner gak sih??
    sama game Need for speed the run bisa dijalanin gak disana?? thx before.. :)

    1. to : edwin

      Kayaknya bener tuh.. agak sedikit berisik HDDnya saat booting.. tapi sejauh ini belum menimbulkan masalah dengan bunyi itu, karna hanya muncul saat booting saja. Need for speed versi mana mas? kalau yang versi terdahulu kayaknya bisa deh, melihat spesifikasinya.. hehehehe tapi saya belum nyoba sih…

  5. Salam kenal mas.
    Terima Kasih atas sharing reviewnya, sebagian kecil saya dapat memprediksi bagaimana performance & Quality ASUS A43SA-VX071D ini.

    Request & saran dikit dong mas, ditambah reviewnya untuk game-game seperti, SkyRim, Battlefield 3, COD MW3, dkk pke software” untuk benchmarknya, khususnya untuk melihat besar FPSnya dalam berbagai setting game.
    Saya tertarik dengan laptop ini dan Insya Allah akan membelinya 2 atau 3 bulan kedepan jikalau tak ada kendala
    Oleh karena itu saya akan sangat terbantu sekali apabila ada review yang lebih lengkap tentang laptop ini :)

    Terima Kasih

  6. wah bagus yah mas laptopnya, updatin reviewnya dong mas ane jg maw beli ne, skalian tny beli viraindo ap gak ngeri mas, cos after salesnye denger2 mengecewakan bnyk brg yg agak gmn gituh..?? klo asus seh ane percaya 200% tp vira liat org yg pernah beli brg serupa aje dulu, da keluhan gak mas..???

  7. Salam kenal, thx bgt buat reviewnya…semakin menyakinkan bt beli ni notebook, setelah 6 bulan tanpa laptop krn acer 4520 saya koit…reviewnya sip..membantu bgt bt ngmbil kputusan…^^

  8. Anwar Haryanto

    Salam kenal banget niy…..,
    Eiiiitt… thanks so much untuk review ASUS A43SA-VX071D nya.
    Ada yg mau sy tanya : “Gimana kalau notebook ini digunakan untuk pekerjaan arsitektur yg menggunakan AutoCad dan SketchUp baik 2D maupun 3D?”
    Saya sdh cari info dan yg sy dpt adalah notebook yg menggunakan jenis VGA FirePro, FireGL dan Quadro, tp mahal harganya sdgkan budget saya maksimal Rp.6jt.
    Jadi sebelum saya ketoko karena agak naksir dg Asus type ini, berkenan kiranya Mas membantu saya.
    Kalau bisa sih Mas bantuannya saya tunggu di email saya, OK.

    1x lagi thanks so much.
    Anwar Haryanto

  9. Assalamualaikum masbro…
    bisa liat review GPUZ/test bencmark DLL..
    reply ya ^_^
    Wassalamualaikum…
    Thanks :D

  10. klo buat game gta IV gmn bro?bgus ga?settingnya tu bs k high ga?
    cz lg ngebet nih pgn pnya…
    :D

    1. to : Edwin

      Wah ga kok mas, selama saya make Alhamdulillah ga ernah nyetrum, termasuk mainin laptop di lantai tanpa alas. Ga ada nyetrum kok mas. :D

  11. Gan laptop Asus A43SA VX071D yang ente review trnyta skg udh discontinue, td ane udh cari di bhineka, rakitan dan viraindo katanya udh gk ada barang ini….Y padahl bru pngn beli bagus ne laptop spesifikasiny komplit…..Sayang…Nampaknya mesti cari yang laen ne..
    Thnks y gan buat reviewny, Gbu

    1. to: Reinert

      Bener mas, ternyata sudah discontinue, saya juga sudah cek barusan. Tapi ada kok produk lain lanjutannya, dengan harga 6,8an.. Sama2 gan, thanks sudah berkunjung

  12. salam kenal mas
    saya pake a43sa vx023, saya ingin instal ubuntu, minta link download drivernya.
    Terima kasih.

    1. to : Prasetyo

      Salam mas,
      Wah, saya pake ubuntu 11.10 mas, dan saya ga perlu nginstall driver untuk menjalankannya, semua fungsi hardware sudah jalan di versi yang lebih baru. Gimana kalo gunakan ubuntu versi terbaru aja mas..

  13. mas,saya tertarik untuk beli laptop ini. untuk masalah suhu, ada masalah ngk? laptopnya cepat overheat ngk kalo main game-game berat?

    1. to: Alvin

      Lumayan panas mas, tapi ga sampe overheat dan mati mendadak. Sejauh ini diimbangi oleh heatsink yang terpasang di body laptop kok mas. Hingga sekarang masih amn. So overheat ga, panas lumayan. hehehe. Oiya saya udah mainin COD MW3 hampir seharian, dan aman-aman saja. FYI: sepertinya laptop dengan seri ini tidak diproduksi lagi mas.

  14. Klo udah discontinue terus laptop asus spekny yg sama ama yg ini yg type brapa om…N harga ny jga yaw…THX

  15. mas saya mau tanya
    kalo laptop saya dibuat main game kok ngeminimize sendiri itu kenapa???
    thx

  16. Hello bro/sis,
    Mau notebook dan tablet gratis dari ASUS? Cuma share pengalaman menggunakan notebook ASUS. Kontes dimulai 15 Maret 2014 dan berakhir 15 April 2014. Hadiahnya eksklusif banget, ASUS N Series, ASUS VivoBook, dan ASUS Fonepad buat total 13 pemenang. Info lebih lanjut klik: http://bit.ly/ASUSblogcontest

  17. bisa jalan android studio tidak ya. Karena ada AMD nya disitu. Pemula ni bro di android studio.