Selamat Datang ASUS A43SA – VX071D

Laptop Aspire 4530 bukanlah laptop rusak yang tidak bisa dimanfaatkan lagi, hanya saja laptop tersebut sudah sangat kewalahan untuk mengerjakan pekerjaan yang Saya lakukan. Sehingga harus dipersiapkan calon pengganti bagi laptop tersebut. Setelah berfikir dan berkonsultasi ke orang tua dan saudara-saudara, akhirnya Saya memutuskan untuk mencari pengganti Aspire 4530. Sehingga Saya mencari beberapa jenis laptop yang Saya asumsikan “masuk akal” untuk kebutuhan Saya. Masuk akal dari segi harga dan masuk akal dari segi spesifikasi dan performanya. Artinya Saya akan membeli sebuah laptop dengan harga tertentu dengan spesifikasi yang terbaik.

Saat itu Saya budget yang Saya miliki hanya 6,5 juta rupiah, Saya mengunjungi situs-situs jual beli online untuk mencari laptop terbaik dengan kisaran harga 6,5 jutaan. Mulai dari bhinneka.com hingga ke viraindo.com. Kedua situs itu cukup membantu dalam memberikan informasi harga dan spesifikasi laptop yang Saya cari. Setelah mengumpulkan daftar laptop-laptop yang “masuk akal”, Saya berkonsultasi ke abang Saya untuk memperoleh informasi yang labih baik. Memang dalam hal pembelian perangkat keras Saya lebih percaya ke Mr. ini.

Saya mendapat beberapa masukan dari saudara laki-laki Saya tersebut, ada 2 vendor laptop yang dianjurkan, yaitu Acer dan ASUS. Beliau merekomendasikan untuk membeli ASUS A43SA-VX023D. Laptop tersbut menggunakan Processor Core I5 2430M dengan RAM 2 GB dan yang penting Graphics Cardnya AMD Radeon HD 6730 2GB DDR3. Setelah mendapat spesifikasi laptop tersebut, Saya mencari informasi detil dari Graphics Card AMD Radeon HD 6730. Saya mengunjungi situs yang memaparkan daftar semua chipset  graphics card. Situs tersebut mengurutkan uruatan Chipset menurut perbandingan keseluruhan kemampuan Chipset. Saya mendapati Graphics Card yang terpasang di laptop itu termasuk ke dalam list 100 Chipset pertama. Saya juga sempat melihat Chipset lain NVIDIA GT540G, dan ternyata di daftar tersebut AMD Radeon HD 6730 masih lebih baik jika dibandingkan dengan GT540G.

Situs yang mungkin membantu Anda dalam membandingkan chipset Graphics Card:

  1. http://www.notebookcheck.net/Comparison-of-Laptop-Graphics-Cards.130.0.html
  2. http://www.notebookcheck.net/Mobile-Graphics-Cards-Benchmark-List.844.0.html

Sementara Saya mendapat pilihan awal yaitu ASUS A43SA-VX023D. Pilihan lain yang masuk akal adalah Acer Aspire 4755G-2432G64Mn. Laptop ini menggunakan Prosesor dan memori RAM  yang sama dengan ASUS A43SA-VX023D, 2GB. Perbedaan utama terletak pada jenis Graphics Card yang digunakan, Acer Aspire menggunakan NVIDIA GeForce GT540. Total HDD yang dipasang di kedua laptop itu sama, sekitar 640 GB. Kedua laptop ini dipatok kira-kira seharga 6,3 – 6,6 juta rupiah dengan garansi distributor/resmi [viraindo.com – November 2011]. Artinya, untuk kondisi ini perbedaan hanya terletak pada jenis chipset Graphics Card yang digunakan.

Puas dengan kedua opsi tersebut, Saya melanjutkan pencarian untuk jenis laptop lainnya, pada saat melihat jenis laptop ASUS yang lainnya, Saya mendapati ASUS A43SA-VX071D. Laptop yang spesifikasinya di atas ASUS A43SA-VX023D. Perbedaan terletak pada kapasitas HDD dan total RAM. ASUS A43SA-VX071D menggunakan RAM 2 kali ASUS A43SA-VX023D, dan HDD yang di pasang 750 GB. Setelah melihat perkiraan harga, ternyata kedua Janis Laptop Asus ini hanya terpaut 200 ribuan [viraindo.com November 2011]. Setelah ber”semedi”, akhirnya Saya putuskan akan membeli ASUS A43SA-VX071D.

Tanggal 16 November 2011, Saya membeli ASUS A43SA-VX071D di BEC Bandung. Laptop ASUS A43SA-VX071D hanya terpasang FreeDOS, laptop ini menggunakan garansi Resmi selama 2 tahun, dan dilengkapi dengan CD/DVD Driver yang hanya diperuntukkan untuk Windows 7 64bit.  Sejauh ini, Saya belum bisa menguji kemampuan AMD Radeon HD 6730 dengan memainkan game-game tertentu. Tetapi untuk mengerjakan beberapa pekerjaan desain dan coding sehari-hari laptop ini jauh lebih baik dan lebih cepat. Hanya saja, Saya sedikit kurang nyaman ketika menggunakan tombol mouse yang terpasang di bawah touchpad, terkesan kurang elegan dan kurang rapi. Mungkin hal ini bisa ditanggulangi dengan menggunakan mouse. Selain itu, posisi colokan charger laptop berada di sisi kiri tengah laptop, tidak seperti laptop pada umumnya. Apabila dalam kondisi mengisi baterai, kabel adaptor melintang menghalangi celah buangan udara dari kipas dalam laptop.

Isaninside – Jakarta November 2011

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Leave a Reply

19 thoughts on “Selamat Datang ASUS A43SA – VX071D”

  1. pilihan yang tepat kawan, sebab saya juga menggunakan laptop tersebut,
    untuk design gravis juga cukup baik dan game pun juga not bad…
    :)

  2. halo mas, gmn dgn nasib acer 4530 nya ? sudah dijual ? laku brp ? saya jg pengguna acer aspire 4530. rencananya mau ganti ke vx-071d jg hehe

    1. to : juwandy

      Sudah laku mas, saya jual seharga 1,8-an, dengan kondisi seadanya (Charger-an putus dan diperbaiki sendiri, baterai cuma tahan 15 menit, webcamnya mati).. hehehe beruntung cepat terjual mas..

      1. wui, bisa pas gini, saya juga acer 4530 user yang mau ganti asus A43SA :D
        makasih banyak reviewnya

        btw bang isan jual acer dimana bang? saya mau jual juga tapi bingung gimana
        kondisinya sama persis, webcam mati dan baterai 15 min (duh jodoh banget emang)
        mohon pencerahannya bang

        1. to : Abhi

          Saya julanya ke temen kentor cewek saya mas, hehehe maklum yang ngejual cewek, kalau saya yang jual mungkin ga laku mas, atau malah jadi dijual murah. hehehe, oiya saya julanya sekitar 1m8-an itu bulan november 2011.. Heheh thanks udah berkunjung mas.

  3. Gan, thx review nya . ane juga lagi nyari2 laptop buat adek

    bingung milih a43sv dan a43ta dan a43sa

    setelah liat review agan, jadi lumayan

    nih laptop baru keluar setelah a43sv rilis ya gan ??

    1. to : Ave

      Sama-sama gan, monggo dibeli… Sepertinta setelah a43sv deh gan, but pastinya ane ga tau juga.. hehehe… sejauh ini powerful banget..

  4. samaan selera kita gan. *anak teknik* aspire 4530. n now mau hunting k asus A43SA..

    harga di Palembang 6,35 yang spek memori 2gb n hdd 640gb
    rencana langsung tambah ke RAM 6 GB

    nah mau tanya situ make win7 ori apa yg bajak? soalnya kan belinya DOS.

    apa gak ada masalah kalo pake yg gak ori>?

    1. to : Michael

      Hahaha “Anak Teknik” butuh tenaga ekstra dengan memilih spesifikasi tertentu gan, Sip, keren banget langsung 6..
      Saya pake 2 OS gan, Ubuntu dan Win7. Win 7 bajakan, sejauh ini ga ada masalah dan saya make yang 64bit ultimate…

  5. permisi agan2.

    mau numpang nanya nih, saya baru beli laptop asus a43sa-vx023D baru 3 hari yang lalu, kan sama tuh beda spek aja sama punya mas. barangnya inden jadi gak sempat cek langsung.

    untuk tombol kiri dan kanan yang dibawah touchpad itu memang agak keras ya?bunyinya agak kasar.

    saya juga mendapatkan kesulitan waktu ngedrag file atau lagi gerakin scroll bar

    sering kelepas padahal klik kiri masih dalam keadaan tertekan.apa emang harus ditekan/diklik agak kuat pada saat diklik tahan?

    bisa gak ya di KLAIM GARANSI?
    sebelumnya terima kasih atas jawabannya

    1. to : eka

      Iya mas/mbak, untuk tombol keypadnya memang ga nyaman, sepertinya kekurangan laptop jenis ini dibagian itu, saya juga mengalami hal yang sama, dan saya udah bahas di postingan lainnya tentang ini. Heheh sejauh ini saya akali dengan menggunakan Mouse mbak/mas. Wah saya ga tau itu, apa itu bisa dalam garansi.. kalau bisa pake mouse aja mbak..

    1. to : indra

      Alhamdulillah engselnya aman dan baik-baik saja. Hingga saat ini saya belum menemukan masalah yang terkait dengan engsel. Kalau diliat sih memang kelihatan rapuh or just like ordinary. Tapi setelah diteliti ternyata emang kokoh..