Home » Activities, Opini, WordPress » Modifikasi Terakhir Tema isaninside.net – NewsTube

Hampir beberapa bulan tema NewsTube yang terpasang di isaninside.net tidak pernah saya sentuh. Sentuh untuk dimodifikasi. Modifikasi terakhir saya lakukan beberapa bulan yang lalu. Menurut Saya, modifikasi tersebut masih memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan tersebut antara lain:

  1. Terlalu banyak image dengan ukuran yang besar, mengakibatkan loading pagenya menjadi lama.
  2. Setiap postingan yang terpasang di halaman utama belum belum dilengkapi dengan tanggal ditulis, penulis dan jumlah komentar yang masuk.
  3. Ada beberapa source code, baik css ataupun file php tema yang salah ketik, dapat dilihat di firebug.

Kekurangan-kekurangan tersebut Saya akali dengan memodifikasi beberapa bagian dari tema. Langkah pertama adalah modifikasi image standar yang terdapat di bagian paling atas halaman utama. Image tersebut Saya ganti ke image statis dan hanya berubah jika source imagenya diganti. Ukuran image itupun saya kurangi menjadi ¾ ukuran sebelumnya. Harapannya adalah loading page isaninside.net menjadi lebih cepat (walau tidak akan mungkin cepat sekali untuk akses standar GSM). Selanjutnya saya memasang informasi mengenai tanggal penulisan, penulis dan jumlah komentar yang masuk untuk beberapa tulisan yang muncul di halaman index. Tujuannya menampilkan informasi ini adalah untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang kapan informasi tersebut ditulis dan jumlah komentar yang masuk untuk tulisan tersebut. Jumlah komentar juga menjadi salah satu catatan penilaian untuk kepopuleran sebuah tulisan di isaninside.net. Selanjutnya saya memperbaiki beberapa source code yang salah. Source yang salah tulis tersbut dapat dicek dengan menggunakan plugins tambahan dari firefox, Firebugs. Sangat bermanfaat untuk penggiat pemrograman web. Sekedar info, Saya mengenal firebug setelah berdiskusi dengan teman dunia maya saya yaitu om Duto [http://omkicau.com].

Selain memperbaiki kesalahan, saya juga melakukan modifikasi tampilan tema tersebut. Tujuannya adalah agar isaninside.net menjadi lebih keren bagi SAYA SENDIRI (tidak memperhatikan etika desain bagi umum). Karena blog ini adalah milik saya pribadi dan saya modifikasi sesuai dengan keinginan saya [mohon maaf]. Selain itu saya juga menerima masukan dari pengunjung-pengunjung sekalian. Adapun bagian-bagian yang saya per”cantik” adalah sebagai berikut.

  1. Bagian Utama informasi. Bagian ini saya modifikasi dengan menggunakan jQuery Ticker. Sehingga beberapa informasi yang Saya tulis terakhir akan muncul bergantian dengan menggunakan animasi fade. Modifikasi ini mudah dilakukan bagi pengguna yang memahami bagaimana jQuery bekerja dan menggunakannya. Berdasarkan pemahaman itu, akan memudahkan dalam memanfaatkan code-code bebas jQuery yang tersebar di dunia maya.
  2. Sidebar saya modifikasi dengan menambahkan perintah css. Sehingga semua sidebar text akan muncul dengan border garis abu-abu tipis. Menurut Saya,  melalui border ini, bentuk sidebar tersebut menjadi lebih baik dan terkesan rapi.
  3. Menambahkan beberapa plugins facebook dan sebuah plugin google+. Informasi tentang pemasangan plugins facebook telah saya tulis pada postingan sebelumnya. Silahkan dipraktekkan. Penggunaan plugins-plugins tersebut membuat blog saya jauh lebih dekat dengan facebook. Silahkan cari tau sendiri jawabannya.

Sementara ini Saya puas dengan modifikasi terakhir ini. Semoga menjadi lebih baik dan menjadi lebih komunikatif bagi pengunjung-pengunjung sekalian. Oiya, sebelumnya Saya mendapat telepon dari saudara Saya, beliau protes dengan iklan “add banner” yang saya pasang sebelumnya. Oleh karena itu, image yang dimaksudkan telah saya ganti ke image lain yang menurut Saya lebih baik. Image yang bertulisan 100% Blogger Urang Awak.

Sekian, wassalam. Isaninside, Let’s Share – Jakarta Juli 2011

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

4 Responses to “Modifikasi Terakhir Tema isaninside.net – NewsTube”

  1. Bukannya tema News Tube ini premium ya? Terus boleh minta script CSS untuk sidebar border abu-abu itu gak mas?

    Thanks.

    Reply
    • to: dion

      Salam jumpa kawan.. sudah lama ga pernah kontak, udah jarang di forum wp ya? hehehe gimana kabarnya? Iya mas, ini memang themes premium, tapi saya lupa dapatnya dimana. Banyak kok themes “premium” yang bisa didownloads.. ini salah satunya.. Oke mas.. Code-nya seperti ini :
      <div style="padding:2px;border:1px solid #dbdbdb;margin-bottom:2px;-moz-border-radius:10px 10px 0 0;border-radius:10px 10px 0 0;"><center>DISINI BANNER ATAU GAMBARNYA</div>

      Selamat mencoba…..

      Reply
  2. template di theme junkie terkesan simple tp elegant.

    Reply
  3. halo mas,,…bagus modifikasinya…saya modif kok error2 truz….

    Reply

Tinggalkan komentar