Home » Activities, Opini » Apa Peran Blogging bagi Saya?

Tulisan ini berisi informasi singkat tentang peran blogging bagi kehidupan Saya. Banyak kejadian yang dulu tidak pernah Saya prediksi akan terjadi, malah terjadi hingga saat ini. Pengaruh-pengaruh positif yang semakin menunjukkan eksistensi diri di dunia maya. Blogging bukan sekedar gaya-gayaan, ajang mencari pendapatan, apalagi jalan untuk menuju popularitas. Selama dituliskan, selama itu Saya merasakan ketenangan. Selagi masih ada ide, kenapa kita sembunyikan? Mari tuliskan!

Ada sebuah kebanggaan ketika dikenal sebagai seorang blogger. Orang yang mengelola sebuah domain web secara personal. Merasa sedikit bangga karena sudah memiliki homepage personal, bisa memodifikasi, menulis, berdiskusi dan berinteraksi secara intensif di dunia maya. Itulah anggapan awal Saya terhadap semua blogger-blogger yang sudah lebih dulu eksis. Apalagi yang sudah terkenal dan bahkan sudah menjadi praktisi di dunia per-blog-an.

25 Maret 2008, itulah saat pertama kali Saya membuat sebuah blog. Alamatnya http://isaninside.wordpress.com. Saya mengenal wordpress dari matakuliah web programming yang diampu bapak Muhammad Adri pada saat itu. Selama setahun bermain dengan blog gratisan Saya mencoba membuat mempersiapkan beberapa blog yang dihosting sendiri, mulai dari gratisan hingga berbayar seperti yang Anda lihat sekarang ini (April 2009).

Selama  tiga tahun aktif di dunia blog, terjadi beberapa perubahan dalam kehidupan Saya. Perubahan-perubahan yang memegang peranan penting dalam proses perkembangan dan proses aktualisasi diri.  Peranan yang juga membuat Saya secara tidak sadar mengalami kejadian-kejadian yang tidak biasa dan tidak pernah Saya rencanakan sebelumnya. Berikut ini akan saya ceritakan peran-peran blogging yang saya rasakan dan alami hingga saat ini. Silahkan dibaca!

  1. Membiasakan Menulis
  2. Menulis adalah kegiatan yang paling menyenangkan. Semua orang bisa menulis dan bisa membagikan informasi kepada orang lain. Menulis tidak hanya menghasilkan informasi dalam beberapa lembar kertas, tapi menuliskan sesuatu yang informatif dan komunikatif bagi pengunjung. Sehingga dengan tulisan tersebut sesorang yang nyasar ke tulisan tersebut tidak kesulitan untuk mencerna maksud dari tulisan. Isi tulisan itupun seharusnya mampu memberikan solusi bagi pengunjung. Inilah informasi yang berharga. Bagi Saya, proses untuk menuju “tulisan yang informatif dan komunikatif” masih sedang berjalan. Awal ngeblog, banyak tulisan yang Saya tulis meleset dan jauh dari kata “cukup”, cukup saja belum apalagi baik. Diantara tulisan itu banyak yang kurang komunikatif. Maksudnya, pengunjung mengalami kesulitan untuk mencerna maksud tulisan itu. Kalaupun mengusahakan menulis sekomunikatif mungkin, Saya membutuhkan waktu yang lama untuk merealisasikannya. Bagaimana bisa produktif dengan kondisi seperti itu? Memang butuh waktu untuk bisa menulis dengan baik. Sehingga latihan dan membiasakan menulis akan membantu kita untuk menjadi seorang penulis yang cukup, baik dan mungkin penulis yang handal. Mari kita membiasakan menulis, melalui media blog tentunya. Saya mulai merasakannya!

  3. Menceritakan Kembali Pengalaman Pribadi
  4. Bagi Saya pengalaman adalah sesuatu yang sangat berharga, dan Saya yakin anda sepakat dengan itu. Terkadang banyak pengalaman yang mengesankan kita lalui sehari-hari, mungkin travelling, belajar, kisah cinta dan sebagainya. Bagaimana kita mengingatnya kembali? Bagaimana kita menceritakannya kepada orang lain? Inilah salah satu manfaat blog. Melalui blog, Saya mulai terbiasa bercerita dan berbagi pengalaman, Saya tidak terlalu memikirkan apakah pengalaman tersebut akan bemanfaat atau tidak bermanfaat bagi orang lain. Bagi Saya, dengan flashback, membaca kembali semua pengalaman yang pernah Saya tulis, mampu membangkitkan romantisme kejadian yang Saya alami pada saat itu. Terkadang heran dengan apa yang Saya lakukan, minimal merefleksi diri. Penting atau tidak penting bagi orang lain, akan tetap Saya tulis, absolutely. Itulah fitrah awal kemunculan blog.

  5. Membantu Penggunjung Melalui Tulisan Tips dan Trik
  6. Mengutak-atik sesuatu memang hobi Saya, mulai alat elektronik, hingga perangkat lunak. Baru ataupun usang. Hasilnya beragam, ketika mengutak-atik beberapa alat elektronik, Saya sering mendapat bonus dari hasil pembongkaran itu. Bonusnya beragam, ada baut, mur dan bahkan resistor, sangat dekat dengan merusak, joke!  Nah, jika mengutak-atik sesuatu menghasilkan hasil yang memuaskan, mungkin bermanfaat bagi orang lain. Mengapa kita tidak menuliskannya? Saya ingat slogan IlmuKomputer.com, “ikatlah ilmu dengan menuliskannya”, dokumentasikanlah langkah (tips dan trik) untuk mencapai hasil ujicoba tersebut. Ingat! Tulisan itu juga akan membantu kita mengingatkan langkah yang telah lama kita lupakan. Langkah yang dikemudian hari sangat dibutuhkan, cukup dengan membacanya kembali. Bagaimana memulainya? Memulainya tidak harus dari percobaan yang kompleks, mulailah dari hal yang sederhana. Mari kita berbagi berbagai macam hal yang sederhana. Anggap saja ada sejumlah besar manusia yang sangat mungkin belum mengenal trik sederhana tersebut. Jika hal-hal sederhana telah biasa anda informasikan, silahkan lanjutkan ke hal-hal yang lebih kompleks. Mari tuliskan!

  7. Menambah Pengetahuan tentang Kajian Spesifik
  8. Ada beberapa kegiatan yang menarik perhatian Saya, WordPress, Media Interaktif, Interaksi Manusia dan Komputer dan lain-lain. Apa yang Saya lakukan untuk semua hal tersebut? Membaca, mengutak-atik, meniru “cerdas”, blogwalking dan lain-lain. Dari sekian banyak bacaan yang kita baca, mungkin ada beberapa hal yang sangat menarik, mengapa kita tidak membaginya ke orang lain? Mari berbagi dan belajar mengutip tulisan yang menjadi perhatian kita. Karena dengan membaca dan selanjutnya menuliskan kembali, informasi tersebut “mungkin” akan lebih bertahan lama di otak kita, secara tidak langsung kita dapat memahami kajian tersebut dengan cepat. Jika semakin fokus dengan kajian itu, barangkali sangat mungkin bagi kita untuk bisa menjadi ahlinya. Sejak tahun 2008, Saya sering mengutak-atik source code theme wordpress dan engine wordpress. Banyak pengalaman berharga yang Saya dapatkan. Mulai dari struktur theme wordpress dan SEO hingga ke bahasa pemrograman web, seperti CSS, HTML, PHP, Javascript, Ajax dan bahkan jQuery. Karena sering mengutak-atik dan selalu mengusahakan menuliskannya (walaupun berat), Saya memiliki sedikit pemahaman yang lebih baik dengan kajian-kajian tersebut. Bahkan Saya berani mencoba untuk membuat theme wordpress (belum selesai, masih berjalan) dan membuat sebuah website dari nol. Hobi dan ketertarikan ini bermanfaat untuk menambah skill dan pengetahuan kita terhadap kajian-kajian spesifik yang kita senangi. Jangan lupa menuliskannya!

  9. Secara tidak Sengaja dikenal Dosen dan diajak Bergabung menjadi Trainer dan Peneliti
  10. Sebelumnya Saya mungkin hanya dikenal sebagai orang yang aktif di organisasi (saat kuliah sarjana). Sebagai seorang yang sehari-hari menghabiskan waktu diruangan kecil yang dikenal dengan nama sekretariat. Pada saat itu Saya masih aktif di kepengurusan sebuah himpunan mahasiswa. Tahun itu, Saya telah memulai membiasakan diri untuk menulis di sebuah blog gratis. Blog yang dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah web programming yang diampu oleh bapak Adri saat itu. Itulah blog pertama Saya. Blog yang wordpress.com dengan alamat http://isaninside.wordpress.com. Blog itulah yang pertama kali menjadi wahana belajar bagi Saya, mulai dari menulis aktifitas organisasi, tips dan trik, aktifitas keseharian dan lain-lain. Sampai akhirnya Saya memberanikan diri untuk membeli sebuah domain sendiri dengan alamat http://isaninside.net. Alhamdulillah, blog isaninside.net berhasil ramah dan berteman dengan search engine. Barangkali dari situlah Mr. Adri mengenal Saya. Beliau sempat berkomentar disalah satu postingan Saya. Beberapa minggu kemudian Saya diajak untuk membantu beliau dalam training karyawan Bank. Training yang berhubungan dengan aktiftas blogging Saya, seputar wordpress. Sangat bermanfaat untuk menambah pengalaman, dan pastinya bisa menghasilkan. Kegiatan tersebut sempat Saya tulis di sini. Selanjutnya, beberapa bulan setelah Saya menamatkan kuliah, Saya diajak bergabung dalam sebuah grup penelitian. Penelitian yang mengkaji tentang layanan publik di beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Suatu tawaran yang sangat membanggakan sekali. Bergabung dengan grup penelitian itu telah membuka wawasan Saya tentang pemahaman dan teknik melakukan riset di perguruan tinggi, dan Saya tertarik untuk melakukan riset suatu hari kelak. Awal tahun 2010, Saya juga sempat diajak menjadi asistent trainer pelatihan Intel Education di SMP 1 Padang, Saya diajak oleh bapak Dony Novaliendry. Dosen OOP di Teknik Elektronika. Di sana Saya juga mengenal bapak Mukhlidi M, salah seorang dosen Teknik Elektro yang kemudian menjadi salah seorang teman bercerita Saya di Yogyakarta, selain 16 dosen lainnya. Saat ini 16 orang dosen FT UNP sedang melanjutkan studi Doktoral mereka di UNY, Yogyakarta. Menarik sekali, tanpa Saya sadari ternyata proses aktualisasi diri telah berjalan dengan sendirinya.

  11. Sharing informasi dan pengalaman di Forum Resmi WordPress Indonesia
  12. Sejak aktif di wordpress tahun 2008, forum resmi wordpress.com (http://id.forums.wordpress.com)  indonesia adalah salah satu forum yang sangat membantu Saya. Forum inilah yang menjadi gudang ilmu bagi penggunas wordpress.com. Untuk bergabung dengan forum ini tidaklah sulit, cukup dengan membuat akun di wordpress.com, maka secara otomatis anda akan tergabung di dalamnya. Sejak saat itu Saya mengenal 2 orang moderator di forum itu, Mbak Yella dan Om Babaliciou5. Semua hal yang didiskusikan adalah seputar wordpress.com yang mungkin tidak ditujukan ke para ahli web programming (membahas source code wordpress). Melainkan teknis penggunaan dan pemanfaatan semua fitur yang dimiliki oleh wordpress.com. Banyak teman-teman seangkatan yang pada saat itu sama-sama belajar dengan Saya. Saat itu Saya mengenal om Duto, Kyuutaro, om Josenetmail, bang Danielsns, Arali2008, Zons, Dionbarus, Pege17, Greenafrei, Bagusweda, Suklowor dan teman-teman lain yang tidak bisa Saya sebutkan satu persatu Saya sudah lupa. Selama berinteraksi di forum ini banyak pelajaran, tips dan trik yang Saya dapatkan selama mengelola isaninside.wordpress.com. Banyak informasi tentang cara memaksimalkan potensi blog gratisan. Sampai akhirnya Saya pindah ke isaninside.net, forum ini masih menjadi tempat bermain Saya, walaupun sepanjang 2010 Saya jarang sekali mampir ke sana, dan sekarang Saya sudah kembali. Forum ini sangat berkontribusi dalam mencapai kemajuan yang Saya alami seperti sekarang ini. Recommended!

  13. Bisa bergabung dengan Palanta komunitas Blogger Sumbar
  14. Sebagai warga minang ASLI, Saya merasa terpanggil untuk bergabung dengan komunitas blogger daerah asal Saya. Bulan lalu Saya sempat bertemu dan travelling dengan salah seorang pendiri Palanta. Kami bertemu di kota Yogyakarta, Bapak Yuhefizar, Salah seorang dosen Politeknik Negeri Padang. Saya sempat melihat beberapa gebrakan yang dilakukan oleh komunitas Palanta. Sangat menarik sekali, eksis di Sumatera Barat. Sayang sekali, Saya belum bisa bergabung secara intensif, karena Saya masih berada di kota Yogyakarta. Sebagai pendatang baru, Saya masih membutuhkan waktu untuk bisa membaur, dan bisa berbagi dengan rekan-rekan Palanta. Walau belum pernah sekalipun bergabung, minimal Saya sudah tergabung di dunia maya, baik facebook ataupun website organisasi. Melalui komunitas ini, Saya sempat mengunjungi hampir semua blog anggota palanta. Sangat menakjubkan, ternyata blogger Sumbar tidak kalah hebat dan sangat berpotensi, Saya salut dengan itu. Salam rekan-rekan Palanta.

  15. Mendapat Penghasilan
  16. Beberapa kali Saya mendapatkan tawaran untuk membuat sebuah halaman website yang menggunakan engine worpdress. Ada yang Saya sanggupi dan ada yang samasekali Saya tolak. Semua yang Saya terima tentunya sesuai dengan fee yang ditawarkan ke Saya. Ini adalah salah satu cara yang Saya lakukan untuk menghasilkan pengahasilan tambahan dari blogging. Walaupun tidak banyak dan tidak terlalu lancar, blogging mampu membantu Saya mendapatkan penghasilan tambahan. Langkah mencari penghasilan seperti ini masih belum menjadi tujuan utama Saya. Mungkin yang akan datang.

Itulah sedikit cerita tentang peranan ngeblog bagi Saya. Semua yang Saya alami belum tentu sama dengan yang akan Anda alami. Akan tetapi, tetap saja blogging akan memberikan pengaruh positif bagi kita selama kita fokus dengan tujuan ngeblog yang kita tetapkan dari awal.

Terimakasih sudah membaca, semoaga bermanfaat. Isaninside, Jakarta – Juli 2011

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

One Response to “Apa Peran Blogging bagi Saya?”

  1. Nice blog hunieh… keep post..

    Reply

Tinggalkan komentar