Home » Activities, Artikel, Opini » Sekilas Tentang TONTI SMAN 2 Padang, Perspektif Isaninside

ANGGOTA TONTI DAN PURNA TONTI : Aku, Kamu dan Kita adalah Tonti! Kami Tidak Mudah Ditaklukkan! Sekali Tonti, Seumur Hidup Kami Seorang Tonti Sejati!

Tonti SMAN 2 Padang merupakan sebuah organisasi Ekstrakurikuler yang berada di SMAN 2 Padang. Tonti telah berkiprah lebih dari 19 tahun, dari tahun 1991 sampai tahun 2011. Hingga tahun 2011, Tonti telah memiliki 19 angkatan, dengan 19 orang ketua perangkatan dan pengurus dalam mengelola organisasi dari tahun ke tahun. Pengurus organisasi Tonti diregenerasikan secara terstruktur setiap tahunnya. Seorang Ketua dan Pengurus Tonti hanya menjabat 1 kali dalam masa aktif kepengurusannya.

Tidak mudah bagi seorang anggota untuk bergabung dan terdaftar sebagai anggota Tonti, harus melalui beberapa tahapan yang memakan waktu lama. Tahapan tersebut terkadang menimbulkan konflik diri sendiri, konflik organisasi dan bahkan konflik keluarga. Semua konflik dan tekanan ini merupakan salah satu ujian bagi seorang calon anggota Tonti dan Organisasi Tonti. Ketangguhan pengurus dan calon anggota akan terlihat ketika mereka bisa melalui tekanan-tekanan tersebut. Penting bagi seorang pengurus, anggota dan organisasi dalam mengatur dan mamanajemeni diri serta organisasi. Apakah Calon itu benar-benar berkeinginan kuat atau hanya sekedar mengikuti saja. Semua tahap yang dilalui memiliki kenangan tersendiri bagi anggota dan calon anggota. Tidak sedikit calon anggota yang tidak lulus seleksi dan banyak yang mengundurkan diri sebelum dilantik atau sebelum dilakukan seleksi dan pelantikan. Semua tahapan ini merupakan goresan kasar yang harus diingat dan selalu tertanam di dalam hati seorang Tonti Sejati.Tahapan pertama ditandai dengan registrasi Calon Anggota, Pelatihan Calon Anggota lebih kurang selama 4 bulan, Seleksi Calon Anggota, dan Pelantikan Anggota yang telah dinyatakan lulus seleksi Tonti. Tahapan Latihan ditandai dengan penerapan kelima bidang Tonti. Kelima bidang tersebut antara lain :

  1. Kepemimpinan
  2. PBB
  3. Kepramukaan
  4. PDCA
  5. Palang Merah Remaja

Semua Calon anggota dibekali softskill dibidang tersebut. Pelatih dari kelima bidang tersebut di datangkan dari Senior Tonti SMAN 2 Padang, ekskul lain yang berhubungan, Purna Tonti SMAN 2 Padang atau dari organisasi luar yang bergerak di salah satu bidang yang akan dilatih.

Banyak perubahan yang terjadi selama kepengurusan di organisasi TONTI. Perubahan-perubahan tersebut disesuaikan dengan perkembangan dan pola interaksi dari tahun ketahun. Perubahan itu dapat terjadi di pelatihan, pola kepengurusan, pola rekruitmen anggota dan bidang-bidang lainnya. Keadaan ini menunjukkan bahwa TONTI SMAN 2 Padang merupakan sebuah organisasi yang adaptif terhadap perkembangan zaman. Perubahan tersebut tidak terjadi pada sisi-sisi fundamental organisasi. Keadaan inilah yang membuat organisasi Tonti Eksis di SMAN 2 Padang. Pada saat Ekskul lain di SMAN 2 Padang secara perlahan menghilang, Tonti menunjukkan ketegaran dan kekuatan organisasi dan selalu bertahan dari tahun ke tahun. Terjadinya perubahan drastis pola pikir siswa SMAN 2 Padang mengakibatkan sedikitnya peminat di organisasi Lapangan yang ada di SMAN 2 Padang. Keadaan ini diperparah dengan pergantian Kepala Sekolah SMAN 2 Padang yang setiap beberapa tahun terjadi. Keadaan ini mengakibatkan ekskul menjadi kurang menarik bagi siswa. Karena orientasi pendidikan hanya ditekankan pada bidang akademik dan kegiatan non akaemik (ekstrakurikuler) dipersempit ruang geraknya.

Bagi Seorang Tonti, keseimbangan antara kegiatan akademik dan kegiatan organisasi adalah harga mutlak. Kemampuan dalam memanajemeni anngota, kerja sama dalam tim, perencanaan kegiatan, kedisplinan, kepemimpanan, kesehatan dan pelatihan mental tidak sepenuhnya dapat ditemui ketika berada di dalam ruangan kelas. Organisasilah salah satu jalannya, dan Tonti adalah salah satunya.

isaninside – Muhammad Ihsan Zul Angkatan 2002, Ketua Tonti ke-12 –  Sekretaris Purna Tonti SMAN 2 Padang 2010. Yogyakarta 2011

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

Belum ada komentar... Jadilah komentator pertama!

Tinggalkan komentar