Home » Tips dan Trik, Tutorial, WordPress » Memasang Widget Like Box Facebook di WordPress

Tanggal 24 Juni 2011 Saya sempat berkunjung ke kos-kosan teman kuliah. Tempatnya lumayan jauh dari tempat kosan Saya. Sesampai di sana Saya disuguhkan sebuah buku yang digunakan untuk optimasi WordPress selfhosted atau hosting sendiri. Judul buku itu adalah WordPress Hack dan Tweak karya MataMaya Studio, penerbitnya Elex Media Komputindo Jakarta. Sepintas saya tertarik dengan salah satu bahasan buku tersebut. Bahasan tentang menggunakan salah satu plugin Like Box facebook. Source code Plugin itu dapat anda temui di sini.

Setelah membaca akhirnya saya paham maksud dan fungsi dari like box di dalam buku ini. Sebenarnya like box tidak langsung terkoneksi ke blog, melainkan sebuah halaman (page) facebook yang diberi inisial sesuai dengan blog yang dijadikan target (target dipasangi like box). Sehingga halaman facebook tersebut bisa mewakili blog target. Cerdas! Dengan demikian pengunjung yang memiliki akun facebook bisa menunjukan rasa “like”-nya ke halaman tersebut. Halaman yang merupakan wakil blog yang berada di facebook. Jadi, secara tidak langsung pengguna facebook tersebut menyatakan rasa sukanya ke blog yang menggunakan Like Box di sidebar-nya. Semakin banyak like-nya, berarti blog tersebut telah memiliki “fans” sebanyak pengguna facebook yang mengklik tombol like di plugin tersebut..

Sangat menarik menggunakan plugin ini. Dua jam mengutak-atik, akhirnya saya berhasil memasang beberapa plugin facebook di blog ini. Kalau tidak percaya, silahkan lihat di sidebar. Jangan lupa di “like” ya. Hehehehe. Saya telah menggunakan beberapa plugin yang disediakan facebook, diantaranya, Like Box, Send Button, Recent Activity, dan Like Button. Menjadi lebih menarik ternyata.

Sesuai dengan judul tulisan ini, Saya akan menunjukkan beberapa langkah yang dilakukan untuk memasang plugin Like Box di widget blog dengan engine WordPress. Petunjuk tersebut adalah sebagai berikut.

Syarat :

  1. Harus memiliki blog
  2. Memiliki Akun Facebook

Langkah :

  1. Login ke akun facebook Anda (agar anda bisa ditunjuk langsung sebagai admin di halaman atau page yang dibuat)  dan selanjutnya ketikan alamat berikut di URL Address browser. http://www.facebook.com/pages/create.php. Maka akan muncul halaman berikut.
  2. Facebook Create Page

  3. Pilih salah satu dari 6 pilihan yang muncul. Seperti Brand or Product.
  4. Pilih Kategori “Website” dan ketikan nama Halaman yang akan dibuat pada kota di bawah kategori. Jangan lupa centang tanda persetujuan atau “Agree”. Lanjutkan dengan mengklik tombol “Get Started”.
  5. Lanjutkan dengan mengedit informasi untuk akun halaman yang baru tersebut. Langkah ini hampir sama dengan langkah pengaturan akun pada akun FB biasa.
  6. Copy URL address dari halaman yang baru saja dibuat [!penting]. Selanjutnya pada bagian “Get Started” anda akan menjumpai gambar berikut ini.
  7. Bagian Get Started

  8. Pada gambar tersebut, pilih bagian add Like Box. Maka anda akan diarahkan ke halaman yang memiliki bagian seperti berikut ini.
  9. Halaman Source Code Like Box

  10. Pada gambar 6, terdapat sebuah box yang meminta isi “Facebook Page URL address”. Paste-kan URL address yang anda copy pada langkah 5 ke dalam box tersebut.
  11. Tunggu beberapa saat, sistem akan menampilkan tampilan widget untuk halaman tersebut. Aturlah lebar (width), skema warna (Color Scheme), dan pilihan-pilihan lain sesuai dengan gambar poin 6. Aturlah sesuka anda!
  12. Setelah pengaturan sesuai dengan pilihan, lanjutkan dengan mengklik tombol “Get Code” yang terdapat pada bagian paling bawah gambar poin 6.
  13. Maka akan muncul source code yang bisa anda copy . Ada dua pilihan yang dapat dipilih, dua-duanya dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang sama. Copy code tersebut.
  14. Selanjutnya Paste-kan di Widget “text” Blog WordPress anda, simpan dan perhatikan hasilnya.

Poin 11 adalah langkah yang hanya dilakukan untuk blog dengan engine wordpress. Langkah selain poin 11, bisa dimanfaatkan untuk semua blog atau website yang sedang Anda kembangkan. Itulah sedikit cara yang dilakukan untuk memasang widget like box di blog kesayangan. Selamat mencoba, kalau ada masalah, mari kita diskusikan. Sebelumnya like dulu blog Saya! Let’s Share.

Isaninside – penghujung Juni 2011 – Sleman, Yogyakarta

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

12 Responses to “Memasang Widget Like Box Facebook di WordPress”

  1. Ya… sangat menarik melihat social media dengan segala kemudahan yang kemudian di munculkan untuk membantu dunia aktifitas di online salah satu nya membangun komunitas kita sendiri baik untuk tujuan blog atau bisnis.

    Reply
    • to : tech and gadget

      iya mas. menggunakannya pun sangat menarik, hehehe itung-itung untuk membantu kepopuleran blog. salam, thx sudah berkunjung

      Reply
  2. jodrake 15/07/2011

    wah…membantu sekali postingannya!! Trims ya Mas Ihsan :)

    Reply
  3. makin menarik hidup ini kalau wordpress bisa seperti ini …. makasih Mr Isaninside atas ilmu yang disediakan … saya doakan mudah-mudahan blognya semakin ramai dan bisa memberikan banyak manfaat buat banyak orang

    Reply
    • to : grossiste

      Bener sekali mbak. wordpress selalau dikembangkan dan selalu disesuaikan dengan perkembangan.. sangat menarik sekali diikuti. Thx sudah berkunjung.. Amiiin

      Reply
  4. Makasih mas infonya berhubung ane udah buat fans page tapi belum ada yang ngelike :’(

    Minta tolong promosi disini ya mas :)

    http://www.facebook.com/pages/Images-Center/272483282763000

    Reply
  5. klo page nya sudah terlanjur jadi gimana mas?

    Reply
  6. Facebook like box di blog saya baru bisa muncul klo saya juga buka facebook. Knapa ya.? Ada yg bisa bantu.?

    Reply
  7. makasih infonya gan , sangat menarik

    Reply
  8. Like Box Facebook di blog saya sebelumnya tampil mirip dengan Anda punya. Karena ada masalah dengan Adophe Flash,saya salah klik, sehingga berubah tampilan seperti yang terlihat saat ini. Saya ingin mengembalikan tampilan kotak Like Box Facebook seperti semula, tapi selalu gagal. Bisakah Sdr Isaninside memberikan solusi agar saya bisa merubahnya dengan mudah ke tampilan semula tanpa gagal lagi.Untuk alamat URL memakai URL yang memakai dot.com ? Terima kasih.

    Reply

Tinggalkan komentar