Home » WordPress » Memasang Like Button Facebook di WordPress

Like ButtonTulisan ini merupakan kelanjutan dari tutorial sebelumnya tentang like box facebook. Sama halnya dengan like box, like button adalah sebuah plugin yang dikembangkan oleh facebook. Mungkin Anda pernah melihat sebuah halaman postingan yang di bagian atas atau bawah postingan terdapat sebuah tombol dengan tulisan like dengan icon facebook di sampingnya, atau seperti tombol like pada like box. Gampangnya, Anda tinggal melihat like button yang ada di bagian atas konten postingan ini.

Like Button

Nah dalam tulisan ini Saya akan mencoba memaparkan langkah-langkah yang dilakukan untuk memasang like button facebook di blog wordpress.

Nah dalam tulisan ini Saya akan mencoba memaparkan langkah-langkah yang dilakukan untuk memasang like button facebook di blog wordpress. Tujuannya agar like button selalu muncul di setiap postingan, dan halaman. Tombol ini  akan berguna bagi setiap pengguna facebook yang ingin mengekspresikan rasa “like”-nya terhadap sebuah postingan. Setiap tulisan yang di “like ” oleh pengguna, akan secara otomatis muncul di wall penguna tersebut.

Langkah-langkah yang dilakukan :

  1. Copy source code berikut ini.

  2. <iframe src="http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=<?php echo urlencode(get_permalink($post->ID)); ?>&amp;layout=standard&amp;show_faces=false&amp;width=450&amp;action=like&amp;colorscheme=light" scrolling="no" frameborder="0" allowTransparency="true" style="border:none; overflow:hidden; width:450px;"></iframe>

  3. Copy script di atas dan atur sesuai dengan keinginan anda. Pengaturan bisa dilakukan dengan memodifikasi lebar (width) atau tinggi dengan menambahkan perintah height:XXpx; -> XX ganti dengan angka.
  4. Pada Dashboard WordPress, buka Appearance > Editor. Perhatikan file single.php dan page.php.
  5. Buka file single.php, pastekan kode tersebut di bagian atas atau bagian bawah source <?php the_content(); ?>. Jika memilih di atas, maka tombol lika akan muncul di atas isi postingan dibawah judul. Langkah ini dilakukan untuk menampilkan tombol like di semua postingan.
  6. Selanjutnya buka file page.php, kembali pastekan kode tersebut di bagian atas atau bagian bawah source <?php the_content(); ?>. Langkah ini dilakukan untuk menampilkan tombol like di semua halaman blog wordpress Anda.
  7. Simpan semua aktifitas yang dikerjakan.

Sedikit penjelasan. Tag : get_permalink($post->ID), adalah perintah untuk menangkap URL address yang aktif saat halaman itu dibuka. Lebih tepatnya URL address untuk halaman itu. Sehingga halaman tersebut bisa dikirimkan ke wall pengguna dengan model “like”. Perintah “action=like” bisa dimodifikasi ke “action=recommend” jika Anda lebih tertarik menggunakan kata recommend.

Silahkan perhatikan perubahannya. Mudah bukan? Let’s Share

Isaninside – Tiga hari sebelum pulang meninggalkan Sleman, Yogyakarta.

Recommended link :

http://m-alwi.com/membuat-tombol-facebook-like-dan-share-tanpa-plugin.html

http://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/like/

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

15 Responses to “Memasang Like Button Facebook di WordPress”

  1. Pertamaxxx….
    Artikelnya Mantappp gan….

    Reply
  2. ok banget mas,,, perbedaan like bok dan like buton apa

    Reply
    • to : business

      Sama2 mas, perbedaannya, like box bisa dilihat di bagian widget blog ini, dimana terdapat daftar facebooker yang me-like facebook fan page blog ini. Kalau like button hanya menampilkan button like (atau recommend) tanpa menampilkan daftar facebooker yang me-like facebook fan page. Kira-kira begitu mas, thanks

      Reply
  3. awidyanto 26/12/2011

    maaf mas, proses diatas itu untuk wp online berbayar ya? punya saya tidak muncul untuk menu editornya di appearance.

    Reply
    • to : awidyanto

      Gratis kok mas.. semuanya bisa diatur di developer facebook. ada beberapa settingan disitu dan juga bisa pilih jenis source code yang digunakan..

      Reply
  4. artikelnya keren…tapi koq waktu saya coba praktekin, posisinya udah betul sebelum artikel (di bawah judul). cuma tingginya itu loh… jadi setelah tombol like, agak jauh ke isi artikelnya.

    saya suka dengan tombol like di sini pak.
    apa ada tutorialnya biar “like” nya mirip seperti yang di sini.. :D

    makasih sebelumnya.

    Reply
    • to : Cozy

      Makasih…. mbak/mas
      Hahaha, tombol like di blog ini saya modifikasi dengan css, dan disesuaikan dengan space yang saya sediakan mbak/mas.. Malah nanti tidak match dengan space blognya..
      coba gunakan perintah berikut:
      <div style="height=35px;padding=4px;border=1px solid #dddddd">SCRIPT Like Button Tarok di Sini</div>
      monggoo

      Reply
  5. Fredy 16/11/2012

    You can’t post this because it has a blocked link.: The content you’re trying to share includes a link that’s been blocked for being spammy or unsafe:Body of an error/warning message. Title is: You can’t post this because it has a blocked link.For more information, visit the Help Center. If you think you’re seeing this by mistake, please let us know.

    Reply
    • Fredy 16/11/2012

      Itu yang saya terima ketika saya upload script facebook like

      Reply
  6. BAgus banget sob artikelnya,,
    Terima Kasih ya Atas Penjelasannya

    Reply
  7. Trimaksih sekali m,,, ini sangat mebantu saya

    Reply
  8. masih bingung gan, baru di WP nih

    Reply
  9. gan cara bikin follow dan like di bawah judul posting blog bagaimana ya? email ya gan

    Reply
  10. like button di blog saya kenapa hilang ya? bisa bantu ga..

    Reply

Tinggalkan komentar