Home » WordPress » Memasang Form Comment Facebook di Blog WordPress

Pernah mengunjungi halaman diskusi blog ini? Kalau belum pernah, perhatikan screenshot berikut ini.

Gambar di atas adalah tampilan halaman diskusi blog ini. Halaman diskusi tersebut telah dipasangi form komentar yang dikembangkan oleh facebook. Setiap pengunjungi yang memiliki akun facebook bisa menulis komentar di form ini. Syaratnya gampang, cukup login ke akun facebook yang dimiliki, secara otomatis form tersebut akan mendeteksi id facbook yang aktif.  Selanjutya  bisa langsung berkomentar dengan ID facebook.

Langkah yang dilakukan untuk membuat form seperti di atas adalah sebagai berikut.

  1. Buka link berikut ini : http://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/comments/
  2. Makan akan muncul halaman berikut ini.
  3. Gantilah alamat pada box “URL to comment on” pada halaman di atas dengan URL blog atau URL halaman yang akan dipasangi form comment FB.
  4. Atur tampilan form sesuai dengan keinginan Anda. Pengaturan bisa dilakukan adalah number of post, lebar (width) dan skema warna.
  5. Lanjutkan dengan mengklik tombol “get code”. Maka akan muncul dialog box yang berisi source code form comment facebook. Copy code tersebut.
  6. Selanjutnya, bukalah dashboard blog wordpress anda. Lanjutkan dengan membuka halaman atau postingan yang ingin dipasangi comment form facebook tersebut. Page untuk mengedit halaman dan Post untuk mengedit sebuah postingan.
  7. Ubah editor ke mode HTML. Klik pada bagian HTML. Perhatikan gambar.
  8. Lanjutkan dengan  mem-Paste-kan code tersebut dibagian paling bawah setelah tulisan.
  9. Simpan halaman atau postingan tersebut. Silahkan perhatikan hasilnya.

Sedikit penjelasan, bagian yang paling penting diperhatikan adalah url address alamat yang akan diberikan form komentar. Jika anda menggunakan URL utama (contoh : http://isaninside.net) maka target komentar untuk alamat tersebut. Maka sebaiknya gunakanlah URL address dari alamat yang dituju. Contoh pada blog saya : http://isaninside.net/sharing-tamu -> ditujukan hanya untuk halaman diskusi saja. Mudah bukan? Selamat mencoba, kalau ada masalah mari kita diskusikan lagi.

Isaninside, Yogyakarta 2011

Referensi :

http://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/comments/

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

8 Responses to “Memasang Form Comment Facebook di Blog WordPress”

  1. ijin nyoba, thanks tambahan ilmunya
    buat pelengkap website bagus nih.

    Reply
  2. Wikpar 02/08/2011

    Thanks atas infonya, WordPress memberikan banyak kemudahan dan kebebasan bagi blogger untuk memodifikasi dan menginstal plugins dimana untuk plugins tambhan biasnya saya dapatkan pada Awesome WP Plugins semua pluginsnya gratis

    Reply
    • to : wikpar

      Sama-sama mas, thx sudah berkunjung. Iya dengan menggunakan engine wordpress kita bisa mengembangkan berbagai themes, dan plugins. thx buat tautan yang dikirim..

      Reply
  3. kok tempat ku endak bisa ya mas

    Reply
    • to : paman

      Heheh hanya untuk yang self hosted mas. kalo do wp.com ga bisa, tapi sepertinya udah ada fiturnya tuh.. coba cek di widget..

      Reply
  4. pake plugin gmna

    Reply
  5. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Teknologi. Teknologi merupakan suatu ilmu yang sedang berkembang di zaman yang sudah maju sekarang ini. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai Teknologi yang dapat dilihat di http://www.ejournal.gunadarma.ac.id

    Reply

Tinggalkan komentar