Home » S2 JTETI UGM » Dari Sebuah Topik untuk Sebuah Judul (2)

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya tentang topik penelitian yang Saya pilih sebagai Topik Tesis. Tesis  untuk menyelesaikan studi S2 di Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM, Yogyakarta.

WSNs (Wireless Sensor Network) atau Jaringan Sensor Nirkabel merupakan kajian yang Saya bahas pada tulisan sebelumnya. Kajian ini Saya  ikuti sejak bergabung ke dalam grup penelitian yang dibimbing oleh Bapak Widyawan dan Bapak Lukito Edi Nugroho. Selain bergabung dengan grup riset, kuliah Pervasive Computing telah  membuka wawasan Saya tentang pengetahuan ini.

Grup Riset ini bernama PMC Group, singkatan dari Pervasive and Mobile Computing Grup. Berdasarkan penerawangan Saya pribadi, kata Pervasive lebih cenderung ke keahlian Bapak Widyawan, sedangkan Mobile Computing adalah keahlian Bapak Lukito Edi Nugroho. Mobile Computing menjadi kajian utama beliau di dalam Disertasi yang telah diselesaikan  sejak 11 tahun yang lalu di Monash University, Australia.

Saya ingat ketika pertemuan pertama grup ini. Beberapa orang mahasiswa S2 Reguler angkatan 2010 mengikutinya. Sebagian besar diantaranya adalah orang-orang yang bingung, bingung dengan topik tesis yang akan dipilih untuk menyelesaikan pendidikan yang mereka jalani. Salah satunya adalah Saya. Mau  tidak mau, pada saat itu Saya memang termasuk ke dalam golongan orang-orang  yang “bingung”. Pertemuan pertama ini mengenalkan beberapa topik riset yang berhubungan dengan kajian PMC. Beberapa topik ini bisa dipertimbangkan untuk dipilih oleh mahasiswa.  Topik penelitian itu masih sangat luas. Sehingga menuntut mahasiswa mencari literatur dalam bentuk jurnal, paper atau prosiding yang berhubungan dengan topik yang mereka pilih. Bacaan-bacaan itu akan membantu  mahasiswa untuk mengenal topik tersebut. Bacaan itu juga akan mengenalkan teori, metode teknologi dan pengetahuan lainnya yang berhubungan dengan topik yang dipilih.

Ada beberapa topik yang ditawarkan, topik-topik tersebut antara lain Node Deployment (Teknik Penempatan Node), Web-Based Building Control (terkait dengan jenis Node, Gateway dan teknologi web service yang akan digunakan),  Context Detection (deteksi lokasi dan deteksi kesesakan ruangan), Modelling Digital Presence dan yang terakhir adalah Generic Context Representation.

Dua topik awal merupakan kajian yang sangat dekat ke kajian pervasive computing, dan tiga topik lainnya adalah penelitian yang lebih terlibat ke proyek penelitian besar yang akan dikerjakan di Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Dil@C Project. Dil@C project dipimpin oleh ketua jurusan JTETI, bapak Lukito Edi Nugroho dan melibatkan banyak dosen dilingkungan JTETI. Secara keseluruhan, semua topik yang ditawarkan ini bermuara ke Dil@C Project. Topik-topik tersebut telah disusun secara sistematis.

Awalnya Saya bingung dengan topik-topik yang ditawarkan, sebagian besar mengarah ke kajian yang belum pernah Saya sentuh sama sekali. Saya sempat bertanya ke beberapa orang teman yang mengikuti pertemuan tersebut, dan kebanyakan dari mereka mengalami “penyakit” yang sama dengan yang Saya alami. Saya dapat  menyimpulkan kalau pada saat itu kami sedang dalam keadaan bingung “berjamaah”. Belum dapat judul masih bingung, setelah ditawarkan topik kami pun masih bingung. Bisa-bisa yang sedang membaca juga bingung, Mahasiswa S2 apa model begini?

Tunggu dulu, kebingungan ini sangat beralasan, karena topik-topik yang ditawarkan merupakan payung penelitian baru. Payung penelitian yang diperuntukkan untuk angkatan 2010 yang tertarik mengikutinya. Rasa bingung dan rasa tidak yakin muncul dibenak kami, tidak terkecuali Saya sendiri. Karena memang, bidang itu bukanlah sesuatu yang menarik minat Saya pada saat itu. Bidang yang sama sekali belum pernah Saya temukan pada saat melalui pendidikan Sarjana. Bagi teman-teman Sarjana Teknik murni, mungkin kajian ini tidak terlalu baru bagi mereka.

Perlahan karena dikejar waktu deadline proposal, akhirnya Saya memberanikan diri untuk bergabung dengan PMC Group. Setelah bergabung dengan grup itu, Saya melakukan beberapa kali meditasi (menyendiri dan membaca paper secara diam-diam) untuk memilih sebuah topik. Topik tersebut adalah Web-based Buliding Control. Alasan utama mengambil topik tersebut karena lebih tertarik dengan dunia web. Selain itu, implementasi program yang Saya kerjakan banyak berhubungan dengan website dengan bahasa pemrogaram HTML, PHP, MySQL, CSS, Js, jQuery dan AJAX. Dunia yang Saya tekuni sejak 2008 silam.

Sementara itulah sedikit gambaran tentang pemilihan sebuah topik yang Saya lakukan dalam menyelesaikan Studi S2 di JTETI UGM Yogyakarta. Tulisan ini masih akan berlanjut. Selanjutnya Saya akan menceritakan bagaimana Saya merumuskan judul yang sesuai dengan topik tersebut.

Isaninside, Yogyakarta Mei 2011 – to be continued

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

One Response to “Dari Sebuah Topik untuk Sebuah Judul (2)”

  1. Trimakasih
    Tulisannya sangat membantu :)

    Reply

Tinggalkan komentar