Home » Activities, Opini, S2 JTETI UGM » Sedikit Cerita – Maret 2011

Sebulan lebih saya off menulis, banyak alasan yang membuat hal ini terjadi. Alasan-alasan itu dimulai dari ujian, liburan dan bahkan sakit yang menghantui diri sejak sebulan belakangan ini.

Tulisan terkahir saya tulis pada pertengahan Januari 2010. Tulisan itupun masih berkaitan dengan materi perkuliahan yang saya lalui. Mata kuliah Sistem Informasi. Terhitung sejak pertengahan  Februari 2011, Saya memasuki babak baru perkuliahan di Universitas Gadjah Mada. Semester 2. Alahmdulillah, Semester 1 telah dilewati sesuai rencana. Tidak ada mata kuliah yang harus diulang. Semester 2 ini, saya mengambil 6 mata kuliah dengan beban total 16 SKS. Beban Maksimal Program Pascasarjana Teknik Elektro UGM.

Mata kuliah tersebut antara lain : Metode Penelitian, Pervasive Computing, Seminar 1, Teknik Komputer Interaktif, Sistem Basis Data, Jaringan Komputer dan Komunikasi Data. Mata kuliah tersebut terdiri dari mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, dan mata kuliah konsentrasi wajib. Mata kuliah wajib diantaranya Metode Penelitian, Jaringan Komputer dan Komunikasi Data dan Seminar 1. Pervasive Computing dan Sistem Basis Data merupakan mata kuliah pilihan yang saya pilih pada semester ini. Sedangkan untuk mata kuliah Konsentrasi wajib saya memilih Teknik Komputer Interaktif.

Bebarapa mata kuliah pernah saya temui pada saat mengikuti pendidikan Sarjana di UNP, Sumatera Barat.  Mata kuliah lainnya adalah matakuliah baru yang memang baru dibuka pada semester ini. Mata kuliah tersbut adalah Pervasive Computing.

Sekilas tentang mata kuliah pervasive Computing. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang futuristik. Mata kuliah dengan topik-topik penelitian yang hangat hingga saat ini. Pengampu matakuliah ini adalah Bapak Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D. Seorang Dosen menurut saya masih muda Jebolan Belanda (Postgraduate) dan Irlandia (Doctor of Philosophy).

Selama mengikuti perkuliahan ini saya merasa terhanyut ke masa depan yang serba terkomputerisasi. Mata kuliah ini memang membawa saya larut ketika mengikutinya. Pervasive/Ubiquitous Computing merupakan mata kuliah yang membahas tentang komputer yang aware dengan manusia. Bukan komputer biasa. Isu-isu yang diangkat antara lain penggunaan Wireless Sensor Network (WSN) sebagai piranti pengumpul data untuk tujuan tertentu, sesuai dengan fungsi sistem. Apakah itu sebagai sensor suhu, sensor hujan, sensor binatang langka, sensor stress bangunan dan lain sebagainya.

Setelah membaca sebuah jurnal yang tentang Ubiquitous Computing hasil penelitian Mark Weiser, Saya baru mengetahui kalau penelitian itu telah dimulai oleh Xerox Palo Alto Research Center (PARC) tahun 1988. Setahun setelah kelahiran saya. Penelitian ini telah menciptakan beberapa prototype perangkat yang digunakan untuk riset. Riset yang membahas tentang 6 disiplin ilmu yang berhubungan dengan Ubiquitous(ada dimana-mana) Computing pada saat itu.

Tulisan mengenai riset yang disajikan di dalam jurnal tersebut akan saya tulis pada tulisan selanjutnya.

Itulah sedikit cerita yang bisa saya bagikan selama off menulis pada bulan Februari 2011. Isaninside-Jakarta-Maret 2011

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

Belum ada komentar... Jadilah komentator pertama!

Tinggalkan komentar