Home » Opini, S2 JTETI UGM » Kombinasi Payah antara OS + Virtual Box + XP Virtual

OS =>  Windows 7 Ultimate Edition 64 Bit atau Ubuntu Ultimate Edition 32 Bit

Intro :

Tulisan ini berisi tentang ekperimen (kebutuhan/tuntutan keadaan) untuk mewujudkan 3 buah sistem operasi (di atas) yang terintegrasi langsung dalam sebuah LAPTOP. LAPTOP Aspire 4530 berperan sebagai kelinci percobaan. Jadi kelinci karena tuntutan keadaan.  Saya tidak menemukan jalan lain, selain menggunakan tiga buah sistem operasi sekaligus. Ini adalah jalan terakhir, buat Aspire 4530,  Saya menyampaikan permintaan maaf yang sedalam-dalamnya. Mohon maaf telah melakukan penyiksaan!

Begitulah adanya!

Ide ini muncul ketika Saya mengikuti kuliah pemrograman. Kuliah praktik pemrograman dengan Mr. Rudi Hartanto (Direktur MTI), setelah sebelumnya belajar logika pemrograman dengan Mr. Insap Santosa. Kuliah ini dilaksanakan di sebuah ruangan yang sejuk, ruang M23 milik MTI (Magister Teknologi Informasi).  Saya bersama sekitar 20an rekan-rekan S2 Reguler 2010 (Matrikulasi) sibuk dengan komputer masing-masing. Tidak terkecuali Saya , semua mahasiswa menginstal aplikasi Turbo C yang digunakan sebagai aplikasi praktik.

Saat itu Saya menggunakan dua buah sistem operasi, Windows 7 Ultimate 64 bit dan Ubuntu Ultimate 2.4. Aplikasi Turbo C (TC) tersebut hanya diperuntukan untuk Sistem Operasi Windows. TC pun Saya copy, dan di instalkan ke Windows 7 Ultimate. Tapi apa yang terjadi? Windows menolak aplikasi ini. Setiap dieksekusi, muncul jendela dan memberitahukan kalau aplikasi itu tidak bisa dijalankan dengan OS Windows 7 yang Saya miliki. Perlu diketahui, beberapa rekan dan bahkan Mr. Rudy (Dosen) menggunakan aplikasi ini di Windows 7, dan tidak ada masalah. Kontras! Pada saat perkuliahan berlangsung, semua mahasiswa sibuk menjalankan syntax C++ yang dipelajari. Tapi Saya? Saya sibuk, sibuk mengeksplorasi Dunia Maya untuk mencari jalan keluar kasus ini. Diantaranya adalah menggunakan DOSBOX atau Virtual Engine.

Pertama Saya mencoba DOSBOX, instal aplikasi, ikuti instruksi, dan TC bisa dijalankan. It’s Work man! Terdapat perbedaan antara TC Dosbox dengan TC yang digunakan saat praktik. TC Dosbox tampil dalam bentuk DOS. Jadi belum menggunakan jendela Windows (seharusnya seperti Turbo Pascal Windows). Proses copy syntax dari file latihan (pdf) menjadi sangat susah, sehingga saat praktek Saya sering ketinggalan.  Tidak puas dengan kondisi ini, dan akhirnya Saya beralih ke alternatif ke dua.

Menggunakan Virtual Engine. Contoh aplikasi Virtual engine adalah Virtual PC , Virtual Box atau VMware. Virtual engine ini digunakan untuk menjalankan Sistem Operasi di dalam Sistem Operasi. Dalam hal ini Saya menggunakan Virtual Box (sesuai rekomendasi rekan Saya). Virtual Box bisa dijalankan di Windows, Ubuntu dan Macintosh. Rencananya virtual box akan Saya installkan pada kedua sistem operasi yang Saya miliki. Pertama Saya lakukan instalasi pada Windows 7. Proses instal berjalan lancar, dan Saya lanjutkan membuat Harddisk Virtual. Semua settingan telah Saya selesaikan, tinggal melakukan instalasi Windows XP. Win XP yang digunakan dalam bentuk image dengan ekstensi *.iso. Proses instal berjalan baik sampai proses “starting install windows”. Pada saat itu tiba-tiba laptop Saya hank, dan beberapa detik kemudian muncul BSOD (Blue Screen of Death). Laptop pun Saya matikan secara manual. Proses ini Saya ulangi hingga 4 kali, dengan mengkonfigurasi berbagai opsi di Virtual Box. Hasilnya sama, BSOD!

Setelah putus asa dengan windows, Saya mencoba peruntungan baru. Menggunakan Ubuntu. Ubuntu diaktifkan dan Virtual box Saya installkan melalui Synaptic Package Manager. Proses instalasi Virtual Box berjalan lancar, dan dijalankan. Tampilan Virtual Box ini persis sama dengan tampilan pada Windows. Sehingga proses konfigurasi Mesin Virtual inipun Saya lakukan dengan lancar. Instalasi pun dimulai, dengan sabar Saya menunggu proses ini. Apa yang terjadi? Proses instalasi Stuck, dan sama persis saat menggunakan Windows. Proses ini tidak berujung BSOD, sekedar stuck saja. Kacau! Hingga diulang beberapa kali, hasilnya tetap sama. Ubuntu terpaksa dimatikan secara Manual.

Kasus Virtual Box. Kasus yang sama terjadi di dua sistem operasi yang berbeda. Asumsi Saya, mungkin image XP yang Saya gunakan bermasalah. Eksperimen Saya lakukan untuk membuktian asumsi ini. Saya menggunakan image XP lainnya. Dan melakukan instalasi seperti langkah di atas. Hasilnya apa? TETAP SAMA! Untuk windows berujung BSOD, dan untuk Ubuntu hasilnya hank total! Asumsi yang salah! Pada saat pengujian, Saya sempat menguji Ubuntu 10.04 LTS di Virtual Box. Hasilnya, Alhamdulillah, berjalan dengan baik. Tanpa ada BSOD ataupun Hank Total! Sial Win XP!

Simpel saja, Saya menarik kesimpulan kalau XP tidak bisa dijalankan di Laptop Aspire 4530 MILIK Saya (XP yang dijalankan melalui Virtual Box)! Bisa jadi karena OS Windows atau Ubuntu yang Saya gunakan menolaknya. Mungkin juga terjadi konflik kepentingan dan konflik kebutuhan antara OS (Win 7 dan Ubuntu UE) + Virtual Box + XP Virtual. Hasilnya Hank! BSOD! Kombinasi yang BURUK! CMIIW!

To be Continued!

Isaninside 2010 – Yogyakarta

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

3 Responses to “Kombinasi Payah antara OS + Virtual Box + XP Virtual”

  1. the ace 30/12/2010

    saya menggunakan VirtualBox versi 3.xx dan 4.0.0, saya pasangi dengan XP2 + Linux Mint (julia version) + Mikrotik 2.9.27 + ClearOS 5.2, tidak ada masalah sama sekali baik dalam proses instalasi maupun konfigurasi.

    pakai ASUS K42F, OS induk SE7EN ultimate 32bit, DDR3 4 GB PC 10600. (ini bukan pamer)

    Reply
    • to The ace

      Bener, dugaan saya.. Sesuai yang saya tulis mas, mungkin ada yang salah dengan hard yang terdapat di laptop yang saya gunakan.. mantaf!

      Reply
  2. thanks gan…mampir tempat saya juga ya http://bit.ly/1gprPug

    Reply

Tinggalkan komentar