Home » Opini, Tips dan Trik, WordPress » Dari Mudik Lebaran sampai Upgrade WordPress ke versi 3.0.1

Rencana upgrade ini telah saya rencanakan sejak pertengahan bulan Agustus, saat saya masih berada di kota Jogjakarta. Namun niat untuk mengupgrade WP engine ini Saya tunda hingga saya kembali ke Padang, Sumatera Barat. Karena bulan September sudah dekat, maka dengan sabar Saya menunggu momen tersebut.

Sampailah akhirnya, tanggal 3 September 2010 pesawat yang membawa Saya balik ke Padang mendarat pukul 11.00 malam di bandara Int. Minangkabau. Memang terlalu larut malam, namun begitulah adanya, pesawat di delay hampir 2 jam lamanya. Sampai di rumah, saya telah ditunggu oleh semua kelurga tercinta, terutama Papa dan Mama. Kangen rasanya. Hampir 3 minggu saya pergi, dan saat itulah saya kembali melihat wajah Papa dan Mama. Love Them.

Sesampai di rumah, niat untuk upgrade WordPress ke versi 3.0.1 sudah tidak tertahankan. Akhirnya, pada pukul 1.30 dini hari (4 September 2010) saya sempatkan mengupgrade Blog ini ke versi 3.0.1. Dari pengalaman upgarde sebelumnya, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama. Lagian akses internet di rumah lebih cepat dan jarang macet, hal inilah yang membuat Saya optimis dan bersemangat melakukan upgrade ini. Sesegara mungkin, karena sudah bersabar beberapa hari.

Akhirnya saya aktifkan speedy, dan memulai proses upgrade. Setelah klik, klik dan klik, proses upgrade pun selesai. Saya diarahkan untuk mengikuti link ke halaman dashboard. Saya klik, apa yang tejadi? Astaghfirullah, terjadi error dengan pesan berikut ini :

Fatal error: Call to undefined function get_option() in /home/*******/public_html/wp-admin/admin.php  on line 22

Waduh! bingung dengan keadaan ini, saya langsung menuju cpanel untuk mengecek line yang menjadi masalah ini. Setelah saya buka file admin.php, ternyata tidak ada problem dengan script. Apakah terjadi keslahan penulisan script atau tidak. Bingung dengan kejadian ini, akhirnya saya bertanya ke google. dan saya memperolah jawaban pada link berikut ini :

  • http://wordpress.org/support/topic/wordpress-site-working-but-wp-adminadminphp-error
  • http://wordpress.org/support/topic/fatal-error-call-to-undefined-function-get_option-4
  • http://bbpress.org/forums/topic/fatal-error-call-to-undefined-function-wp

Ketiga link tersebut tidak dapat membantu banyak. Sepertinya tidak ada jawaban pasti tentang langkah yang digunakan dalam menyelesaikan masalah ini. Akhrinya saya berinisitaif untuk membackup semua data yang saya miliki, termasuk melakukan backup database blog. Tindakan ini saya lakukan jika nanti Saya harus menginstall ulang wordpress dan memulai penataan dari awal. Proses backup memakan waktu tang lumayan lama, hingga membuat saya tidur setelah pukul 5 pagi. Setelah semua data dibackup. Saya tidur hingga tengah hari.

Proses perbaikan pun saya mulai kembali pada malam hari tanggal 4 September 2010. Sambil chat dengan Calon Istri, Riska. Bingung dan resah dengan keadaan ini, akhirnya saya memutuskan untuk melakukan install ulang engine isaninside.net. Install ulang akan melalui tahap remove wordpress sebelumnya. Sebelum me-remove wordpress sebelumnya, saya melakukan duplikasi database ke database baru yang telah saya siapkan. Dengan nama lain tentunya.

Setelah proses itu selesai, Saya memberanikan diri untuk melakukan install ulang. Saya membuka fasilitas fantastico untuk meremove wordpress sebelumnya. Proses ini akan melakukan delete terhadap semua file wordpress (kecuali file wp-signup.php dan file wp-active.php- mesti dihapus manual), database yang digunakan. Proses remove berlangsung cepat. Kemudian saya menginstall kembali wordpress yang lebih fresh. Kebetulan, layanan hosting  yang saya belum mengupgrade versi wordpress yang mereka gunakan, jadinya saya masih tetap melakukan install worpress versi 3.0.0.

Proses install selesai, dan saya melihat tampilan isaninside.net sementara. Hmm, lebih baik dari hari kemaren, gumam saya. Selanjutnya, Saya melakukan Upgrade versi 3.0.0 ke versi 3.0.1. Mumpung masih fresh dan masih belum diisi. Alamdulillah proses upgrade ini tidak memakan waktu lama. Secara resmi isaninside.net telah menggunakan WordPress Versi 3.0.1.

Proses selanjutnya adalah mengalihkan database ke database backup yang telah saya siapkan. Sebelum database dialihkan, Saya registerkan dulu database hasil duplikasi tersebut ke username dan password database yang dibuat otomatis oleh wp hasil install fantastico. Pilihan ini saya temui di halaman cpanel bagian MySQL.

Proses pengalihan database selesai, selanjutnya saya harus mengganti nama database uang Saya gunakan pada file wp-config.php. Karena Username dan pass database sudah di setting, maka langkah yang dilakukan hanya mengganti nama database. Selanjutnya file tersebu Saya save. Saya pun mengunjungi http://isaninside.net. Apa yang terjadi? jendela upgarde database pun muncul,  Saya lanjutkan dengan mengklik “Upgrade Database”. Hasilnya, alhamdulillah, semua tulisan, komentar dan komponen-komponen isaninside.net telah kembali ke keadaan semula.

Langkah berikutnya adalah melakukan upload besar-besaran (walau sebenarnya kecil namun karena Upload) terhadap beberapa file yang terdapat di wp-content. Untuk mengerjakan proses ini, saya dibantu oleh aplikasi FileZilla. Semua data saya tempat kembali ke posisi semula. Kurang lebih proses ini memakan waktu 2 jam, dengan otal data yang diupload hanya berkapasitas 32 MB. Proses Upload selesai.

Karena database yang digunakan tetap sama dengan wordpress sebelumnya, maka langkah terakhir yang Saya lakukan hanya mengganti tema. Alhamdulillah, setelah tema dipilih, dan dilihat hasilnya, Blog Saya telah kembali ke bentuk semula.

Hufff, jalan panjang menuju upgrade ke versi 3.0.1.

Isaninside 2010 – Padang, Sumatera Barat


http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=2&ved=0CB4QFjAB&url=http%3A%2F%2Fwordpress.org%2Fsupport%2Ftopic%2Fwordpress-site-working-but-wp-adminadminphp-error&ei=5Y2CTJKTGIWgvQPAq8m8BA&usg=AFQjCNE8oJpkPH0U2PDCXoVvafxyxJAw_A&sig2=XonAeQ9gasozl2Amr7Tbig
Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

Belum ada komentar... Jadilah komentator pertama!

Tinggalkan komentar