Home » S2 JTETI UGM » Kuliah Lagi, Registrasi Lagi, dan Menunggu Lagi

Kuliah, Kuliah dan …

Sudah hampir 4 hari saya berada di kota Jogjakarta. Kota tempat saya melanjutkan pendidikan pascasarjana. Memang, pendidikan ini telah saya tunggu hampir 10 bulan lamanya.

Sekitar bulan Februari 2010 yang lalu saya telah mendaftarkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Master di Sebuah Universitas di Kota Jogjakarta. Universitas Gadjah Mada, salah satu Universitas terbesar di Indonesia. Prosedur pendaftaran online sangat membantu saya dalam melakukan pendaftaran itu. Saya bisa mendaftarkan diri dari kota tempat saya berdomisili, kota Padang.

Setelah mengunjungi website resmi Pendafataran Online UGM, saya memperoleh informasi tentang tata cara melakukan registrasi.

Pendaftaran di mulai dari membayar uang pendaftaran melalui Bank BNI cabang UNP. Dari pembayaran uang pendaftaran itu, saya memperolah password dan username. Password dan Username ini digunakan untuk Login ke pendaftaran online pascasarjana.

Setelah Login ke account tersebut, Saya melengkapi data-data diri ke dalam form-form yang telah ditentukan. Semua form itu diisi sesuai dengan data real KTP dan Ijazah pendidikan sarjana. Pada halaman terakhir, saya menemui pilihan tempat akan dilaksanakannya Ujian Toefl dan TPA. Kebetulan sekali, pada saat itu terdapat pilihan ujian yang berlokasi di Padang Sumatera Barat. Tempat saya berdomisili, dan pasti saya memilih pilihan itu. Alhamdulillah, Hemat biaya ujian. Ujian tersebut dilaksanakan pada tanggal 22 April 2010 (pada hari kamis). Tempat pelaksanaan ujian baru diumumkan 3 hari sebelum tanggal 22 April 2010.

Ujian-Ujian

TOEFL, Ujian yang baru pertama kali saya ikuti secara resmi. Maklum, sebelumnya saya belum pernah sekalipun ujian TOEFL. Sebelum ujian, saya sempat mengikuti pelatihan TOEFL singkat di sebuah lembaga TOEFL di kota Padang. Melalui pendidikan ini mengenal ujian toefl lebih dalam. Harapan saya agar ujian yang akan saya hadapi dapat lewati dengan baik, tanpa harus kaget dengan bentuk dan jenis soal yang akan saya jawab.

Hasil latihan ini, tidaklah jelek. Rata-rata, setiap Prediction Test yang saya lalui, saya memiliki nilai yang mampu melampui syarat minimal masuk UGM, nilai 450. Saya optimis untuk bisa mengikuti ujian TOEFL UGM dengan baik sesuai dengan harapan. Namun, hasil ujian berkata lain. Ternyata nilai Ujian TOEFL UGM tidak lebih baik dari latihan toefl yang saya ikuti. Nilai Toefl tersebut tidak mampu malampaui nilai 450 yang di persyaratkan. Wah, wah wah…. ternyata saya masih perlu belajar lagi.

TPA (Tes Potensi Akademik), Sama halnya dengan ujian TOEFL, Saya sama sekali belum pernah mengikutinya. Soal-soal TPA saya kumpulkan dari internet. Saya belajar menjawab soal-soal tes CPNS, Soal-soal STAN dan soal-soal lainnya yang mengarah ke tes potensi akademik. Hasilnya, Alhamdulillah, nialai TPA saya mampu melampaui nilai 500 yang dipersyaratkan, dengan kata lain LULUS untuk TPA.

Tidak lulus di TOEFL dan lulus di TPA, telah mengantar saya DITERIMA di Universitas Gadjah Mada dengan Status harus menyelesaikan TOEFL 450 dalam waktu 2 semester. Alhamdulillah, walaupun saya harus berjuang lagi untuk skor toefl.

Ujian lainnya yang saya ikuti adalah ujian penentuan Matrikulasi yang diselenggarakan oleh Jurusan. Program Pascasarjana Teknik Elektro UGM.Ujian ini dlaksanakan pada tanggal 22 Juni 2010. Tempat ujian adalah di gedung Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi di Jogjakarta.  Inilah pertama kali saya menginjakkan kaki di Universitas Gadjah Mada. Sejauh yang saya ketahui, ujian penentuan matrikulasi ini digunakan untuk menguji kemampuan calon mahasiswa pascasarjana. Mengingat calon mahasiswa pascasarjana ini berasal dari berbagai universitas, maka diperlukan ujian penyetaraan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa tersebut. Jika nilai ujian memuaskan, maka calon mahasiswa tersebut tidak harus mengikuti kuliah matrikulasi. Sebaliknya, jika nilai kurang dari standar yang ditetapkan, maka calon mahasiswa tersebut harus mengikuti kuliah matrikulasi. Kuliah ini bersifat mandiri dengan biaya sendiri. Sampai sekarang, pengumuman hasil matrikulasi masih belum diinformasikan. Jadi, informasi itulah yang saya tunggu hingga detik ini.

Daftar Ulang

Setelah dinyatakan lulus pada akhir Juli 2010, Saya melanjutkan proses registrasi dengan membayar uang kuliah semester pertama + Uang KTM. Pembayaran dilakukan melalui Bank BNI diseluruh cabang d Indonesia. Proses selanjutnya adalah tanda tangan berkas dan informasi diri di kantor Direktorat Administrasi Akademik UGM di gedung pusat UGM sayap selatan. Setelah pengisian berkas selesai, proses registrasi dilanjutkan dengan mengisi KRS sementara di jurusan Teknik Elektro UGM, bagian Pascasarjana.

Menunggu

Sampai tulisan ini saya post-kan, saya masih menunggu pengumuman awal kuliah dan pengumuman libur lebaran. Jika saja pengumuman libur udah diumumkan dari sekarang, tiket pulang pasti sudah saya beli. Tapi beginilah adanya, menunggu, menunggu dan menunggu lagi.

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk
Tags: ,

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

2 Responses to “Kuliah Lagi, Registrasi Lagi, dan Menunggu Lagi”

  1. Ahmadi Umar 07/10/2012

    Ass…Salam kenal bang,panggil aja aq adi,aq berdomisili di makassar,bang kemarin waktu bulan 7 2012 aq uda ikut daftar di ugm untuk jalur beasiswa unggulan,aq ikuti smw tesx(TPA,TOEFL dan tes di jurusan teknik elektro),tp tuhan belum memberikan aq kesempatan untuk kuliah S2 di UGM,aq tdk lulus tes akademik bang…insya allah aq tetap memiliki kemauan untuk tetap lanjut S2 di UGM di bulan 11 tahun ini bang…

    Reply
    • to: Ahmadi

      Salam kenal juga di, semoga lulus ya, kalau ga salah kuliahnya dimulai bulan februari. Jangan patah semangat….

      Reply

Tinggalkan komentar