Home » Opini, Tips dan Trik, WordPress » Layanan Domain dan Hosting Gratis.

Gratis! Ingat gratis, ingat uang, ingat uang yang “tidak dibayarkan”. Memang sangat menyenangkan.

Beberapa bulan lalu saya sempat berdiskusi dengan seorang blogger yang menggunakan layanan domain dan hosting gratis. Tapi layanan ini bukanlah http://co.cc (sebagai domain) dan http://000webhost.com sebagai layanan hosting. Layanan  itu dapat Anda kunjungi pada situs http://hyperphp.com. Layanan domain dan hosting terpadu pada layanan ini.

Setelah mendapat informasi itu, Saya langsung mengunjungi situs hyperphp dan mendaftarkan diri dengan layanan tersebut. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendaftarkan diri pada layanan ini. Namun saja, kendala yang dihadapi adalah pada saat mengetikkan password. Sesuai petunjuknya, password yang digunakan harus memiliki 8 karakter (sejauh yang saya gunakan). Jika terjadi kelebihan atau kekurangan, anda akan terhenti pada form ini. Hingga Anda menginputkan data sesuai dengan prosedur layanan.

Setelah mendapatkan account, secara langsung saya telah memiliki domain dengan alamat http://isaninside.hyperphp.com. Secara kasat mata, jelas terlihat kalau domain tersebut adalah subdomain dari hyperphp.com. Seperti layaknya wordpress.com jika menggunakan layanan blog gratis wordpress (saya pengguna wordpress). Nah dimana letak perbedaannya?

Perbedaannya terletak pada layanan control panel (CPANEL) domain tersebut. Pada wordpress.com, pengguna tidak diizinkan untuk membuka layanan ini, sedangkan pada hyperphp, pengguna akan menjumpainya dan dapat melakukan kostumisasi blog, situs, forum diskusi, atau elearning yang akan Anda bangun nantinya. Cpanel pada hyperphp dikenal dengan nama vistapanel.

Selain itu, layanan vista panel ini juga menggunakan sebuah aplikasi web builder. Aplikasi ini mirip dengan Fantastico jika Anda pengguna domain dan hosting yang berbayar. Web bulider ini memungkinkan Anda untuk membangun sebuah blog, situs web dan lain-lain, dengan menggunakan CMS-CMS yang telah teruji eksistensinya, seperti WordPress dan Joomla.

Saya sempat melakukan instalasi untuk layanan wordpress. Cukup gampang untuk melakukan instalasi wordpress ini . Setelah selesai melakukan instalasi, Saya mengunjungi alamat blog yang Saya bangun itu. Dan ternyata tidak jauh berbeda dengan wordpress.org. Perbedaan hanya terletak pada beberapa buah banner yang terpasang secara otomatis pada CMS wordpress ini.

Tidak seperti wordpress.com, layanan hypephp.com memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan banner Flash. Sehingga tingkat kostumisasi situs dengan menggunakan layanan ini lebih fleksibel. Bagi anda yang baru mengenal dunia hosting, sebaiknya menggunakan layanan ini sebelum akhirnya beranjak ke layanan komersil. Ilmu yang didapat pada layanan ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh layanan domain dan hosting yang berbayar.

Itulah sedikit informasi yang saya dalami mengenai layanan hyperphp ini. Kalau ada yang salah atau yang mau menambahkan, silahkan komentari. Semoga bermanfaat!

Tunggu apalagi! segera manfaatkan! Isaninside 2010.

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

12 Responses to “Layanan Domain dan Hosting Gratis.”

  1. Great post and a nice blog here.
    I’m about to bookmark you website.
    And here is my blog about Web Hosting.
    It pretty covers web hosting related stuff.

    Reply
  2. Berita bagus thu bro,,
    Tapi sayang, domain name-nya tetep aja panjang2…
    masih enak .co.cc (lebih pendek ^_^)

    Reply
    • to : erlangga

      Hehehehe bener banget, tapi sayang layanan hostingnya di lokasi yang berbeda.. tapi kalo ini tetap sama.. ada fasilitas Installer juga……..
      Iseng2 aj coba… mana tau dapet ilmu kan? hehehehe

      Reply
  3. Ow… baru lagi nih.. emang bener bro.. yg gratis emang paling asik ^__^

    Reply
  4. BELAJAR SEO PANDUAN BISNIS ONLINE 17/01/2011

    SERING ERROR PUNYA BYET HOST PADAHAL BAGUS BANGET FITURNYA

    Reply
  5. yuda 09/07/2011

    Assalamualaikum. wr. wb.
    mksih infonya bang. yuda bru buat web sendiri, rencananya mau d hosting utk uji coba. oh y ad sedikit yang mau ditanyakan. pada saat mendownload sesuatu misalnya aplikasi, kita di minta mengetikkan karakter yang tampak di gambar. itu tujuannya ap y bang? trus satu lagi, klw kita hosting d situs gratis, kan kita mengupload file situs sekaligus sama file databasenya, apa situs gratis yang kita pakai berwenang untuk membaca isi database dan program-program pembentuk situsnya? klw iya nanti di acak2 pula. hehe… maaf merepotkan bg. mksih.

    Reply
    • to: yuda

      Salam Yuda… Heheh baa kaba di Padang? Bilo wisuda?

      oh y ad sedikit yang mau ditanyakan. pada saat mendownload sesuatu misalnya aplikasi, kita di minta mengetikkan karakter yang tampak di gambar. itu tujuannya ap y bang? trus satu lagi

      Sebenarnya kode yang tersebut digunakan untuk mengidentifikasi apakah yang mengentri data tersebut adalah manusia, bukan robot. Karena di dunia virtual sekarang, segala sesuatu bisa dikerjakan oleh “robot” yang berperan sebagai agen, bisa jadi mereka mengirimkan atau memproses informasi dalam bentuk spam yang dibroadcast (disebarkan) ke semua blog atau web yang memiliki layanan komentar tanpa melalui verifikasi sejenis “captcha” firewall dan sebagainya. Coba aja nanti, menggunakan hosting sendiri [sejauh pengalaman abang yang berbayar] kalau tidak diproteksi, maka akan banyak komentar spam yang akan masuk.

      klw kita hosting d situs gratis, kan kita mengupload file situs sekaligus sama file databasenya, apa situs gratis yang kita pakai berwenang untuk membaca isi database dan program-program pembentuk situsnya? klw iya nanti di acak2 pula.

      Abang sebenarnya tidak terlalu paham dengan hal ini. Tapi menurut pendapat abang, seharusnya administrator server bisa mengakses database yang bercokol di server mereka. Sejauh yang saya ketahui [lagi], setiap admin server seharusnya tidak melakukan tindakan yang demikian. Selama abang menggunakan, insyaAllah tidak ada masalah yuda.

      Sementaro itu yang bisa abang jawab yuda, semoga bisa memberikan gambaran. Kalau ado pertanyaan baliak, silahkan ditanyakan.. Salam, and thx sudah berkunjung..

      Reply
  6. yuda 13/07/2011

    d padang baik-baik aj bang. cm agak stres mikirkan proyek akhir. hehe..
    mksih jwbnnya bg. sementr itu dl nnti yuda nanya lagi.

    Reply
  7. yuda 16/07/2011

    pg bang…
    ad sedikit keluhan ni bang. hehe
    sudah dua hari sejak daftar akun d hyperphp.com tapi belum di setujui juga akun tu. pdhl waktu menghostingnya mkin sempit. ad gak free web hosting lain selain situs tadi dan selain situs 000webhost yang lebih cepat meresponnya bg??

    thx…

    Reply
    • to : yuda

      Pakai se akun abang baa? tapi data yang lain jan diacak… oke? datanglah katampek abang bilo ado waktu.

      Reply

Tinggalkan komentar