Home » Artikel, Opini » Windows 7 on Aspire 4530

newdotnetSejak akhir januari 2010 saya memutuskan untuk menggunakan windows 7 sebagai sistem operasi standar yang saya gunakan untuk laptop aspire 4530 saya. Instalasi Windows 7 saya lakukan dengan menggunakan Flash Disk. Saudara Laki-laki saya sudah menyiapkan master tersebut di dalam Flash Disk miliknya.

Instalasi dengan menggunakan Flash Disk ini jauh lebih tenang jika dibandingankan dengan instalasi melalui optical drive. Penggunaan Flash disk ini sedikit meringkankan pekerjaan DVD RW Laptop Saya. Memang sejak beberapa bulan terakhir, DVD RW ini sudah mulai sakit-sakitan.
Beberapa menit menunggu, akhirnya proses instalasi selesai. Tugas saya selanjutnya adalah mengumpulkan driver-driver yang kompetibel dengan windows 7 ini. Dari hasil pengecekan yang saya lakukan, saya membutuhkan driver VGA Card Nvidia Geforce 9100M G. Selain itu saya juga menggunakan software terbaru dari realtek High Definition Audio, Agar pengaturan Sound laptop bisa dikostumisasi dengan mudah dan cepat.

Driver lain yang saya installkan adalah Synaptics Touchpad, Broadcom Bluetooth Driver dan driver card Reader.

Setelah semua driver saya installkan, saya melanjutkan ke instalasi Antivirus. Antivirus yang akan saya gunakan untuk windows 7 ini. Karena McAfee Enterprise 8.5i tidak bisa digunakan untuk Windows 7, maka saya memutuskan untuk menggunakan Avast Free Antivirus. Avast dapat di downloads langsung melalui situs Avast.com, atau gunakan google untuk memudahkan pencarian. Setelah selesai di installkan, antivirus ini saya registerkan secara online, cukup isi form dan sisipkan email, maka proses registrasi akan selesai. Sekarang saya tinggal melakukan update antivirus dan update engine dari Antivirus ini. Treng treneng… Selesai..

Akhirnya saya tinggal melakukan instalasi aplikasi yang saya butuhkan. Lumayan mudah dan menyenangkan. Dibandingkan dengan Win Vista, Win 7 jauh lebih cepat dan lebih menyenangkan. So apa salahnya mencoba Windows 7.. Kapan lagi?

Itulah sedikit langkah yang saya lakukan dalam melakukan instalasi windows 7 pada Aspire 4530 ini. Semoga bermanfaat

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk
Tags:

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

12 Responses to “Windows 7 on Aspire 4530”

  1. halu…

    sesama pengguna acer aspire 4530 ternyata :)
    ada trik apa brur selama menggunakan produk ini?

    Reply
  2. halu…

    tombol launcher-nya pada fungsi semua nda di windows 7?

    Reply
  3. halu…

    coi, kok nda da yang buat seri 4530?
    kalo bisa direct url bos tulis di sini…

    Reply
  4. halu…

    terima kasih url-nya. tapi kalo itu sih sudah coba :D
    cuma nda semua tombol berfungsi, kan cuma beberapa tombol launcher di software itu…

    Reply
    • to : adit

      hmmm begitu ya? kalo saya jalan semu kok, kecuali Empower, kan harus ada softwarenya juga.. untuk tombol lain kan bisa kita setting sendiri….

      Reply
  5. erwin 06/10/2010

    aq jg pke 4530, win7 emg ringan tp sgt tdk nyaman wkt maen game. Maen PES2009 msih ptah2, pdhl ud driver nvidia trbaru, dg resolusi terendah. tp dg winxp tidk ada masalah appun.

    Reply
    • to : erwin

      Hehehehehe, Saya seh bukan buat maen games mas.. Soalnya ga tega.. hehehehe. Malah klo pake xp memory 3 GB maksimal digunakan.. so saya teteap make Win 7 aja.. dual boot aja dengan Ubuntu.. Thx udah berkunjung, Salam.

      Reply
  6. Mas saya baru install ulang Aspire 4530 dengan win7 64bit, tapi touchpad nya sekarang ga berfungsi, saya harus cari drivernya kemana ya? Thx

    Reply

Tinggalkan komentar