Blue Screen Of Death Windows 7

newdotnetBeberapa hari menggunakan Windows 7 ternyata tidak senyaman yang saya harapkan. Saya menjumpai beberapa permasalahan yang sangat mendasar. Masalah-masalah ini sangat mengusik kerja saya pada saat menggunakan Laptop Aspire 4530 milik saya. Masalah-masalah ini muncul karena perubahan teknik penggunaan OS dan dari driver yang tidak kompetibel dengan sistem. Maklum, sebelumnya saya sangat lama menggunakan Windows XP. Walau Sistem Operasi Vista telah di realese, namun saya lebih cenderung menggunakan XP dibandingkan vista. Vista tidak begitu menarik bagi saya. Menarik bukan dalam desain dan tampilan (appearance), tetapi dalam kemudahan dan kecepatan penggunaan (performance).

Windows 7 baru saya gunakan setelah mendapat rekomendasi dari beberapa rekan dan termasuk saudara saya. Setelah dicoba, ternyata memang menarik dan sangat ringan. Menarik dari segi appearance dan ringan untuk performance-nya.

Kembali ke masalah….
Dialogs Box yang muncul pada saat menjalankan aplikasi sangat mengganggu bagi saya. Entah apa maksud dan tujuan Microsoft menciptakan cara aneh ini. Aneh karena Dialog box terkadang muncul pada saat melakukan instalasi atau membuka aplikasi. Menyebalkan memang.

Masalah lain yang sangat dan sangat menyebalkan datang dari Kata “Blue Screen” atau Layar Biru. Layar yang menjadi momok bagi saya. Masalah Blue Screen yang saya hadapi selalu berhubungan dengan “Dump Memory”. Hmmm.. untuk beberapa hari saya mencoba untuk bersabar menghadapi masalah ini. Saya beranggapan “mungkin Layar Biru bersifat Temporari, dengan kata lain tidak akan selalu terjadi”. Ternyata kesabaran saya hanya bertahan selama 2 minggu. Sialnya, anggapan itu ternyata meleset. Blue Screen atau Layar Biru selalu muncul dan bahkan muncul dalam rentang waktu tertentu. Seolah-olah terpogram dengan setingan waktu yang baik. Sial, Setiap 2,5 jam. laptop yang saya gunakan akan merestart dirinya sendiri secara otomatis dengan dibantu layar biru si penjagal ini. Hmmmm hebat, tanpa dikontrolpun Bisa restart sendiri.

Kekesalan saya memuncak setelah pengerjaan CD Multimedia Interaktif yang saya lakukan sering terhenti. Akhirnya saya tidak mau mengerjakannya lagi. Jengkel dengan keadaan ini, akhirnya saya memtuskan untuk Install Ulang! Saya beranggapan mungkin terdapat software yang mengganggu sistem dan menyebabkan Dumping memori dan memunculkan Layar Biru (Blue Screen).

Begadang semalam dan mengatur Instlasi dengan detil. ……… selesai.. Wah senang rasanya, akhirnya instalasi selesai. Laptop saya kembali dengan Windows 7 baru yang lebih fresh. Aplikasi yang saya installkan hanya yang penting-penting saja. “Mudah-mudahan aman” bisik saya di dalam hati.

Dan beberapa waktu kemudian……..
Malapetaka terjadi! 2-3 jam Laptop hidup, eh muncul lagi “Layar Biru Si Penjagal”. Sial-sial, kurang dididik…. Ternyata usaha saya sia-sia. Layar Biru ternayata musuh yang sangat besar! Sepertinya masalah ini perlu saya laporkan kepada Mbah. Mbah GOOGLE.. hahahahahahahah… (bangga).

Dengan bangga, saya lakukan pencarian kelemahan si Layar Biru ini. Si penjagal yang Kurang DIDIDIk. ………. enter…. Muncul beberapa informasi seputar “Layar Biru”, “Dump Memory”, dan “Windows 7”. Ternyata saya bukanlah satu-satunya korban dari Si layar Biru ini. Banyak user-user yang telah bertekuk lutut dengan Layar Biru Pada Windows 7. “ternyata saya punyak banyak teman!”

Di Google inilah Saya mengenal Istilah “BLUE SCREEN OF DEATH” yang melambangkan keangkuhan si layar biru. Nama besar yang menganggu. Di satu sisi saya bergumam “mungkin kata “BLUE SCREEN OF DEATH” cocok untuk nama band atau judul lagu dengan aliran Symphony Metal atau Lagu Gothic Metal. Hehehehehehehe.. Just Kidding.

Setelah mengunjungi beberapa blog, Situs dan beberapa forum diskusi saya mengasumsikan beberapa Hal!
hal pertama yang saya simpulkan adalah “Masalah Driver yang kompetibel, tapi tidak bekerja dengan baik. Sehingga berakibat tabrakan memori dan memunculkan BSOD (Blue Screen Of Death). Kedua, saya menganggap Driver-driver yang bermasalah adalah driver Audio dan Driver VGA Card.

Kedua anggapan itu berlaku sebelum saya menemui sebuah forum diskusi yang banyak membicarakan tentang si Layar Biru. Ternyata Kesimpulan akhirnya adalah “Driver VGA Card yang sesuai tapi tidak berjalan dengan baik”

Karena sudah mengetahui akar permasalahan, akhirnya saya melakukan Hunting Driver VGA Card Nvidia GeForce 9100M G. Sebelumnya saya sempat mendownloads driver Nvidia Langsung dari situs Resmi Nvidia dengan Upadte Terakhir. Setelah di Downloads, driver tersebut langsung saya installkan. Setelah sukses terinstall, Saya uji cobakan dengan mengaktifkan laptop selama 2-3 jam. Apa yang terjadi? Wah ternyata Layar Biru (BSOD) Masih aktif dan muncul kembali dengan gagah perkasa.

Kembali saya lakukan pencarian driver VGA ini. Akhirnya saya mendownloads langsung di Situs Acer pada Link Ini :

http://www.acer.com.au/acer/service.do;jsessionid=8D1C3F681A29853561D4C4BD055D9C92.public_a_14a?LanguageISOCtxParam=en&miu10einu24.current.attN2B2F2EEF=3112&sp=page15e&ctx2.c2att1=92&miu10ekcond13.attN2B2F2EEF=3112&CountryISOCtxParam=AU&ctx1.att21k=1&CRC=3559666452

Pilih jenis laptop dan pilih jenis Sistem Operasi, maka akan muncul beberapa link file yang siap di downloads.
Hingga tulisan ini saya turunkan, saya masih melakukan uji coba terhadap Driver VGA yang saya downloads Langsung dari situs resmi Acer ini. Mudah2an tidak terjadi masalah lagi, dan Layar Biru si Penjagal atau BLUE SCREEN OF DEATH dapat saya kalahkan. Semoga Saja.

Untuk nambah informasi, silahkan ikuti link ini :

http://forum.lytogame.com/showthread.php?p=151540

Isaninside-Maret 2010.

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Leave a Reply

21 thoughts on “Blue Screen Of Death Windows 7”

    1. To : dimas

      Sudah baca tulisan lanjutannya mas? hehehehe ada beberapa cara yang pernah saya lakukan untuk menanggulanginya.. Dan cara yang paling ampuh adalah beralih ke OS win 7 64 bit.. alhamdulillah sekarang udah aman.. ga ada masalah lagi.. 64 atau 32 bit tergantung hardware mendukung atau tidak mas.. Salam

  1. memory 2giga
    prosesor core i5
    speed prosessor 2.4ghz
    vga ati mobility radeon premium grapic 1 giga

    Hdd 500

    tapi kena blue screen of death juga
    jenis laptop compaq.
    seri cq42

    lalu.. gmn caranya biar tw kalo aku make windows seven 68 bit /32 bit??

    1. to : dewa

      Sepertinya Driver VGA nya tidak kompetibel deh.. Coba cek Windowsnya melalui “dxdiag”.. Tekan tbl bendera + r, lalu ketikkan “dxdiag”.. Thx

  2. Compaq CQ40 Win7 Ultimate x86
    Kalo dipakai untuk kerja, gak masalah, walau berjam-jam. Tapi kalo dicolokin modem Telk0m Fl@sh, mulai deh belagu. Kadang BSOD, kadang hang tapi lebih sering restart.
    Device Manager gak ada yang aneh. Gimana cara nge-check nya, ya.
    Thank’s infonya, bro.

    1. to Michael

      Waduh??? hehehehe gimana ya? hmmm gimana kalo OS nya diganti lagi aja mas? ganti ke win7 Ultimate laen.. atau gunakan Ultimate 64.. Terus terang saya juga belum tau solusi untuk masalah yang mas hadapi.. Tapi sejauh yang saya lakukan (menggunakan 64 bit), semuanya menjadi lebih nyaman dan ga ada masalah..

  3. maksudnya tidak kompetibel apa kk

    saya cek VGA saya
    direct 11
    ati mobillty radeon HD 5430
    ati display adapter
    internal dac(400hmz)
    1238

    Oh ia om
    saya kok nonton film gambarnya pecah2 ya
    ada solusi?

    1. to Dewa

      hmmm, bukan ga kompetibel maksudnya, heheheh maaf maaf.. Sepertinya ada bugs yang membuat driver itu tidak berjalan sebagaimana mestinya, terkadang terjadi masalah yang mengakibatkan dump memory.. Oiya, OS nya apa sih?

  4. Wah kalo masalah yang di atas kemungkinan windows 7 Build 7100
    Permasalahannya hampir mirip dengan kompter saya. Tiap 2 jam restart. Setelah autorestartnya aku matiin malah muncul blue screen tiap 2 jam.
    Sampe sekarang aku masih cari solusinya.
    Kalo ada yang punya solusinya tolong di posting dong!

  5. saya juga punya masalah BSOD yang dump memory,.. ni lagi hunting driver di website resmi leptop ane,.. compaq,.. moga2 ja bisa,.. keep posting mas,. hehe

  6. Gimana kelanjutannya bro? Beberapa waktu yang lalu saya jg mengalami blue screen makanya langsung cari solusi ke mbah google dan akhirnya ketemu dengan blog ini… Sekedar info hal ini pertama kali terjadi setelah saya menginstal windows 7 setelah sekian lama tidak pernah terjadi…

    1. to : bro eser

      Kahirnya saya ganti OS mas, saya pake yang Win 7 64 bit sekarang, dan alhamdulillah baik-baik saja sampai sekarang ini. Udah coba ganti ke master lainnya mas?

  7. sepertinya ini masalah kompatibilitas antara driver lapie (64 bit only, 32 bit only, atau 64/32 bit) dengan window 7 yang terinstall. saya sudah sering menginstall win7 pada lapie yang berbeda-beda merek dan belum menemukan masalah apapun karena suka dilihat dulu driver bawaan lapie tsb apakah support 64 bit only, 32 bit only, atau 64/32 bit. semoga membantu.

  8. mas, klo punya saya… abis docolokin USB modem huawei e303 musti dan sering nge dump… masalahnya menopo nggeh…

    1. to : Eko

      Secara pasti saya tidak tau apa masalahnya mas, tapi berdasarkan pengalaman saya, mungkin driver usb-nya tidak berjalan dengan baik saat menggunakan modem tersebut. Apa sudah coba mengganti dengan OS lainkah?

      1. usb modem saya plug n gooo Om… tapi setelah saya otak atik, alhamdulillah sampai saat ini g Blue sreen lagi aku jg ga tau knp bisa…

        1. to : bima

          Ya mas saya setuju, PnP, untuk device seperti itu tetap saja melakukan instalasi driver yang dilakukan secara otomatis oleh windows. Bisa langsung jalan jika memanfaatkan driver generic mas.. Salam..