Ubuntu Ultimate Edition 2.4

Kamaren saya berhasil mendapatkan Master Ubuntu Ultimate 2.4 (versi 9.10). Setelah master itu saya CD-kan, saya lanjutkan dengan instalasi ke Laptop kesayangan Saya. Hasilnya dapat dibaca pada review berikut ini…

  1. Ubuntu Ultimate 2.4 memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Ubuntu biasa, karena pada Ubuntu ultimate, sudah tersedia berbagi aplikasi dan codec2 yang dapat digunakan langsung, tanpa harus diupdate terlebih dahulu, contoh, aplikasi multimedia, office, accesories, Compiz dan lain sebagainya telah terinstalasi langsung jika sukses melakukan instalasi Ubuntu Ultimate ini. Kalo pada Ubuntu 9.10 kita harus melakukan update codec agar bisa memutar file mp3, sedangkan pada Ultimate itu tidak perlu lagi dilakukan.
  2. Untuk Laptop saya (Aspire 4530) sebagian besar driver telah terintalasi dengan baik, kecuali graphics card (dalam hal ini saya menggunakan Nvidia). Dengan demikian saya hanya membutuhkan instalasi driver Nvidia. Caranya telah saya tulis pada postingan sebelumnya.
  3. Bagi Anda yang sangat tertarik dengan tampilan theme, style dan visual effect ubuntu, Ubuntu Ultimate sangat tepat anda gunakan. Karena setelah instalasi Ubuntu Ultimate, semua layanan dan fasilitas itu telah tersedia. tanpa harus diupadate terlebih dahulu.
  4. Jika anda menggunakan partisi linux dibawah10 GB, disarankan untuk menambah kapasitas tersebut, karena Ubuntu Ultimate membutuhkan hampir 7,9 Gb harddisk untuk instalasinya. Sekarang saya terkendala dengan proses Update Ubuntu Ultimate ini, karena Partisi linux yang saya gunakan hanya sebesar 10 GB, dan ternyata kebutuhan update melebihi kapasitas ini. Setelah saya tinjau,  terdapat beberapa Instalasi Theme Ubuntu Ultimate dengan kapasitas yang lumayan besar. Untuk menanggulanginya, sementara instalasi theme Ultimate saya pending dulu..
  5. Secara keseluruhan, saya puas dengan Ubuntu Ultimate 2.4 Ini. Sekarang saya telah menkostumisasi tampilan dan menerapkan beberapa Effect yang Wah Wah dan sangat Wah..

Itulah sedikit Review saya terhadap Ubuntu Ultimate 2.4 ini. Sangat menarik untuk diterapkan…

isaninside-2010

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Leave a Reply

12 thoughts on “Ubuntu Ultimate Edition 2.4”

  1. saya sudah memeasang UBUNTU 9.10, dengan CD langsung dari Shipit Canonical-nya, ada banyak masalah nih driver belum bisa terdeteksi dan saya juga ingin koneksi internet dengan Smart Haier d2100 gimana caranya ya? bantu dong, thank

    1. to : pak imam

      Bapak menggunakan laptop atau komputer apa pak? terkadang memang ada beberapa driver yang masih belum terdeteksi oleh ubuntu, dan kita harus melakukan instalasi secara manual.. Coba cari drivernya pak, gunakan Windows untuk melihat jenis perangkat keras yang terpasang dikomputer atau laptop bapak. Gunakan Software everest untuk melihat jenis hardware yang bapak gunakan secara detil, thx sudah berkunjung

  2. Saya coba dari booting trus ta pilih yang try or instal… setelah masuk kok ditanyai user + password, ta coba dengan mengisi root dua-duanya (usr+passwd) kok ga bisa ya, minta tolong dong…..! Terima kasih banyak ya untuk jawabannya…:D

    1. to : Alfa

      Wah wah, kalo user dan pas kan ditanya pas sebelum proses install.. Saya masukan user dan passnya disana.. Hmmmm saya belum tau solusinya untuk maslah itu.. Install lagi aja gimana?

  3. salam mas ihsan mau tau banyak neh tntang ubuntu ue.
    sy bru instal buntu ue.dan sy msh sngat buta tntang linux.terutama tntang instalasi driver-driver device nya,oya sy pke acer 4736.dan jg ad ga website indo yg membrikan pnduan blajar linux khsusnya ubuntu ue.
    sbelumnya sy hturkan bnyak trimaksh

    1. to : ahmad

      Salam Mas, sebenarnya antara ubuntu UE dan Ubuntu biasa sama mas. Kelebihan UE terletak pada komponen-komponen dan aplikasi lain yang telah disertakan langsung di dalam masternya. Artinya untuk ubuntu biasa bisa jadi aplikasi itu belum diinstallkan. Mengenai cara menginstall driver, semuanya lebih mudah dilakukan secara online, dan akses dilakukan melalui terminal. Website banyak kok yang memberikan tutor tentang itu, apalgi forum diskusi, banyak sekali, rajin-rajin aja mengutak-atik mas, dari sana banyak pengalaman dan mungkin banyak kegagalan yang siap dikonversi menjadi pengalaman dan bahkan pengetahuan yang baru. Mas bisa mengunjungi forum : seperti ini : http://opensource.telkomspeedy.com/forum/index.php. Mungkin itu dulu yang bisa saya share mas, kalau ada pertanyaan lagi silahkan mas.. thanks kunjungannya..