Membuat dan Mendesian Banner

banner-isaninside-blue-smallBanner adalah salah satu properti yang sangat bermanfaat dalam mempercantik tampilan suatu blog atau website. Banner juga dapat digunakan sebagai media promosi sebuah perusahaan melalui dunia maya.

Kehebatan suatu banner juga terkait dengan desain banner itu sendiri. Banner yang didesain menarik, akan dapat mengundang pengunjung untuk mengikutinya. Sehingga desain juga merupakan salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan suatu banner untuk mengundang pengunjung, minimal mengapresiasinya.

Terkait dengan desain banner tersebut, saya pernah mencoba untuk membuat membuat banner semenarik mungkin. Namun sayang, level banner saya itu tidak terlalu bagus, bahkan sangat pas-pasan (menurut penilaian saya). Tetapi dengan banner yang pas-pasan itu, saya akan menjadi termotivasi untuk selalu berkarya.  Saya akan selalu mencoba membuat banner yang lebih bagus lagi. Intinya selalu mencoba dan mencoba.

Kemampuan mendesain banner sangat erat hubungannya dengan desain grafis. Mungkin anak-anak DKV lebih tau dengan kondisi ini. Tapi alangkah baiknya jika saya mencoba membagi beberapa pengalaman saya dalam membangun sebuah banner di dalam blog ini.

Sedikit pengalaman saya.

  1. Desain banner dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi desain grafis. Aplikasi tersebut antara lain Ulead Gif Animator, Swish Max, Macromedia Flash (Adobe Flash Latest Version), dan mungkin Adobe Photosop (Khusus Banner Statis).
  2. Aplikasi Ulead Gif Animator dapat digunakan untuk membuat banner dengan jenis file *.gif.
  3. Swish Max dapat digunakan untuk membuat banner Flash secara instan, kerena beberapa animasi transisi telah terpaket di dalam aplikasi ini.
  4. Macromedia Flash dapat dimanfaatkan untuk membuat banner yang sangat dinamis. Baik desain dan tranisisi dapat dimaksimalkan dengan menggunakan aplikasi ini. Kemampuan minimal yang harus dimiliki dalam menggunakan apliaksi ini adalah : kemampuan membuat transisi baik motion atau tween, kemampuan membangun dan membedakan Movie Clip, Button dan Graphics, dan kemampuan menggunakan action script sederhana.
  5. Desain banner dengan Adobe Photosop akan sangat berharga jika memiliki kemampuan yang lebih dalam aplikasi ini. Banner statis yang didesain sedemikian rupa akan lebih baik dibandingkan dengan desain banner dinamis yang amburadul dan semau gue.
  6. Kemampuan mengkombinasikan warna akan sangat berharga dalam membuat banner yang menarik. Sehingga kesan amburadul (bagi pemula) suatu banner dapat diminimalisir. Jika belum memiliki pengetahuan yang baik tentang kombinasi warna, gunakanlah selalu warna yang memiliki kekerabatan dekat, seperti warna turunan dari warna utama yang digunakan.
  7. Ingat! Banner yang di desain diperuntukan bagi pengunjung. Jangan memaksakan EGO sendiri dalam mendesain banner ini. Buatlah banner yang friendly dengan pengunjung kalau memang diperuntukkan untuk pengunjung.
  8. Selalu terbuka bagi komentar-komentar tentang desain yang dibangun. Karena ini akan menjadi koreksi bagi desainer dalam membangun sebuah banner. Filter komentar itu dan selalu tempatkan komentar itu pada posisinya. Apakah komentar tersebut membangun atau tidak? Silahkan dijawab!
  9. Eksplorasilah banner-banner yang ada di dunia maya. Ini akan membangkitkan ide dalam mendesian. Sehingga dapat mecerahkan pikiran anda dalam mendesian. Dalam hal ini saya telah mengumpulkan ratusan banner Flash yang bertebaran di dunia maya. Dengan bantuan “Penelusuran Lanjut” om Google, saya berhasil mendownloads banner-banner tersebut sepuas-puasnya.
  10. IDE DESAIN. Bagi saya, ide desain ini sangat berharga. Kemampuan dalam menggunakan berbagai macam aplikasi tidak akan berharga jika tidak memiliki IDE. Nah, jika ide muncul, segerakanlah merealisasikannya!

Itulah sedikit pengalaman yang saya miliki dalam mendesain sebuah banner di dalam blog ini. Kalau ada yang kurang tepat, mohon dikoreksi. Mari kita diskusikan. Lets Share!

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Leave a Reply