Home » Opini, Tips dan Trik, Tutorial » Ubuntu 9.10 Netbook Remix di Aspire 4530

Alhamdulillahhirrabil’alamin, tidak sia-sia semua ilmu yang pernah saya pelajari pada saat melakukan instalasi Ubuntu 8.10 dulu. Dengan bermodalkan instalasi ubuntu 8.10, saya berhasil melakukan instalasi Ubuntu 9.10 Netbook Remix di Laptop Aspire 4530 milik saya. Sangat berbeda dengan perjalanan instalasi Ubuntu 8.10 yang saya gunakan sebelumnya. Secara umum, proses instalasi yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan proses instalasi 8.10. Karena partisi linux telah diatur (pada saat 8.10), maka kondisi ini sangat memudahkan saya untuk melakukan instalasi 9.10.

Beberapa hal yang menarik untuk saya publikasikan ketika melakukan instalasi Ubuntu 9.10 ini adalah sebagai berikut :

  1. Tampilan yang sangat menawan terdapat pada versi 9.10 ini. Animasi Loading Destop Ubuntu 9.10 ini membuat saya terkesima. Kalo tidak percaya, instalin aja di komputer atau laptop kamu!
  2. Tampilan destop berbeda dibandingkan dengan 8.10. Tampilan ini mungkin lebih mirip dengan versi 9.04 (kata orang gitu). tapi versi 9.04 belum sempat saya coba :-(, dan sepertinya tidak bakal saya cobain.. hahahaha.
  3. Dari segi driver (Aspire 4530), hmmm mantap banget, jempol deh… Wifi, Ethernet, Bluetooth, Sound, dan card reader semuanya sudah terintegrasi. Untuk VGA sebenarnya juga sudah, tapi sayang masih sedikit lelet, dan saran dari beberapa pengguna VGA Nvidia, sebaiknya menggunakan driver ini : NVIDIA-Linux-x86-185.18.36-pkg1.run. Cara install : a. Downloads driver, b. tempatkan driver di dalam direktori home/(nama-account-anda), c. remove dulu driver sebelumnya dengan membuka terminal dan ketikan : sudo apt-get remove nvidia*, d. setelah proses remove selseai, ketikan : sudo /etc/init.d/gdm stop, maka akan terbuka terminal baru. e. lanjutkan dengan mengetik : sudo sh NVIDIA-Linux-x86-185.18.36-pkg1.run, teruskan langkah ini dengan memilih Yes, OK, Accept (seperti install program di windows). f. setelah instalasi complete, lanjutkan dengan mengetikan : sudo /etc/init.d/gdm start atau merestart laptop. Terinstall deh…. hasilnya…. waaaah kenceng men….
  4. menu.lst kemana ya? waaah ini dia, ternyata file ini tidak ada pada versi 9.10 ini. File menu.lst diganti ke file grub.cfg. Untuk mendapatkan informasi, akhirnya saya googling, dan menemukan beberapa informasi mengenai GRUB ini. Hasilnya : FILE GRUB INI KAGA BISA DI APA2IN.. waaah cilakas (celaka), Tapi ada beberapa blogger yang mengatakan kali grub.cfg bisa di edit dengan mengganti CHMOD-nya.. Lah setelah saya coba, ternyata muncul pesan yang mengatakan kaga bisa diubah, huh…. Sebenarnya ada jalan yang telah ditulis oleh salah seorang master linux dan langkahnya lumayan panjang.. wah, ditunda dulu deh modifikasi grub ini. Biar apa adanya aja dulu..
  5. Hmm selanjutnya saya melakukan eksplorasi ke bagian-bagian software dan modifikasi.. Wah sangat mudah ternyata. Pada versi 9.10 ini terjadi peningakatan teknik instalasi software dengan menggunakan UBUNTU SOFTWARE CENTER. Nah semua kebutuhan software tersedia di sini, dan itu dapat dimanfaatkan secara free.. enak banget jadinya.. tinggal konek internet, klik, tuggu dannnnn terinstall deh… wah sangat memudahkan..
  6. Secara keseluruhan saya senang dan bahagia setelah sukses melakukan instalasi dan madifikasi Ubuntu 9.10 Netbook Remix ini. Mantap dan jempol abisssssss..

Nah itulah pengalaman saya ketika melakukan instalasi ubuntu 9.10 ini. Mudah-mudahan bermanfaat untuk pengunjung sekalian… Wassalam-isaninside

sumber bantuan :

http://rumahshare.wordpress.com/2009/09/08/install-vga-nvidia-di-ubuntu-9-04/

http://pakeklinux.wordpress.com/2009/11/01/with-pic-review-ubuntu-9-10-karmic-koala-stable-release/

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

10 Responses to “Ubuntu 9.10 Netbook Remix di Aspire 4530”

  1. hhihihihihi… ^^
    Sip! btw, knapa install yang netbook remiX??

    Reply
  2. Wah, kurang tau juga ya bedanya.. soalnya belum pernah make itu di 4530. hehe.. Tapi..

    Ubuntu Netbook Remix is optimised to run on a new category of affordable Internet-centric devices called netbooks. It includes a new consumer-friendly interface that allows users to quickly and easily get on-line and use their favourite applications. This interface is optimised for a retail sales environment.

    dan

    All of the initial Ubuntu Netbook remixes combine optimisations from the Moblin project for Intel® Atom™ processors and it is specially designed for netbooks. Intel and Canonical are working to create a new computing experience across a rapidly expanding category of portable devices.

    Tapi meskipun gitu, saya belum bisa bilang kalo yang netbook remix kurang pas soalnya saya belum pernah coba juga.. hehehe ^^

    Ubuntu Netbook Remix

    Reply
  3. Wah… kerenz…. Bang… Tp kaya’nya Ubuntu Netbook Remix emang lebih cocok untuk netbook yg tampilan iconnya lbh besar. Saran nih utk Acer Aspire 4530 lebih cocok Ubuntu Ultimate Edition Gamer cuma dr situsnya blm rilis yg terbaru. Saya blm s4 cobain Ubuntu 9.10 cz keasyikan ngutak-ngatik hackintosh skrng… udah lumayan sempurna hackintosh-ku ^_^ Buat share kita punya komunitas lho itu tu… ELCO (Electronics Linux Community)
    Milist-nya elco-unp@googlegroup.com atau lngsng aja ke alamatnya http://groups.google.com/group/elco-unp
    Facebooknya jg ada search aja “ELCO UNP”
    Blognya msh d perbaiki
    http://elcounp.wordress.com
    Lets share…..

    Isaninside says :
    Sepertinya benar.. sebaiknya untuk 4530 jangn pake netbook remix y.. saya juga baru ngrespon setelah komentar budi.. Mungkin dalam waktu dekat saya ganti ke 9.10 desktop, lagi lumayan sibuk sekarang.. Ubuntu Ultimate Edition Gamer? wah menarik ini.. kamu tau link-nya ga? klo ada share ya… biar sya downloads.. tapi saya kurang prefer ke gaming sekarang.. Ga masalah untuk dicoba..

    Hackintosh gmn? ok ga? aplikasi desain apa aj yang bisa dimainkan dsana? Setau saya flash bisa kan? Berapa kapasitas total hdd yang terpakai utk OS ini? klo bisa total setelah di oprek sekalian.. Brapa kapasitas HDD-nya? Thx buat infonya..
    Elco udah pernah saya liat pamfletnya di kampus.. Apa aja yang dibicarakan di sana? Ketuanya siapa? dosen pembimbing ada ga? klo ada siapa?
    Sukses deh buat elco.. klo bisa rekan-rekan anggota elco menuliskan semua pengetahuan yang didapatkan setelah ngoprek LINUX-nya.. lalu posting di blog elco.. nanti anak-anak elco akan semakin terkenal dengan sendirinya.. Mulai dari yang kecil2.. OK.. Sukses selalu dan terima kasih banyak..

    Reply
  4. wah bagus..saya juga sudah mulai pake ubuntu 9.10 .lebih enak,,
    nice info =)

    Reply
  5. prast 21/11/2009

    untuk mengubah grub, bisa dicoba download startup manager dari ubuntu software center.

    Isaninside Says :
    Wah makasih banyak mas.. nanti saya coba di Ubuntu Software Center.. Kalo ada masalah, akan saya tanyakan melalui email..

    Reply
  6. permisi …
    numpang tanya …
    kantor pos dimana yaa … ??
    *haha, salah tanya …

    begini, saya juga pake UNR 9.10 di aspire one 3G …
    tapi modem internal saya ga detect …
    sebelumnya saya pake 9.04 malah ga detect sama sekali …
    nah yang di 9.10 ini, kadang detect kadang ga, tapi ya tetap ga bisa dipake mobile broadband nya, ga tau knp …

    netbook acer aspire one AOA 150 3G
    modem internal nya qualcomm
    internet connection pake indosatm2
    wvdial sudah diinstal
    konfigurasi wvdialconf sudah disetting (nyari di google)

    mungkin mas nya tau … ?? hehee,
    ata mungkin ada solusi … ?? makasih,

    Reply
  7. mas boz mau tanya,
    seting wifi di 4520 pke ubuntu 9.10
    bagimana?kok lepptop q blelum kalan wifinya ya,mohon penjelasan lebih lanjut,dan tolong dibalas?ok mas terimaksih….

    Reply
    • to : arepsmart

      Udah dicek driver wifinya? coba cek jenis Hardware untuk wifinya..
      Kmungkinan driver wifi laptopnya belum terinstall atau terupdate mas.. coba lakukan instalasi driver melalui koneksi LAN.. Kalo bisa pke speedy aj.. Install secara manual bisa asalkan driver wifi untuk ubuntunya sudah mas miliki di dalam laptopnya..
      Saya biasanya belajar melalui forum2 dan search di gogel mas.. Coba bergabung ke salah satu forum ubuntu contoh : http://ubuntuforums.org/
      atau ini : http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbthreads.php
      Itu dulu yang bisa saya jawab, kalo ada kurang puas masri kita diskusikan…

      Reply
  8. Bang udah ada nih link terbaru Ubuntu Ultimate tapi gak tau udah keluar belum yang versi Gamernya http://ultimateedition.info/
    Untuk Hackintosh lumayan ringan untuk Desain grafis, saya make’ Adobe Photoshop CS4 yang sebelumnya di Windows 7 Fitur 3Dnya tidak mau aktif alasannya Video Card not support tapi pas dicoba yang versi Mac OS X fitur 3Dnya bisa aktif. Klo untuk install banyak program 30 GB terasa kurang Bang….

    Reply
    • to : erdie

      Wah thx, saya lagi downloads ubuntu gamer edition itu.. pnasaran juga, pengen nyoba.. udah coba yang ultimate ini? apa bedanya? Klo hackintosh ada masternya? dimana saya dapatkan?

      Reply

Tinggalkan komentar