Home » Activities, Tips dan Trik, Tutorial, WordPress » HP Warisan = WordPress Mobile, Why Not?

Akhirnya sukses juga….

newdotnetTanggal 30 November 2009 (tengah hari) saya sempat berkelana ke kabupaten Solok. Peran saya dalam perkelanaan itu (cieee bahasanya??? nak matiii) sebagai seorang DRIVER. Kalau di indon (Maling says) berarti SUPIR. Tapi jangan salah sangka dulu, belum selesai.. Sopir Bapak saya. hehehe emang anak yang berbakti.

Nah, selama menunggu kegiatan si Boss (bapak saya), saya menyempatkan diri untuk OL via HP..

OL = online

HP = Handphone

OL dan HP Memang perpaduan yang sangat romantis dikala itu.

Sedikit info, HP yang saya gunakan untuk OL adalah warisan Abang saya Mr. Udl (u_myth id ym-nya). Sebelumnya saya menggunakan jenis HP yang sangat luar biasa kuat , udah dibanting sana-sini oleh si Adit (anak Bang Ed/abang #1), tapi HP itu tetep aja jalan.. Emang bandel banget.. Sampe-sampe malah bandel untuk hidup.. hehehe.. Tapi akhirnya fix lagi kok.. HP itu adalah 6600 yang sudah diwariskan dua level hingga saya menggunakannya sampai sekarang (im3 sim).

Sekarang kita beralih ke HP warisan Mr. Udl. HP ini berjenis Nokia Seri E^!i. Diwariskan bukan karena rusak kecebur di air atau semua yang (-), akan tetapi karena Mr. Udl kepincut dengan Smartphone merek DOPOD. Harga Smartphone itu sangat murah dan dibeli melalui internet. Makanya Nokia E ini di tendang dan diwariskan kepada Isaninside. Dan Isaninside menyanggupinya dengan ALHAMDULILLAH.. masih ada yang berbelas kasihan dengan pengangguran ini.. hiks hiks… jadi terharu..

Sejak mendapat HP warisan itu, saya memulai Era Baru “Teknologi Mobile”. Walaupun sedikit telat,  prinsip “Selalu ada Waktu untuk Belajar dan Tidak ada Kata Terlambat” membuat saya semakin termotivasi untuk menerapkan teknologi ini. Hingga mengantarkan saya ke teknologi WordPress Mobile.

WordPress Mobile saya kenali ketika asyik browsing dengan menggunakan Opera Mini di HP Warisan itu. Link http://m.facebook.com membuat saya semakin termotivasi untuk menerapkan mobile blog pada blog ini. Minimal untuk akses dulu. Akhirnya saya meminta petuah ke mbah Gogel. Dan….. mbah gugel menjawab dengan segudang cerita dan pengalaman para WordPresser senior yang telah menerapkan WordPress Mobile pada blog mereka.

Setelah dibaca dan didalami, akhirnya saya menemukan Link Plugins WordPress Mobile. Link itu adalah :

Plugins pertama yang saya praktekan adalah wordpress-mobile-plugin.zip. Setelah saya lakukan instalasi, terdapat beberapa masalah yang mengakibatkan kacaunya konstruksi Blog saya. Akhirnya Plugins ini saya delete dan semua file yang berhubungan dengan Plugins itu saya hapus melalui Cpanel.

Selanjutnya saya mencoba Plugins kedua wordpress-mobile-edition.3.1.zip. Setelah saya lakukan instalasi, muncul informasi yang mengatakan bahwa plugins ini gagal diinstalkan. Sedikit kesal, saya mencoba menelusuri teknik instalasinya melalui link ini : http://alexking.org/projects/wordpress/readme?project=wordpress-mobile-edition. Di sinilah saya dapat solusinya. Isi dari informasi pada link tersebut adalah :

Installation

  1. Drop the wp-mobile.php file in your wp-content/plugins directory
  2. Drop the carrington-mobile-(version #) directory in your wp-content/themes directory
  3. Click the ‘Activate’ link for WordPress Mobile Edition on your Plugins page (in the WordPress admin interface.

Setelah mengikuti instruksi tersebut di atas, akhirnya saya berhasil melakukan instalasi plus memodifikasi footer tampilan Mobile dari http://isaninside.net.

Dengan demikian, para pengguna Mobile yang terakses ke internet dapat melihat dan mengunjungi blog pribadi saya ini melalui HP anda. Ingat Alamat yang dituju TIDAK “http://m.isaninside.net”, TETAPI TETAP “http://isaninside.net”. Hal ini terjadi karena dengan plugins tersebut, semua pengunjung yang menggunakan Mobile Phone akan diarahkan ke tampilan wordpress mobile blog. Nah itulah pengalaman saya.. Mau berbagi? silahkan berkomentar bye bye..

isaninside-2009

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

2 Responses to “HP Warisan = WordPress Mobile, Why Not?”

  1. sang pewaris 02/12/2009

    ha ha ha ha ha ha ha…

    Reply
  2. Hahhahaha…… Lucu juga kisahnya bos..
    Tapi sangat bermakna……

    Reply

Tinggalkan komentar