Home » Tips dan Trik, Tutorial, WordPress » Mengatur Permalink (Permanent Link) pada WordPress

Pengaturan permalink sangat membantu para pemilik Blog untuk meningkatkan traffik blog yang mereka miliki (For Self Hosted). Permalink diartikan sebagai alamat URL atau link permanen untuk sebuah postingan yang terdapat di sebuah blog. WordPress telah menyediakan fasilitas untuk pengaturan Permalink ini. Kita bisa memilih beberapa tipe permalink yang telah disediakan oleh WordPress.

Bagi pemula (termasuk saya) pengaturan permalink sangat membantu  untuk mengenali alamat (URL) tulisan atau postingan tertentu. Keadaan ini akan sangat membantu ketika kita ingin mereferensikan  tulisan yang kita posting kepada pengunjung ataupun kepada forum diskusi.

Jika Permalink blog WordPress yang kita gunakan tidak di atur, maka alamat URL yang akan muncul tidak biasa dan susah dikenali. URL seperti ini dianggap tidak “Search Engine Friendly”. URL tersebut akan tampil dalam bentuk script yang menunjuk ke isi attribut database, seperti berikut : http://isaninside.net/ps=6. Susah dikenali berdasarkan URL-nya. Apa perbedaannya setelah Permalink-nya diatur? barangkali jawabannya adalah sebagai berikut.

Jika Permalink telah di atur, maka URL tersebut akan berubah menjadi “http://isaninside.net/2009/05/suka-duka-ppl.htm

Oleh sebab itu, dalam tulisan ini Saya akan menjelaskan sedikit cara yang dilakukan dalam  mengatur permalink pada blog wordpress. Silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

  • Buka halaman admin Blog wordpress anda. Pilih Bagian “Settings > Permalink“. Seperti gambar berikut ini.

12

  • Maka akan muncul jendela settingan permalink seperti berikut ini.

22

  • Terdapat 5 pilihan jenis permalink yang dapat digunakan. Pilihan kelima (Custom Structure) merupakan pilihan modifikasi permalink kostumisasi sesuai dengan keinginan sendiri. Untuk contoh, ini Saya menggunakan pilihan kelima.
  • Pilihan kelima ini adalah hasil modifikasi dari pilihan “Month and Name” ditambah dengan menyisipkan tulisan “.htm” di akhir script tersebut. Sehingga URL postingan akan memunculkan jenis ekstensi file *.htm. Contoh : “http://isaninside.net/2009/05/mebangun-website-instansi.htm

Itulah sedikit cara yang dapat digunakan dalam mengubah Permalink Blog WordPress (Self Hosted) yang kita gunakan. Semoga bermanfaat. Isaninside2009

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

8 Responses to “Mengatur Permalink (Permanent Link) pada WordPress”

  1. Masalahnya bro, pada beberapa webhosting hal tersebut tidak bisa langsung dilakukan karena dalam direktory FTP kita file .htaccess tidak rewritable dan bahkan tidak ada karena justru file .htaccess inilah yang menjadi shell dalam pengaturan permalink sehingga kalau hal tersebut dilakukan maka wordpress akan memberikan peringatan bahwa file .htaccess kita harus rewritable dahulu. Caranya ya cari file .htaccess di public_html dan ubah chmode jadi 777.

    Kalau tidak ada file htaccesss nya buat dengan notepad dengan terlebih memasukan kode yang telah disediakan wordpress di http://codex.wordpress.org (tergantung modifikasi pilihan kita) dan simpan dengan nama lengkap .htaccess dan sebaiknya gunakan format ASCII.

    hihi….

    Reply
    • To Dion

      Benar sekali, dalam beberapa server hostingan, akan bermasalah setalah diaktifkan (broken Link). Ini biasa terjadi pada layanan 000webhost yang gratisan.. Caranya dapat dilakukan dengan mengubah chmod pada fille manager setver kita. Ganti menjadi rewriteble untuk htaccesnya..
      Selain itu maslah lainnya terjadi pada proses upload.. cara yang sama dapat dilakukan dengan memodifikasi Chmod Folder Uploadnya…
      Thx infonya Dion…

      Reply
  2. Great posting……kebeneran ada artikel yang berkaitan dengan ini di blog saya.

    Barangkali bisa buat referensi….
    Salam kenal az dariku…
    Kalo berkenan dan masih ada tempat buat saya..
    Mohon izin titip link saya di blogroll..
    Agar bisa saling berbagi….

    Terima Kasih

    Reply
  3. hallu…bagus tutorialnya, tapi kok singkat banget ya…,dan masalah .htaccess seharusnya di kupas lebih dalam, soalnya permalink sangat susah gantinya (bagi saya yg newbie). tukeran link ya…biar kita saling mengunjungi dan mempererat tali silaturrahmi…makasih.

    Reply
    • To : dina

      Salam kenal dina
      Untuk .co.cc memang pengaturan permalink menimbulkan efek broken Link.. Keadaan itu sangat berbeda dengan domain dn hosting yang kita beli.. Saya juga sudah pernah ngutak-atik htaccess di domain .co.cc, tapi masih gagal.. mohon maaf saya belum dapat membantu… Trims buat kunjungannya

      Reply
  4. Jadi untuk co cc gak bisa diubah permalink nya ya? Saya juga br bikim blog wp dan hosting di byethost n domain co cc ,tapi tiap postinganya tetap memakai yg byethost . .Mohon penjelasannya

    Reply
    • to : nyoman suka

      Seharusnya bisa mas, asal htaccesnya dimodifikasi, banyak juga blogger yang berhasil mengaktifkannya di co.cc, tapi hehehe saya belum sukses sampe sekarang..
      hmmm berarti domain di co.cc ya? dan hostingnya di byethost… Nah maksud tiap postingan tetep make byethost maksudnya apa mas? maaf saya kurang ngerti mas..

      Reply

Tinggalkan komentar