Home » Tips dan Trik, Tutorial, WordPress » Instalasi Plugin Pada WordPress

isaninsidedotnetPlugin di artikan sebagai fitur dan fasiltas tambahan yang dapat membantu dan mempercantik tampilan Blog WordPress. Plug in hanya bisa digunakan bagi pengguna wordpress yang telah menggunakan jasa hosting Sendiri (baik gratis ataupun berbayar), tidak pada blog dengan subdomain WordPress (seperti : http://isaninside.wordpress.com).

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan langkah-langkah instalasi sebuah plugin kedalam engine Blog  WordPress. Langkah ini dapat dilakukan secara Localhost ataupun Online (terkoneksi ke internet).

Langkah-langkah Instalasi Plugin dapat dilihat pada list berikut ini.

  • Download Plug in yang akan digunakan di Link berikut ini : http://wordpress.org/extend/plugins/. Tentukan lokasi hasil download  tersebut. Plug in tersebut dipaketkan dalam bentuk *.zip.
  • Buka halaman admin Blog wordpress anda. Lalu klik bagian Plugins pada sidebar kiri halaman admin. Seperti berikut ini.

13

  • Lanjutkan dengan mengklik “Add New” Pada box Plugins di atas. Maka akan Muncul halaman berikut ini.

23

  • Klik Browse untuk memilih plugins hasil downloads yang akan di installkan. Browse-lah folder hasil downloads plugin yang telah anda downloads di http://wordpress.org/extend/plugins/. Perhatikan Gambar

31

  • Klik Open untuk menyelesaikan proses pengambilan file Plugins. Selanjutnya akan muncul jendela seperti berikut ini.

41

  • Lanjutkan dengan mengklik tombol Install, maka proses instalasi akan berjalan secara otomatis. Proses instalasi akan berakhir jika muncul jendela seperti berikut ini.

51

Jendela di atas menginformasikan bahwa proses instalasi plug in sukses di lakukan.

  • Pada jendela tersebut muncul pilihan untuk mengaktifkan plugin (“Activate Plugin“). Klik tuliasn tersebut maka, plugin telah aktif di daftar plugin yang digunakan. Untuk meilhat semua Plugin yang digunakan baik aktif dan non aktif dapat dilihat di jendela “Installed” (akses Plugins > Installed)berikut ini.

61

Dengan demikian Proses instalasi Plug in telah selesai dilakukan. Selanjunya lakukanlah penyetingan terhadap plug in yang akan anda gunakan. Akses setingan plugins dapat dilihat di bagian “Settings” halaman admin.

Gampang Bukan? silahkan kembangkan dan jangan lupa untuk berbagi. Isaninside2009

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

6 Responses to “Instalasi Plugin Pada WordPress”

  1. assalamu’alaikum.
    makasih ilmunya cuma masih bingung nimas. Kok tampilannya yang untuk contoh kok berbeda, punya saya ketika masuk admin kok ndak ada plugin nya. Terus gimana cara update ke wordpress yang terbaru.
    mas kalau mau jelasin juga ni cara mengisi masing-masing sub menu
    misalnya.
    saya punya menu: Artikel, Berita, Gambar, Video. nah dimasing masing menu ada sub menu misal, Artikel ada sub menu kesehatan, islam dll.
    Terus cara postingnya di masing-masing sub menu gimana

    Reply
    • To : Abdullah

      Salam Kenal MAs.. Mohon maaf Baru balas… heheheh plug in hanya di temui di WP yang sudah Selff hosting mas, maksudnya sudah dihosting sendiri, seperti alamat saya ini menjadi isaninside.net bukan isaninside.wordpress.com.. Cara lain dapat dilakukan jika mas mau mengupgrade account mas… yang jelas berbayar mas…

      Untuk setingan itu dapat diatur melalui edit Page atau edit halaman.. brarti akan menerapkan cara induk dan sub induk dari halaman/page.. Coba masuk ke Edit page atau sunting halaman, lalu edit salah satu halaman.. perhatikan bagian kanan bawah, ada pilihan Attribut… Lihat Box induk… coba mainkan disana mas… hehehehe mudah2n bermanfaat… slam kenal mas…

      Reply
  2. saya sudah instal tapi kok ga muncul2 juga ya? masalanya dimana tuh? tolong dijelasin ya.. makasi

    Reply
    • to :suranegara

      Coba cek dibagian sidebar adminnya mas.. Lihat di bagian “Setting” atau “plugins”…Biasanya settingan plugin akan muncul di bagian itu.. sebelumnya, aktifkan dulu plugins tersebut pada bagian “Plugins” semua plugins yang terinstall akan muncu di bagian ini.. Lanjutkan dengan mengaturnya pada bagian “Setting”..
      Thx buat kunjungannya..

      Reply
  3. assalam…mas minta tlg ni, kalau plugins nya tak mau diinstall penyebabnya apa ya…..pesan error nya”wp-content not able install”….sudah saya chmod folder wp-content nya tapi tak mau…mohon pencerahannya….maturnuwun.klu bs bls ke email mas maturnuwun

    Reply
    • to : dhani

      Wa,alaikum salaam.. Salam kenal Mas Dani.. Dalam beberapa kasus memang sering terjadi beberapa Plugins yang menolak untuk diinstallkan.. Apalgi kita bermain dengan domain yang dihosting secara free. Karena ada beberapa plugins yang membutuhkan API KEY dalam penggunaannya, seperti Aksimet. Saya sebelumnya juga pernah membuat blog di .co.cc, tapi saya selau gagal dalam menyetting API KEYS, sehingga saya putuskan untuk membeli domain.
      Selain itu, Cpanel juga manolak upload data kedalam Space hosting, sehingga saya lakukan instlasi Plugins melalui file explorer Cpanel. Sehingga kita harus mengganti chmod folder uploads tersebut, setelah saya ganti, ternyata proses upload masih gagal. hingga sekarang saya masih belum mendalami proses upload tersebut di domain dan hosting gratis.. Kalo di domain dan hostig berbayar, semua itu tidak perlu kita setting lagi, karena konfigurasinya sudah di atur pada saat instalasi melalui fantastico. (di domain gratisan fasilitas fantastico tidak bisa dijalankan).. Itulah kisa saya mas.. mudah2an mas bisa maklum, mohon maaf sebelumnya… wassalam

      Reply

Tinggalkan komentar