Home » Artikel, Opini, Tips dan Trik » Tema Baru Isaninside.net

isaninsidenetMemodifikasi tema WordPress memang mengasyikan. Bagi saya, waktu 1 hari belum cukup untuk melakukan modifikasi terhadap sebuah tema hingga menjadi tema yang di inginkan. Coba perhatikan tema ini. Tema ini merupakan tema hasil modifikasi yang saya lakukan selama 2 hari (maklum pemula dan belum bisa bikin tema sendiri om…).

Tema baru ini saya ambil dari karya ‘http://wpgpl.com” atas nama sdr. Nurudin Jauhari (hebat banget orang ini). Tema yang saya gunakan adalah tema Prosumer dengan tampilan asli berwarna kuning, putih dan kelabu.

Beberapa modifikasi dan penggantian Style yang saya lakukan dapat dilihat di List berikut ini.

Menganti warna asli menjadi warna dominan biru-biru.. seperti yang anda lihat ini. Untuk mengganti warna, cukup modifikasi CSS file-nya (style.php). Gunakan code Hexa untuk mengganti warnanya, dalam hal ini saya menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS3 dalam mengambil kode warna.

  1. Membuang Script “blog name” dan “blog description” yang terdapat di file header.php. Sehingga info header dapat saya modifikasi menjadi image header, seperti header ini.
  2. Mengganti Header dengan mendesain tampilan header baru. Adobe Photoshop CS3 telah meringankan kerja saya dalam melakukan modifikasi header ini. Warna yang digunakan masih biru-biru langit..
  3. Menyisipkan Script komentar kedalam file komentar ( page.php). Pernah saya tulis teknik menyisipkan ini, coba baca di sini
  4. Memperbaharui informasi footer. Informasi footer dapat diganti dengan memodifikasi script yang terdapat di file footer.php. Informasi  yang saya tambahkan adalah nama saya, dan beberapa link yang saya sisipkan. Untuk nama dan pembuat theme tidak saya hapus. Tidak ada salahya menghargai hasil karya orang lain dengan mempertahankan informasi pembuat tema tersebut.
  5. Mengganti jenis dan warna tulisan. Secara keseluruhan, saya mengganti semua jenis tulisan yang digunakan oleh theme aslinya. Jenis ukuran dan warna tulisan saya sesuaikan dengan warna dan bentuk tema hasil modifikasi, hingga menjadi seperti yang anda lihat ini.
  6. Menyisipkan script Animasi Flash ke dalam file-file tertentu (bisa anda perhatikan sendiri). Sebelum di sisipkan, animasi flash tersebut harus dibuat dulu (:-b) lalu di upload ke server. Script flash ini saya buat dengan menggunakan aplikasi Macromedia Dreamweaver 8. pernah saya tulis di-sini
  7. Mengganti pernak-pernik yang lainnya, seperti tampilan “Blockquote”, “widget backround”, “widget header image”, dan yang lain sebagainya.

Well, itulah sedikit cerita tentang modifikasi theme wordpress yang saya lakukan. Mohon komentarnya jika anda nyasar ke tulisan ini. Isaninside2009

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

6 Responses to “Tema Baru Isaninside.net”

  1. tari 11/05/2009

    canjuik,,,,saia blum juga paham ngutak ngatik tema wordpress ha,,,
    kasi la tutorial bwt pemula,,,,,nan utk newbie bana ko ha,,,,
    bosan saia liat tampilan blog saia tu….
    pengen utak atik tapi g ngerti,,,,
    hiks,,,,,,

    Reply
  2. Mas kalo scrolldown di blog WP.org ngga halus (tersendat-sendat) itu karena apa ya? apa karena spam, theme yang terlalu berat, atau karena hostingnya (gratisan)?

    saya iseng-iseng bikin blog self-hosted di 000webhost dengan theme ‘Mandigo’. linknya di nickname saya.

    Reply
  3. Iya nih lagi iseng-iseng belajar cms. Ooh jadi krn servernya ya.

    Selain 000webhost ada lagi ngga freehosting lain yang bebas iklan, dan ngga dihapus kalo situsnya ngga aktif ?. Maklum nih masih penasaran sama cms phpbb, soalnya pernah bikin forum phpbb di 000webhost http://fgactivist.comuv.com/ tapi mau ditutup sama pihak 000webhost.

    Reply
  4. lam kenal brooo lagi belajar modifikasi blog nih hehehehe

    Reply
  5. To : kyuutaro

    Thx banget udah berkunjung… hehehehe lebih leluasa berekspresi di sini… tapi ilmu dasar wp.com ga bisa dilupakan ::thx banget::… hehehehe..
    Klo yang tersendat biasanya karena server yang digunakan (000webhost) adalah server luar negeri..akses ke server itu termasuk lelet banget… maklum gratisan… bukan karena spam atau hacker… Well belajar dari yang gratisan menuju yang berbayar aj kyutaro.. hehehehehe jadi bertahap blajarnya… Smangat aj..

    .

    Reply

Tinggalkan komentar