Pertemuan Terkhir PPLK

resto1-kcil
X Restoran 1

Minggu depan adalah hari terakhir kami (Mahasiswa PPL) mengajar KKPI di SMKN 9 Padang. Memang tidak terasa, ternyata waktu 5 bulan untuk PPLK akan berakhir di minggu pertama bulan Juni 2009. Banyak kenangan yang saya lalui selama mengajar di kelas X dan Kelas XI SMKN 9 Padang. Mulai dari hari mengajar pertama hingga saat tulisan ini di selesaikan.

Kenangan itu tidak dapat saya klasifikasikan satu persatu, yang pasti semua kenangan itu akan saya tuliskan di postingan ini. Walaupun dengan tidak berurutan tetapi akan tetap saya tuliskan.

Saat pertama memasuki SMKN 9 Padang kami diwajibkan mengikuti Upacara bendera dengan Civitas Akademika SMKN 9 Padang. Tidak seperti biasanya, kalau dulu berdiri di jajaran siswa, sekarang kami berdiri sejajar dengan para guru SMKN 9 Padang. Ternyata berdiri dibarisan guru memang menyenangkan. Tidak panas dan lebih bebas dari siswa. Saat itulah kami mulai berkenalan.

Selanjutnya kami bertemu dengan sejumlah guru-guru di ruangan Majelis guru. Sesaat setelah itu kami diserahterimakan oleh Dosen pembimbing kepada SMK 9 Padang, dan saat itulah PPLK kami di mulai.

Minggu Pertama di lalui dengan observasi terhadap lingkungan SMKN 9 Padang, 3 minggu setelahnya kami mulai melaksanakan praktek mengajar dengan bimbingan guru KKPI. Selanjutnya kami melaksanakan pembelajaran mandiri dengan menyiapkan berbagai macam bahan dan berkas ajar KKPI.

Materi yang kami ajarkan adalah Software Presentasi, yaitu software Power Point 2003. Karena jumlah kelas X ada 9, maka setiap Mahasiswa PPL mendapat jatah mengajar 2 kelas selama malaksanakan PPL. Saya mendapat giliran mengajar di kelas X Perhotelan 3 dan X Restoran 1. Pertemuan dengan kelas X PH3 dilaksnakan pada hari Kamis, sedangkan dengan kelas X restoran 1 pada hari sabtu.

Kesan dan Pesan Terhadap X Perhotelan 3.

Jumlah total kelas ini (dalam absensi) ada 32 orang namun entah kenapa 9 orang di antaranya tidak memenuhi syarat minimal hadir, ada yang hanya hadir di akhir pertemuan, ada yang tidak pernah hadir sama sekali dan bahkan ada yang sudah Drop Out. Semua itu memang dinamika dan kendala belajar di sebuah sekolah.

Hal yang demikian bukanlah masalah bagi saya dan anak-anak X PH 3. Sejumlah anak yang aktif, kreatif dan “hobi bersorak”,  rajin menghadiri pelajaran KKPI ini. Semua pelajaran dapat kami tuntaskan dengan baik, walau di saat injury (saat terakhir jam pelajaran) banyak siswa dan siswi yang agresif dan memaksimalkan semangat hanya untuk pulang saja. Huh memang kurang mengenakkan, tapi inilah masa remaja anak-anak ini. Yang pasti saya berfikir positif saja, mana tau anak-anak ada janji nge-date ama “tmen wanitanya atau cowok mereka”. Hehehehehe mana tau..

Saya pernah merasakan saat mengajar yang menyenangkan ketika berinteraksi dengan kelas ini. Apalagi di saat mereka berani menjawab dan mampu mengajukan pertanyaan terhadap semua masalah yang mereka hadapi. Sebagai seorang guru, saya selalu mengusahakan jawaban terhadap pertanyaan mereka. Di sisi lain, terkadang saya berkecil hati ketika etika bertanya yang mereka lakukan melenceng dari harapan saya. Hmmm inilah kelas, dan saya harus menghadapinya.

Secara keseluruhan, X PH 3 adalah kelas yang TOP dan akan lebih TOP jika mau mengingatkan temen-temennya yang malas masuk kelas dalam berbagai pelajaran. Itulah kebersamaan dan kekompokkan. Salam buat semua Anak-anak X PH 3.

Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh X PH3 yang telah membantu saya dalam mengisi angket Kuisioner untuk Laporan PTK PPLK ini. Thanks For All.

Kesan dan pesan  Terhadap X Restoran 1

Sepintas lalu saya sempat menganggap kelas ini kelas Unggul, unggul dalam jumlah kehadiran. Namun ternyata penilaian saya kurang tepat, dari total 34 orang siswa kelas ini, ada sekitar 3 orang yang hanya hadir di saat pertemuan terakhir saja. Hmmm inilah dinamika belajar siswa. Tapi jumlah siswa yang hadir memang labih spektakuler dibandingkan dengan kelas sebelumnya.

Seperti biasa Saya tidak terpengaruh dengan keadaan ini.  Kelas ini juga berisi sejumlah siswa dan siswi yang sangat “berapi-api” dalam belajar. Semua siswa yang hadir di kelas ini adalah siswa aktif di saat belajar. Di sisi lain, masih ada siswa dan siswi yang hobi “mengajar” temannya. Maksudnya begini, di saat saya mengajar dan menerangkan pelajaran, ternyata ada anak-anak yang hobi sharing ilmu dan berbagi informasi. Hmm entah kenapa, masih berfikir positif, saya menganggap mereka itu sibuk sekali, sehingga waktu belajar KKPI masih dimanfaatkan untuk sharing ilmu.Hahahaha sharing ilmu kapan dan dimana saja, termasuk saat belajar KKPI dengan saya. Sedikit “mengganggu tentunya!?”.

Banyak waktu dan momen-momen belajar yang sangat luar biasa saya lalui di kelas ini. Saya sangat senang dan bersemangat pada saat-saat tertentu mengajar, yang pasti keadaan ini terjadi karena ketekunan dan kedisplinan siswa dalam memperhatikan pelajaran. Di sisi lain saya melihat kelebihan-kelebihan itu di kelas ini.

Secara keseluruhan kelas ini saya acungi jempol terhadap kehadiran dan semangat belajar mereka. Terima kasih telah mau berbagi pesan dan kesan dengan saya. Selain itu foto-foto mengajar juga saya dapat di saat berinteraksi dengan kelas ini. Well tetap semangat dan jangan pantang menyerah dalam belajar.

Itulah sedikit kesan dan pesan yang saya sampaikan melalui tulisan ini. Mohon maaf atas segala kekeliruan kata yang telah saya tulis di sini. Semoga kita bisa bertemu pada momen-momen tertentu di luar kelas.

Special Thanks for kelas X PH3 dan X Restoran 1. Isaninside2009

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Leave a Reply