Home » Tips dan Trik, Tutorial » Mebangun Website Instansi

wp-blog2Beberapa hari yang lalu saya disibukan dengan beberapa proyek sedang (hehe). Proyek yang masih membuat saya untuk selalu berinteraksi dengan dunia maya. Membangun Website sebuah instansi dengan WordPress. Alhamdulillah proyek tersebut telah saya selesaikan 2 hari yang lalu.

Untuk membangun Website itu saya membeli domain dan hosting di Rumahhosting.com. Karena pengalaman saya membangun blog inilah membuat saya tidak ragu-ragu membangun website tersebut.

Seperti biasa, pengerjaan blog lebih di maksimalkan dalam modifikasi theme. Disesuaikan dengan permintaan instansi tersebut. Setelah domain dan hosting dibeli, tahap pertama dilakukan adalah melakukan instalasi blog wordpress dengan software fantastico yang terdapat di dalam cpanel server hosting. Instalasi pertama sukses dilakukan, namun saya lupa menyimpan password yang digunakan untuk log in ke Wrospress hasil instalasi. Untuk mempebaharui, saya menuju File Manager dan mendelete semua file dan folder hasil instalasi WordPress tahap pertama. Setelah semua file dan folder terdelete(hanya di dalam file di dalam folder www/public_html), saya mulai melakukan instalasi wordpress kembali. Namun apa yang terjadi? Instalasi gagal di step yang kedua, cpanel mengeluarkan pesan yang berikut :

“you cannot install more than one script in the root directory of a domain.”

Tulisan itu menginformasikan agar kita benar-benar meremove semua file bekas WordPress yang di delete tadi (instalasi tahap pertama). Saya bingung dengan keadaan itu, setelah mengecek semua folder di file manager, file sisa-sisa intalasi wordpress tahap pertama memang telah terdelete tidak ada lagi yang tersisa.

Setelah bertanya ke mbah gugel, dengan mengetikan semua pesan Cpanel di box search gugel, akhirnya saya menemukan jawabannya. Ternyata untuk me-remove WordPress dari Server dapat dilakukan dengan software Fantastico. Tidak dengan cara mendelete file satu persatu, karena terdapat sebuah folder yang di hidden (folder fantasticodata) berisi data-data file wordpress hasil instalasi tahap pertama. Untuk membuka folder tersebut saya menggunakan fasilitas search yang terdapat di file Manager. Setelah folder ditemukan, saya melanjutkannya dengan men-delete semua file dan folder yang terdapat di folder tersebut (installed_in_root.php).

Akhirnya instalasi dengan Cpanel tahap kedua dapa saya selesaikan. Akhirnya pengerjaan dilanjutkan dengan mengupload tema hasil modifikasi. Tema tersebut akan digunakan sebagai tampilan website instansi tersebut. Pengerjaan telah saya selesaikan dan sekarang website tersebut telah dapat dikunjungi.

Isaninside2009.

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

2 Responses to “Mebangun Website Instansi”

  1. cm maw ngcpn n angkt topi bwt bg ihsan…
    smuga sukses sllu,cpet d wisuda,yg pling pnting jgn pelit ma ilmu yg dh d dpet,uiy yg pling pnting jg “laen kale klo ktmu d lapngn tembk ge gelas d meja jgn d sikutn ge yah..”
    ngak ngak…

    Reply
  2. To :Oka

    Hahahahahaha
    Bakso Lapangan Tembak yo.. ado kenangan ndak ka?
    amin.. thx kunjungannyo ka.. semoga sukses selalu.. trus makasih banyak buat saran2-nyoo sangat berarti…

    Reply

Tinggalkan komentar