Home » Tips dan Trik, WordPress » Plug In yang Membantu Tampilan dan Kerja Isaninside.net

isaninsidenetMenurut Medhy Aginta di Kamus Istilah Blogger (http://www.Blogguebo.com), WordPress Plugin merupakan Kode-kode khusus yang dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan sebuah software, dalam hal ini adalah WordPress. Terdapat ribuan plugin WordPress yang telah dibuat, dengan fungsi yang sangat beragam.

Dari informasi di atas, dapat disimpulkan kalau kegunaan Plug In ini adalah untuk meningkatkan kinerja dari wordpress standar. Semua jenis Plugin wordpress dapat di downloads secara free di http://wordpress.org. Plug in tersebut juga telah dikelompokaan menurut kategorinya masing-masing.

Oleh sebab itu saya berusaha memberikan informasi yang mungkin “sedikit” bermanfaat mengenai beberapa Plug In yang saya gunakan dalam membangun blog ini. Plug in-Plug in tersebut telah di coba dan dapat diuji kemampuannya. Adapun Plug in yang saya gunakan adalah sebagai berikut.

  1. Aksimet, digunakan untuk menangkal email-email spam yang masuk ke komentar blog. Syaratnya harus telah menggunakan API KEY yang di dapat resmi dari wordpress.com, bukan wp.org
  2. wp-stats.2.40, digunakan sebagai penghitung statistik pengunjung yang mampir di blog kita. Syaratnya harus menggunakan API KEY.
  3. Recent-comment-with-avatar, digunakan untuk menampilkan Avatar (gambar) pengunjung yang meninggalkan komentar di blog kita (di bagian widget).
  4. wordpress-23-related-posts-plugin.1.0, digunakan untuk menampilkan tulisan lain yang berhubungan atau tidak berhubungan sama sekali (hehehehe, tergantung setingan) di akhir sebuah postingan.
  5. all-in-one-seo-pack, digunakan untuk mengganti title setiap postingan, dengan tujuan untuk meningkatkan traffik blog melalui search engine.
  6. nospamnx.1.3, digunakan untuk membantu aksimet dalam menangkal email-email spam yang menyerang blog yang kita bangun.. Well untuk berjaga-jaga.
  7. wp-cache, digunakan untuk meningkatkan kemampuan akses blog, menjadi lebih cepat.
  8. facebook-dashboard-widget.0.9.8, digunakan untuk menampilkan informasi penting yang terjadi di account facebook milik kita. Bisa ditampilkan di halaman admin, widget atau di dua-duanya. Sangat OK, cukup dengan memanfaatkan teknologi RSS.
  9. counter.1.1, digunakan untuk menampilkan jumlah pengunjung yang mampir ke blog wp, terpasang dibagian widget.

Itulah beberapa plugin yang saya manfaatkan dalam membangun blog ini, kalo ada yang lebih bagus lagi, silahkan komentar di sini, akan saya coba dan semoga bermanfaat bagi kita bersama, Lets Share, isaninside2009.

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

3 Responses to “Plug In yang Membantu Tampilan dan Kerja Isaninside.net”

  1. Assalamu’alaikum,

    Bro, sorry ya tanya melulu nih, btw ada minta script yg bisa memudahkan pembaca kita menuju page yg dimaksud bisa ga?
    cth : page yg ingin saya buka adalah http://sofjanhadie.wordpress.com/seni-kaligrafi/ukiran-seputar-islam/

    menjadi : seni dan kaligrafi islam click here (pd saat here itu langsung menuju page yg saya maksud diatas).

    makasih ya bro.

    wassalam.

    Reply
  2. To : Sofyan Hadi

    Caranya, ketikan dulu “Seni Kaligrafi Islam Klik Here”.. Blok tulisan tersbut dan klik toolbar yang menyerupai gambar rantai.. Ketikan alamat Url “http://sofjanhadie.wordpress.com/seni-kaligrafi/ukiran-seputar-islam/” pada box Url..
    Atur Target menjadi “Blank”. Coba terbitkan, lalu perhatikan hasilnya..ok

    Reply
  3. alhamdulillah, it works! thanks bro Isan.
    Regards!

    Reply

Tinggalkan komentar