Menyisipkan Animasi *.swf ke Widget WordPress

badgeHah, terus terang saya sangat puas setelah membeli domain ini. Sejak launching beberapa hari yang lalu, telah banyak ilmu baru yang telah saya gali, mulai dari optimalisasi plugin, modifikasi script theme, hingga nyisipin animasi flash ke isaninside.net ini.

Well, mengenai Widget yang berisi animasi flash (*.swf) memang hanya di dapat dilayanan wordpress yang telah hosting sendiri (bukan di wordpress.com). Sebagaimana yang pengunjung lihat di widget saya, terdapat animasi flash yang saya desain sendiri. Animasi tersebut yang berisi informasi tentang diri saya. Jauh lebih bagus dibandingkan modifikasi animasi *.gif yang pernah saya lakukan sebelumnya. Untuk belajar membuat animasi flash memang tidak gampangt, tapi yang penting kerja keras,  rajin membaca serta jangan lupa mempraktekkan ilmunya.

Untuk menyisipkan animasi flash di samping, saya menggunakan script seperti berikut ini :

<center><object width=”200″ height=”400″><param name=”movie” value=”http://localhost/isan/bannerbadge2.swf”></param><param name=”wmode” value=”transparent”></param><embed width=”200″ height=”400″ src=”http://localhost/isan/bannerbadge2.swf” type=”application/x-shockwave-flash” wmode=”transparent” ></embed></object></center>

Sebelum menyisipkan script tersebut, perlu diperhatikan poin-poin berikut ini :

  1. Anda harus memiliki animasi yang akan di sisipkan di widget text + alamat tempat animasi di upload.
  2. Perhatikan alamat animasi swf yang anda upload.. ganti script “src=”http://localhost/isan/bannerbadge2.swf” ke alamat animasi swf anda. (Alamat tempat animasi anda Upload)
  3. Atur ukuran dengan mengganti nilai seperti berikut : width=”200″ height=”400″, menjadi nilai yang sesuai dengan lebar widget anda
  4. Save Widget, perhatikan perubahannya dengan merefresh blog anda.

Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.. Lets Share Isaninside2009

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Leave a Reply

15 thoughts on “Menyisipkan Animasi *.swf ke Widget WordPress”

  1. assalamu’alaikum

    salam kenal, saya tertarik dengan tampilan animasi flash di blog kamu, saya juga ingin menerapkannya dalam blog saya, tapi saya belum tahu. karena saya baru saja belajar membuat blog di wordpress.org, hosting, domain nya pun gratisan. tolong kasih tahu saya stepnya, plugin nya apa. saya berharap kamu bisa berbagi ilmu dalam membuat blog yang terlihat profesional walau yang membuatnya orang awam seperti saya.
    Trims atensinya. (maaf kalau tidak merepotkan kamu bisa mengirimkannya ke email saya (diet.31571@gmail.com) atas jawabanmu.

  2. salam kenal mas..
    saya tertarik sekali liat semua animasi flash di web mas ini..
    boleh minta referensi ngak mas tentang flas ini?
    trims

    1. To : ben

      Coba googling deh mas, saya juga pernah niat bikin ttorialnya, tapi ga sempat-sempat karena sering mobile, saya ga ad waktu buat nulis kahir-akhir ini.. Hmmm coba kunjungi ilmukomputer.com. Cari tentang animasi flash, mungkin bisa membantu

    1. to; Kyuutaro

      Lah bukannya di wp.com udah ada yang bisa? ada yang pernah diskusikan ini kan? Tapi saya belum pernah nyoba kyu…
      Mungkin illegal, makanya topiknya ditutup, semacam bugs wp.com kali ya.. Gunakan script itu aja lo, upload dan ambil URL nya. sepertinya jalan deh… Udah dicoba?

  3. nahhh ini yang gua cari seharian cari gak ada yang cocok , baru copaste kode langsung bisa , siipp kang bro ,, itu kalok boleh tau dapet dari mana ? gimana carane logikane gitu kang ? reply dong omentku