Home » Artikel, Tips dan Trik » Membangun CD Multimedia Pembelajaran

creative-designTulisan ini merupakan sebuah hasil apresiasi diri setelah membaca beberapa artikel dan ebook tentang Multimedia Pembelajaran.  Termasuk berkunjung keblog dan website orang-orang terkenal di dunia IT, Seperti Mr.  Romi Satria Wahono.

CD Multimedia Pembelajaran saya angkat sebagai judul Tugas Akhir yang akan membantu saya dalam menyelesaikan Sarjana Pendidikan di Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Pembuatan CD Multimedia ini saya fokuskan kepada materi pelajaran KKPI SMKN 9 Padang, tempat saya melaksanakan PPL-K.

Berikut ini akan saya Uraikan mengenai konsep perancangan yang sedang saya lakukan.

Dalam Perancangan CD Multimedia ini, terlebih dahulu dilakukan penyusunan struktur materi pelajaran yang diambil dari silabus yang digunakan oleh SMK/ SMA, dalam hal ini SMKN 9 Padang. Silabus yang dibangun bertitik tolak dari Standar Isi SMK yang terdapat di dalam Permendiknas nomor 22 tahun 2006. Materi-materi tersebut disusun dan durutkan berdasarkan Kompetensi Dasar-nya.

Setelah strukutur materi di selesaikan, dilakukan perancangan  struktur CD Multimedia Pembelajaran. Struktur CD Mulimedia meliputi Intro, Menu Utama, Menu Materi, Menu Soal, Menu Kuis, Halaman isi materi, Halaman soal, halaman informasi dan halaman penutup. Semua elemen dari struktur CD tersebut disusun sesistematis mungkin, hingga tercipta sebuah Struktur CD Multimedia Pembelajaran Mandiri yang interkatif.

Setelah penyusunan struktur CD, dilakukan pengumpulan data-data yang berhubungan dengan materi ajar. Semua isi materi dikumpulkan dan selanjutnya dikelompokkan berdasarkan urutan materi.  Dalam proses ini juga dibangun data multimedia bahan ajar, meliputi  video, animasi, gambar dan audio. Data Multimedia ini nantinya akan di sisipkan ke dalam CD Multimedia Pembelajaran.

Langkah selanjutnya adalah membangun tampilan CD Multimedia Pembelajaran. Pembangunan Interface di lakukan berdasarkan Struktur CD yang telah direncanakan. Terdapat beberapa Menu dan halaman yang akan di rancang. Perancangan ini dilakukan dengan menggunakan Berbagai Aplikasi Desain Multimedia seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, Macromedia Flash, dan Macromedia Director (jika mungkin).

Agar Tampilan CD Multimedia Menarik, Saya harus melakukan googling (mencari di google) contoh-contoh animasi dan Multimedia Interaktif. Dalam hal ini saya telah mendownloads ratusan file *.swf lebih. Tujuannya  agar  ide desain yang kreatif dan menarik dapat muncul setelah melihat dan mempelajari hasil karya orang lain (bukan membajak). Bisa dilihat di : http://romisatriawahono.net/2008/03/03/7-langkah-mudah-membuat-multimedia-pembelajaran/

Proses desain dilakukan se segera mungkin. Jika ide telah muncul, jangan biarkan ide itu hilang kembali. Proses pendesaianan tampilan dilakukan ketika ide itu ada, karena akan lebih memudahkan dan bahkan menyemangati dalam bekerja.

Setelah Semua desain selesai, dilanjutkan proses pengisian materi ke dalam struktur desain. Menurut pandangan saya, proses input ini akan memakan waktu lama jika materi yang akan di sisipkan jumlahnyabanyak, apalagi mencapai 25 atau bahkan 50 buah materi. Tahapan ini  akan segera dilakukan jika rancangan materi dan strukrur CD telah di selesaikan.

Setelah tahap pengisian materi di selasaikan, dilakukan evaluasi terhadap File Multimedia tersebut. Tindakan ini dilakukan agar semua  materi dan struktur CD sesuai dengan perencanaan, dan dapat mengurangi resiko kesalahan (human error).

Setelah Evaluasi, dilakukan proses Burning kedalam CD. Finally, CD Multimedia siap untuk di Compre kan..

Nah, itulah sedikit rencana perancangan CD Multimedia yang akan saya lakukan. semoga bisa di realisasikan, doakan saja…. Semoga bisa bermanfaat,  kalau ada kekurangan, mari kita diskusikan.. Isaninside 2009.

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

7 Responses to “Membangun CD Multimedia Pembelajaran”

  1. Assalamu’alaikum bang ihsan,,,terimakasih buat tutorialnya,sangat memberi inspirasi bagi saya…
    buat perkenalan, saya Arief, masih Mahasiswa Elka UNP, silahkan lihat homepage saya di http://www.friendster.com/btxarief ( masih numpang bang )
    Saya mendapat tugas dari dosen TKI ( Teknik Komputer Interaktif ), berupa membuat CD Interaktif, saya dapat di bilang gaptek tentang CD Interaktif bang, apa lagi pakai Macromedia Flashnya.
    Jadi, saya mohon bimbingan abang, untuk menuntun saya mendisain CD Interaktif, jikalau abang g’ keberatan ( nanti saya bantuin ngangkatin lah bang (^_^) )…
    Kalo boleh berbagi, Apakah abang tau situs yang menyidiakan template untuk Macromedia flash?
    Oh ya, sekalian bang, dimana tempat downloand file swf nya?
    Trimakasih banyak ya bang…
    Wassalam

    Reply
  2. Keren … keren banget tu !! Salam kenal bro

    Reply
  3. bayu 18/05/2009

    mas, saya anak SMA kelas X.
    anda punya .swf yang berhubungan dengan pelajaran sains dan tik apa tidak?
    kalau punya boleh saya minta atau tidak?

    Reply
  4. salam mas isnan
    saya sangat terinspirasi banget benget dengan tulisan mas.., saya ingin banget memiliki TA mas isnan sebagai referensi belajarku mas sama hasil kerja TA tersebut.., ini bukan untuk comercial atau yang lainnya ini hanya untuk referensi belajarku mas.., dan juga sebagai acuan keinginanku membuat CD Interaktif.. jiak berkenan bisa kah mas saya memilikinya mas.. jika diharuskan ada biayanya saya mungkin bersedia mas.., tapi sewajarnya aja. mks
    salam

    Reply
  5. To : Arif

    Saya punya banyak *.swf. bisa saya bagi kalo berminat.. ga usah di donlot..
    hehehe udah saya jawab di http://isaninside.wordpress.com

    Reply
  6. to : bayu..

    Saya ada punya banyak file *.swf hasil download-an.. kalo ga salah ada beberapa file yang berisi pelajaran fisika.. kalo untuk TIK saya belum nemu.. Saya biasanya downloads file swf melalui penelusuran tingkat lanjut google.. tinggal ketik nama file dan pilih jenis ekstensi *.swf, maka semua file swaf yang berjudul itu akan muncul di google.. tinggal di download lo bayu.. cobaik deh langkah spt itu.. Ok akan saya upload setelah saya mencari filenya.. ok.. kapan2 saya

    Reply

Tinggalkan komentar