Home » Opini, Tips dan Trik » Macromedia Flash 8 Professional

Macromedia Flash 8 merupakan sebuah aplikasi buatan Macromedia. Banyak aplikasi bermanfaat yang telah diciptakan Macromedia, sebut saja Dreamweaver, Flash, Director, Freehand, dan yang lain sebagainya.

Bagi seorang desainer multimedia, mungkin mereka mengenal dan bahkan menggunakan semua jenis software buatan macromedia ini. Dreamweaver digunakan untuk mendesain sebuah website, director dan flash dapat digunakan dalam perancangan perangkat lunak interaktif dengan navigasi dan desain yang sangat menarik.

Beberapa bulan yang lalu saya sempat menggunakan aplikasi macromedia Flash 8. Aplikasi ini saya gunakan dalam pembuatan CD Multimedia Interaktif. CD Multimedia Interaktif yang merupakan tugas utama dalam mata Kuliah CAI (Computer Assisted Instruction) atau dikenal dengan pengajaran berbantuan komputer.

CD Multimedia tersebut saya bangun dengan cara memodifikasi beberapa slide interaktif yang saya download di internet. Hasil download adalah file flash dengan ekstensi *.swf. File *.swf ini saya konversi menjadi fla dengan menggunakan sebuah software decompiler yaitu Sothink SWF Decompiler. Software ini bisa anda dapatkan di http://indowebster.com

Hasil konversi yang di dapat adalah sebuah file FLA yang akan dimodifikasi dengan Aplikasi Macromedia Flash 8 Pro. Tidak gampang (jika tidak bekerja keras) untuk mengakali agar file hasil konversi tersebut dapat di ubah menjadi sebuah CD Multimedia Interaktif. Kesulitan sering terjadi ketika harus mengganti isi informasi asli menjadi infomasi yang sesuai dengan tugas CAI tersebut.

Setelaha mempelajari secara otodidak dan dibantu beberapa rekan (herman,edo, reza, isol, dan novi), akhirnya kami berhasil membuat sebuah CD Multimedia interaktif. Alhamdulillah CD Multimedia tersebut dihargai dengan Nilai A oleh dosen mata kuliah CAI kami.

Setelah meninjau lebih jauh mengenai aplikasi ini, ternyata ada beberapa hal penting  yang harus kita ketahui. Sebagai pandangan, menurut saya yang harus diperhatikan dalam belajar Macromedia Flash adalah penggunaan Layer, Frame, Movieclip, button, dan graphics, serta motion tween.

Layer digunakan sebagai wadah tempat bercokolnya banyak frame yang akan digunakan sebagai tempat diletakannya objek. Frame-frame ini akan digunakan dalam membuat animasi / transisi objek yang sesuai dengan keinginan. Dengan menempatkan kondisi awal dan diakhiri dengan kondisi tujuan, maka akan terjadi gerakan objek yang sesuai deng keinginan desainer, dengan bantuan Motin tween tentunya.

Movieclip digunakan untuk membungun sebuah animasi di dalam sebuah frame. Pilihan movieclip, button dan graphics dapat ditemukan dengan menggunakan tombol F8 pada keyboard.

Jika diuraikan lebih lanjut, materi penggunaan flash ini sangatlah banyak, termasuk penggunaan action script nantinya. Namun sebelum melangkah ke Action Script, ada baiknya mengenal fungsi istilah-istilah yang telah saya uraikan di atas.

Itulah sedikit pengalaman saya, ketika baru meraba penggunaan Macromedia Flash 8 ini. Well semoga informasi ini bisa bermanfaat. Isaninside2009

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

28 Responses to “Macromedia Flash 8 Professional”

  1. darmis 06/04/2009

    ikhsan ajari ibu dong bgmn posting di multiply

    Reply
  2. wah makasih downloadnya
    visit me http://blogkautsar.blogspot.com

    Reply
  3. icha 27/06/2009

    mas bantuin aq,,,ya.aq mau TA nich?tapi bingung mau judul apa.yg jelas ttng cd pembelajaran dng flash 8..tk tnggu kbar judul yg pas dari mas..trims

    Reply
  4. minta tolong, saya lagi dapet kerjaan membuat slide show.

    mohon bantuan scriptnya,,..

    untuk membuat slideshow yang bagus dan menarik..

    salam dari bali

    Reply
    • to : Thu de

      Wah saya tidak menggunakan Script unruk membuat slide dengan flash mas.. Kalo pun menggunakan, ga panjang2 amat scriptnya.. hmmm bagaimana kalo menggunakan frame aj mas.. Tapi kita harus tau jenis dan cara membuat transisi objek.. dengan kemampuan itu, tinggal ide aja yang akan kita kembangkan… mungkin itu sedikit saran dari saya.. well kalo boleh tau mas mau bikin slide show apa? salam hangat dari padang Sumatera Barat

      Reply
  5. wah aku bru dapet tugas dari guru d smp q disuruh bikin animasi ! ajarin dong yang pake nama biar pencar -percar itu! kok pake macromedia sulit baget sih !jadi sebel ! kemaren corel, sekarang macromedia! ahhh bingung!!!!

    isaninside :
    Hahahahaha.. kok marah2 dek.. Bingung karna ga dipelajari itu.. ayo praktekan aplikasi itu.. Tulisan pencar2? duh gimana cara jelasinnya ini?

    Reply
  6. ajarin dunk cara buatnya…

    Reply
  7. maz, slam knal sblumny..saya pljar skr dudk di klz XII SMK di daerah Tulungagung-Jatim, jrusan Multimedia.Saya ada TA CD INTERAKTIF dan sya mengambil tema Wisata Jatim.Kira” musik yg cocok sbg pengiringny ap yaa…mohon bntuannya..trmksh.

    Reply
    • to : orienz

      Salam kenal orienz..
      Oooo musik pengiring untuk Wisata ya mas.. Hmmm saya ada ide dikit, kalo untuk wisata alam, gunakan instrument Kitaro (natural), Kalo wisata Budaya, gunakan instrumen musik asli Jawa timur, atau lagu-lagu daerahnya mas…. gimana kira2? kalo untuk kuliner gunakan instrumen jazz atau apalah gitu.. hehehehe, mohon maaf jika kurang match, tapi makasih banyak buat kunjungannya.. salam..

      Reply
  8. salam kenal….
    saya sedang mengerjakan t a…bingung di judul….
    niatnya tentang pembelajaran….
    ni Facebook sya..
    avifbgtsz..add yah…
    plis….
    salam kenal…
    :)

    Reply
  9. kk salam kenal..saya ade mahasiswa TI bengkulu..kk saya mau nanya…gimana sih buat projek kita ntuh biar full screen, jadi di komputer mana aja pas layarnya full screen…….

    masalahnya gini kk,,,kmaren saya buat di komputer saya bisa full screen..eh..pas di komputer temn saya malah kepotong layarnya ga pas…kk tolongin saya ya…trima kasih sebelumnya…

    Reply
    • to : ade

      Salam kenal ade..
      Saya kira ade udah tau Action Script yang digunakan untuk membuat tampilan project kita Fullscreen.
      Mungkin letak kesalahannya terdapat pada resolusi project yang ade bikin. Seperti yang kita ketahui, Resolusi laptop dan komputer standar bisa itu berbeda. Jika kita menggunakan Laptop 14 inci, resolusi layar : 1280 x 800, sedangkan untuk layar monitor CRT biasa, menggunakan resolusi 1024 x 768. Nah jika kita membuat project dengan menggunakan laptop resolusinya 1280 x 800, jiak dijalnkan di laptop itu tidak akan menjadi masalah, tapi jika kita jalankan di layar CRT 1024 x 768, maka ini akan manjadi masalah. Masalahnya persis seperti yang ade bilang…
      heheheheheh saran saya, sebaiknya jika membuat project tsb, tentukan resolusi sesuai dengan permintaan atau kemampuan yang dimiliki pengguna. Bagi saya 1024 x 768 adalah resolusi yang ideal…. Jangan gunakan resolusi jenis widescreen spt pada laptop.. OK..
      Semoga bermanfaat..

      Reply
  10. makasih kk…oh ya kk saya m nanya kemaren saya download file “materi05.exe” tuh resolusinya berapa kk?…dan saya boleh donk minta action scriptnya untuk ukuran layarnya….

    kk menurut kk klo buat cd multimedia pembelajaran bagusnya full screen atau gak sih?? aqu bingung kk…buat yang full screen takutnya gak fullscreen di layar2 lain….makasih ya kk

    Reply
    • to : ade

      Hmmm file itu resolusinya 1024 x 768…
      Untuk resolusi ga perlu AS kok, Jangan gunakan AS fullscreen, trus setting aja ukuran dokumen sesuai dengan keinginan..
      Sebaiknya seh fullscreen, tapi banyak juga software enginer yang tidak menggunakan mode FS.. Gunakan aja ukuran 800 x 600… Sa

      ma2

      Reply
  11. hehehe..tanya lagi kk…kalo 800x 600 tuh kalo dah dijadiin exe pas kita pilih full screen malah jadi hancur kk…kemaren dah nyoba…pas kepencet fullscreen malah projectnya jadi amburadul…..”contohnya tulisan yang bergerak masuk malah keliatan asalnya darimana, klo gak di fullsreen sih gak keliatan..tapi pas kepencet fullscren jadi masalah”……tulungin ya kk….

    Reply
    • To : ade

      Hahahahaha… 800 x 600 memang untuk tampilan secara windows kok.. Bukan fullscreen.. Kalo fullscreen idealnya 1024 x 768.. Pecah itu biasanya jika objek yang digunakan hasil import dari media lain, spt gambar (*.png, *.jpg dll).. Kalo masih menggunakan objek yang ada di Flash, InsyaAllah ga bakalan pecah.. Kan Flash berbasis vektor….

      Reply
  12. numpang sharing bang..
    ini contoh script full screen,jadi walaupun resolusinya 800×600 juga tetep full screen ga usah bikin resolusi yng tinggi. terima kasih bang.

    fscommand(“fullscreen”,”true”);
    fscommand(“allowscale”,”false”);
    fscommand(“showmenu”,”false”);

    usahakan naroh script ini diawal frame.

    Reply
    • to : oenks

      Thx ya, Makasih banyak..
      Commandnya bener itu… Kadang untuk properti yang diimpor kita harus perhatikan resolusi juga.. Spt gambar2 yang diimport atau video dengan format flash. Lain hal jika kita semua desain murni dari flash.. hehehe Nice Info…

      Reply
  13. thanks y kk oenks………….

    oh ya kk isan…..mo tanya nih kemaren saya buat animasi pendek…waktu di tes run suaranya pas…..tapi pas di gabugin ama animasi lain trus di buat extensi exe malah suaranya kecepetan….tuh masalanya dimana ya kk???…thanks before…

    Reply
    • to : ade

      Waduh?????? hehehehehe saya belum pernah ngalimi kejadian itu ade.. Mungkin kesalahan proses publish ke *.exe kali ya? Coba tanya oenks deh.. Kunjungi aja situsnya.. Hehehehehe Saya cari tau dulu, entar kalo dapet saya bagi yah.. oke.. S_E_M_A_N_G_A_T….

      Reply
  14. azwin 14/06/2010

    mas saya mau nyk macromedia flash 8 bisa di posting g mas ???
    ty smblmnya…..

    Reply
  15. oenks 16/06/2010

    buat ade, bnr kata ka Isaninside, biasanya itu saat mempublish jadi exe nya. kmungkinan karn faktor hardware, jadi aga beda dengan yang sblm di publish,ky gt jg sring terjadi dalam hal rendering video.

    Reply
  16. mas.. tolong share tutorial tentang flas donk…
    jadi tertarik mo belajar flash liat blog ini mas..
    salam kenal dari Aceh.

    Reply
  17. thank artikelnya

    Reply
  18. BUDI 07/12/2011

    MAS BANTUIN DONK, ADA TUTORIAL MEMBUAT semacam CD interaktif,
    soal nya ada tgas akhir smster mmbuat itu mas,

    tolong y mas…

    budi from TP, UNP

    Reply
    • to : budi

      Wah saya belum punya tutorial tuh, kalau bisa kamu belajar cara menggunakan toolsnya saja, seperti adobe flash. dimulai dari situ. rajin-rajin ngutak atik, mungkin akan memudahkan kamu membuat tugasnya. Salam..

      Reply
  19. to : Ibu Darmis..

    Salam bu.. ktmu di dunia maya.. wah blog multiply saya juga pernah bikin, tapi belum dioptimalkan.. bahkan cara nulis pun saya ga tau bu.. mmm kalo mau, ibu optimalkan wordpress aj. Lebih banyak pilihan dan lebih baik tentunya…

    Reply

Tinggalkan komentar