Bagaimana Mengganti Nama Domain di WordPress. Com?

isaninsidedotnetJudul tersebut mengajukan sebuah pertanyaan yang tidak bisa di realisasikan, tapi dapat disiasati. Bagaimanapun setiap pengguna blog wordpress.com (atau pengguna yang nama domain blognya http://nama-pengguna.wordpress.com) yang ingin mengganti nama domainnya akan terbentur dengan kondisi ini.

Tulisan ini saya tulis setelah berkunjung ke forum resmi wordpress Indonesia (http://id.forums.wordpress.com) melihat beberapa thread yang di ajukan anggota forum mengenai masalah nama domain. Jawaban yang di dapat sangat beragam dan tentunya sangat membantu dalam menyiasati masalah nama domain ini. Terutama jawaban moderator-moderator yang bijak dalam membantu. Jawaban-jawaban tersebut akan saya rangkum dalam tulisan ini, walaupun ada “mungkin” kesalahan di sana-sini, yang jelas kita diskusikan.

Jawabannya :

Secara real, tindakan mengganti nama domain tidak bisa dilakukan. Untuk menyiasatinya, kita harus membuat sebuah domain baru di wordpress.com. Untuk membuka domain baru, alamat email yang telah kita gunakan untuk account yang lama, tidak akan bisa digunakan lagi. Makanya kita harus menggunakan email baru. Logikanya 1 email untuk 1 account di wordpress.com (moderator forum wordpress indonesia/babalicious).

Selanjutnya manfaatkan fasilitas ekspor dan impor yang disediakan oleh layanan wordpress.com. Tujuannya, agar tulisan yang terdapat di account wp lama dapat di-copy-kan ke account baru tang telah dibuat. Eksport semua tulisan di account wp lama ke harddisk, lanjutkan dengan mengimport file hasil export tadi (berformat *.xml) ke account wp yang baru.

Maka semua halaman, tulisan, serta komentar-komentar yang pernah singgah di account lama kan terduplikasi ke blog yang baru di bangun.

Tindakan ini juga sangat membantu pengguna ketika telah membangun sebuah blog baru dengan domain yang dibeli sendiri, seperti yang saya gunakan ini. Untuk hasil nyatanya, coba Anda bandingkan semua isi di http://isaninside.wordpress.com dengan isi di http://isaniside.net .

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat. Lets Share! Isaninside2009.

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Leave a Reply

6 thoughts on “Bagaimana Mengganti Nama Domain di WordPress. Com?”

    1. To : Terecha

      Salam kenal.. Saya sudah baca yang di blogpojok.com.. Teknik yang digunakan oleh blogpojok.com memang dapat digunakan dan tidak ada masalah dengan itu. Akan tetapi tulisan yang saya posting ini hanya di tujukan untuk pengguna yang ingin mengganti nama domain mereka yang masih meenggunakan subdomain dari wordpress. Contoh : “http://isaninside.wordpress.com” ingin diganti menjadi “http://ihsanz.wordpress.com”. Untuk itulah tulisan ini digunakan.

      Teknik yang terdapat di blogpojok.com dapat dimanfaat bagi pengguna yang akan menghosting blog mereka sendiri.. Pengalaman saya mengenai Self Hosting pernah saya tulis di sini :
      http://isaninside.net/2009/01/28/self-hosting-sukses-juga-akhirnya.htm
      atau :
      http://isaninside.net/2009/04/15/hosting-di-rumahhostingcom.htm

      Jadi kesimpulannya, kedua tulisan ini tidak bertentangan, tapi ditujukan untuk subjek yang berbeda..
      Thx buat kunjungannya.. salam kenal M. Ihsan Z – Padang, Sumatera Barat

    1. TO : adlul

      .com jo .net ndak ado yang gartisan do lul, setau isan gitu.. Kalau nio pakai itu, harus yang berbayar.. Yang gartis tu domainnyo paling .co.cc, .co.nr, hypephp.com, etc…… Pakai selah nan berbayar tu.. pitih lai banyak mah…

  1. Mau pindah domain berbayar (.com), sementara blog yang lama terkena suspend.
    Gimana solisinya…
    Makasih