Home » Activities » Daya Tampung Mahasiswa Baru 2008/2009 Unand 4.654 UNP 3.285,

Pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2008/09 telah dimulai. Dua perguruan tinggi negeri (PTN) di Sumbar yakni Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP) siap menampung menampung mahasiswa. Unand akan menerima 4.654 mahasiswa baru pada sembilan fakultas, sedangkan UNP menerima 3.285 untuk tujuh fakultas.

Pembantu Rektor (PR) I Unand Prov Dr Novesar Jamarun MS mengatakan jalur non reguler mulai tahun ini tidak dibuka lagi. Sebagai penggantinya dibuat jalur reguler mandiri. “Kendati demikian kita tidak memaksakan diri dalam penerimaan,” ujar Novesar pada Padang Ekspres, di ruang kerjanya, kemarin.

Dari sembilan fakultas tersebut, Unand menambah dua jurusan baru pada jalur SNM-PTN, yakni Hubungan Internasional (HI) dan Ilmu Komunikasi (IK). Pada dua jurusan tersebut, menurut Novesar akan diterima 90 mahasiswa baru, 40 untuk HI dan 50 untuk IK. “Untuk jurusan HI kita telah terima 10 orang melalui jalur PMDK. Jadi untuk SNM-PTN kita hanya bisa tampung 30 orang. Sementara untuk jurusan IK semuanya kita seleksi lewat SNM-PTN,” jelasnya.

Untuk penerimaan mahasiswa, apakah itu SNM-PTN atau reguler mandiri, sama dengan universitas lainnya, Unand menerima lulusan dengan ijazah Paket-C. Novesar menekankan harus memiliki ijazah saat itu juga. “Jadi kalau mereka baru akan ujian bulan ini, maaf saja kita pastikan mereka harus bersabar hingga tahun depan,” lanjutnya.

Untuk mahasiswa yang kurang mampu, seperti tahun-tahun sebelumnya, Unand juga menyediakan beasiswa yang diperoleh dari stakeholders. Unand akan melibatkan pihak Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)-nya untuk melakukan verifikasi langsung ke alamat calon mahasiswa tersebut. ”Selama ini kita telah lakukan hal itu. Kita tidak ingin alasan biaya jadi hambatan,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan UNP, Ahmad Hamdani menyebutkan daya tampung mahasiwa baru UNP untuk tahun ajaran 2008/2009 ini berjumlah 3.285 orang.

”Pada tahun ini UNP membuka tiga program studi (prodi) baru yaitu, D-3 Statistika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Tata Rias Kecantikan dan Pendidikan Teknik Infrastruktur dan Komputer pada Fakultas Teknik,  Untuk Statistik prodi ini telah mulai menerima mahasiswa sejak tahun ajaran lalu, tetapi hanya melalui seleksi UNP,” kata Ahmad Hamdani di ruangannya kemarin.

Bagi mahasiswa yang diterima lewat jalur PMDK, lanjut Dani harus melakukan pelaporan pada tanggal 24-27 Juni. Kemudian pada tanggal 2-3 Juli, saat pelaksanaan ujian SNM-PTN, mereka diwajibkan melakukan pendaftaran ulang. “Bagi mahasiswa PMDK yang tidak melakukan pendaftaran ulang pada tanggal tesebut dinyatakan gugur,” tegasnya.

8.561 Formulir Terjual

Sementara itu, tidak seperti hari pertama, pengambilan formulir SNM-PTN hari kedua mulai sibuk. Hal ini terlihat dengan panjangnya antrean pada loket-loket pengambilan di kampus UNP dan Unand. Namun, pada tempat pembelian formulir di cabang-cabang Bank Mandiri di kota Padang serta beberapa ATM terlihat mulai tertib, tidak sesibuk Senin lalu.

Ketua Panitia Lokal SNM-PTN 14 Padang Prof Dr Novesar Jamarun MS, mengatakan, calon mahasiswa tidak usah buru-buru dalam membeli formulir. Lebih lanjut ia mengatakan calon mahasiswa tidak usah cemas kehabisan. “Kita telah menyediakan 28.880 formulir. Lebih banyak daripada jumlah peserta SPMB tahun lalu. Kalaupun kurang, sementara permintaan masih banyak, kita akan ajukan penambahan ke pusat,” jelasnya.

Untuk mengatasi kondisi yang tidak diinginkan jika ada yang pingsan atau lemas, panitian di Unand juga telah menyiagakan ambulans yang siap mengantarkan ke posko kesehatan atau ke klinik terdekat. Kondisi serupa juga terjadi di kampus UNP Air Tawar, tempat pengambilan formulir IPA dan IPC. Walaupun ramai, calon mahasiswa terlihat tertib dan bersabar menunggu gilirannya mendapatkan formulir.

Hingga hari kedua Ketua Humas Panlok 14 Padang, Amril Amir mengatakan telah terjual formulir sebanyak 8.561. Dengan rincian untuk hari Selasa (17/6) telah terjual formulir per jurusan untuk IPS 2.316, IPA 1.780 dan IPC 2.235.

Sumber: Padang Ekspres, edisi Rabu, 18 Juni 2008 (dy/ak)

Share :
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Google Buzz
  • RSS
  • Technorati
  • Add to favorites
  • email
  • MySpace
  • Plurk

Tentang Isaninside - Muhammad Ihsan Zul

Isaninside - Muhammad Ihsan Zul, Seorang suami dari Rizka Irma Septiani dan bekerja sabagai Dosen di Politeknik Caltex Riau (PCR). Lulusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP [Padang] tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UGM tahun 2012. Ilmu untuk dibagi bukan dipamerkan. Let's Share!
Bookmark and Share Subscribe

52 Responses to “Daya Tampung Mahasiswa Baru 2008/2009 Unand 4.654 UNP 3.285,”

  1. berapa uang kuliahnya…?????

    rasanya koq ga transparan masalah uang kuliah…

    gimana sih….??

    Reply
  2. fannie 30/12/2008

    Untuk siswa yang berasal dari wilayah lain (Sumatera Selatan),untuk dapatin formulir PMDK atau formulir SNM-PTM gimana? Harus ke Padang ya?

    Reply
  3. Firmasari 08/01/2009

    Trus klo mau daftar lewat jalur ujian mandiri pendaftaranya kpn?
    Tp klo tidak dr padang cara mengambl formulirna bagaimana??

    Reply
  4. firmasari 09/01/2009

    nah ujiannya itu tanggal berapa dan biaya pendaftarannya berapa???
    Tp kalo ngambil formulirnnya diambilin orang lain boleh kan?????

    Reply
  5. firmasari 10/01/2009

    mangna nama websitenya apa??????????

    Reply
  6. SRGNT_KOKUBOROU 14/01/2009

    Jur tknik msin d unand ad gq..?

    Reply
  7. a"y_icE 14/01/2009

    Mmm…
    trz,fRmulir bwt pMdK k UNAND kpaN dkRim k sMa lain luar SUMBAR
    ???

    Reply
  8. a"y_icE 14/01/2009

    Kbari sCepatnya yCh..
    Bth bWngetZz nIe..

    Reply
  9. Sarwo' 18/01/2009

    saya siswa di sumut, tp saya mau ambil jalur PMDK si unand…
    apa aja sie persyaratannya??? saya tanya gni karena di website unand tdk lgkap..

    Reply
  10. Sarwo' 07/02/2009

    ooh… gtu ya??
    tp unand blum prnah dtg tuh k skul sya..
    emang klo Unang g dtg k skul sy, sy g bs ambil jalur PMDK ya???

    Reply
  11. firmasari 13/02/2009

    kok websaite unand gk bs di buka ya?????????????????
    oh ya klo UM unand di mulaina kapan ya?????????????????????

    Reply
  12. Sarwo' 13/02/2009

    mas..
    mo tanya nih,,
    kalo’ mahasiswa dr USU baru kuliah 1smster bs pndah ke UNANd atw ke PTN lainnya??

    Reply
  13. Fisca 18/02/2009

    klo misalnya dari luar daerah kya jakarta mau daftar kya 9iemna ??

    Reply
  14. Fisca 18/02/2009

    kan di skola saya g da pmdk dr unand , slain ikut snmptn !!
    cara n9edaftar jd mahasiswa brunya kya 9iemna y ???
    trus website unandnya kurang jelas gtu …

    Reply
  15. @ sarwo
    Bisa pindah kok. itu namanya kuliah transfer.. ikuti aj prosedur PT awal dan PT Tujuan..

    Reply
  16. Sara 26/02/2009

    Ka’ kpan pngumuman pmdknya? Aq ikut pmdk unand..doain lulus ya!

    Reply
  17. lucya varika putri 17/03/2009

    Assalamualaikum,
    saya tertarik tuk ngambil jurusan HI di UNAND,
    kenapa daya tampung untuk jurusan ini sedikit sekali,,?
    terus apa saja yang harus dipersiapkan calon mahasiswa fak. HI, dalam tes SNMPTN?

    Reply
  18. UM unand kpn??n uNTuk biayanya brP?oia untUk uM unand hRuz ke pADang ya??bkaNnya uNtK UNiv negRi Biasanya MeMpunyai SKOLAH2 diluar daERah…untUK utUL NyA

    Reply
  19. Rina novita 19/03/2009

    siang pak/buk
    saya mau tanya, apakah masih ada formulir pendaftaran pmdk unp
    saya pengen sekali mengikuti pmdk unp tapi formulir dari unp di sekolah telah habis, apakah masih bisa di tambah atau ada alternatif lain untuk mengikuti pmdk unp yang tinggal beberapa hari lagi…
    mohon bantuannya
    thanks

    Reply
  20. micko 23/03/2009

    mo nanya nie..
    sistem penerimaan mahasiswa baru unand melalui jalur apa aj y?

    Reply
  21. 43nhee 25/03/2009

    oya k3 w leh nanya rsn bk or bimbingan konseling dt mn y cmpusx

    Reply
  22. rHuni3 03/04/2009

    kApan nEch nMa mAhasIswa yaNg lU2s pMdk di KeluArin

    dAch g’ sBar mU tW ….

    Reply
  23. mao nanya ni
    penerimaan mahasiswa baru unand melalui jalur apa ajah ya?
    dan kalo fk mandiriny sendiri itu ada gak ya?
    kira2 patokan biayanya berapa ?

    Reply
  24. kalo mo tranfer D3 bahasa inggris ke UNP gimana caranya….????

    Reply
  25. D3 bahasa inggris ABA.katanya ada tes nya…bener g’sich….

    Reply
  26. mas, kapan hasil PMDK unand diumumkan???

    kasih tau mas.plisssssss

    thx b4… :)

    Reply
  27. kalau bisa bales ke email sya aj yanh mas..

    heheheh

    Reply
  28. mima 24/05/2009

    hy unand,,,,,,,,,,,,,,,,,,,jwb ya pertanyaan aQ unand katanya udah buka jurusan psikologi bnr gk sih?teruz gmn cara masuknya dengan ujian SNMPTN atau ujian mandiri di fakultasnya ????n gman prosedur mengikutinya?okey unand jwb yaaaaaaaaaaaaa….
    blz ke e-mail Q ja,thank unand

    Reply
  29. mima 24/05/2009

    hy unand,,,,,,,,,,,,,,,,,,,jwb ya pertanyaan aQ unand katanya udah buka jurusan psikologi bnr gk sih?teruz gmn cara masuknya dengan ujian SNMPTN atau ujian mandiri di fakultasnya ????n gman prosedur mengikutinya?okey unand jwb yaaaaaaaaaaaaa….

    Reply
    • To Fannie
      ga harus ke padang kok, kan SNMPTN dibuka buat smua wilayah di Nusantara, jadi ujian boleh di daerah asal, asalkan kita milih jurusan-jurusan yang ada di padang… Like kode yang dicantumin pas milih jurusan aj.

      Reply
  30. RICKY 16/07/2009

    cuy,,,,,,,,kapan tanggal pendaftaran mahasiswa baru yang melalui jalur lokal,,,,,,,,,,,………..?

    Reply
  31. fandrix 17/07/2009

    misi bro…
    mao nanya ne..
    kapan yah bk pendaftaran nr nya unp to thn 2009?????
    kira2 biaya masuk n biaya /semester nya to berapa????
    thanks sblm nya…

    Reply
  32. lala 22/07/2009

    buat non regulernya kapan ya mulai buka pendaftarannya???

    Reply
  33. lala 22/07/2009

    unp ma unand maksudnya…
    thanks b4

    Reply
  34. busyeeeeeeeeeet banyak juga ya yang ingin kuliahh kalau tetap nganggur mau ngfapain sekolah tringgi2….

    Reply
  35. To : Firmasari

    Ooooo Ujian Mandiri, se tau saya klo ujian mandiri emg harus di Padang mbak, ngambil formulisnya langsung ke Universitas yang dituju… gitu….Thx sudah berkunjung

    Reply
  36. To : Firmasari

    Nah kalo itu saya belum tau… mungkin bisa kunjungi website UNP atau Unand aj. Kalo sekedar ngambil formulir ya bisalah, mmm tapi kalo untuk ujian ya kagak bisaaa. hehehe just kidding…

    Reply
  37. To : SRGNT_KOKUBOROU

    SI teknik mesin Unand ad..

    Reply
  38. to : a”y_icE

    Kunjungi http://unand.ac.id aj.. mungkin infonya lebih update, kan milik unand sendiri.. kalopun ada, bkal dikabari lagi deh… ok, sama-sama

    Reply
  39. To : Sarwo

    mmmm setau saya seh PMDK diajukan oleh universitas ke sekolah-sekolah tertentu yang telah mereka program PMDK… coba deh tanyain ke pihak sekolahnya, apa-apa aj PMDK yang masuk ke sekolahnya? Tidak tertutup kemungkinan lain untuk bisa masuk UNAND… yang jelas saya bjg ga tau bnyak tt unand, saya kan dari UNP, hehehehe… semoga bisa kjwab aj.. thx udh berkunjung..

    Reply
  40. To: Firmasari

    Ga tau juga knapa… mungkin websitenya lagi diperbaiki kali y…

    Reply
  41. To : Fisca

    Wah berat neh, hehehehehe kaga kok… sebaiknya datang ke unand aja.. trus ikut seleksi yang di adain unand melalui program Ekstensi. Ujiannya di Padang.. Kalo ga lulus SNMPTN, gunakan cara ini.. tapi mudah-mudahan lulus deh, amin. iy neh saya juga binggung kok situs unand banyak dikomplain CAMA(calon Mahasiswa) ya? THX sudah berkunjung

    Reply
  42. To Sara

    PMDK UNAND atau UNP? setau saya PMDK diprogram universitas untuk sekolah-sekolah tertentu.. apa sekolahnya dapat program itu? coba tanyain ke pihak sekolahnya, mana tau ada yang ngajuin PMDK kesekolah kamu…Thx sudah berkunjung

    Reply
  43. To : Lucya

    Wa’alakum salam, HI unand y.. mmm saya juga ga begitu paham.. Mungkin ruangan kuliahnya cuma mencukupi untuk jumlah yang telah ditentukan, atau faktor internal lain spt tenaga dosennya.. Yah yang dipersiapkan apalagi… hehehehe, tapi sekedar saran, menurut saya, kmungkinan Bahasa Inggris adalah yang utama.. Heheheh moga bermanfaat aj..Thx sudah berkunjung..

    Reply
  44. To : Tya

    Coba kunjungi http://unand.ac.id mungkin ada informasinya di sana..thx sudah berkunjung…hehehehehe

    Reply
  45. To : rina

    Ikut ujian masuk UNP aj gimana? coba kunjungi http://unp.ac.id . Mungkin beritanya sekarang belum di update.. tapi coba kunjungi satu atau 2 bulan kedepan…

    Reply
  46. to : hafifah

    SNMPTN, Ujian Reguler Mandiri (NR=non Reguler), dan PMDK.. FK mandiri ada, patokan biaya masuknya saya juga ga tau, sebagai perbandingan, tahun 2005 yang lalu biaya masuknya sekitar 47 jt rupiah..thx sudah berkunjung

    Reply
  47. TO : me

    Emang D3 bahasa inggris mana?

    Reply
  48. To : me

    ABA ya..Ada tesnya.. tapi kapan pelaksanaan tes saya ga tau jadwalnya.. coba aj kunjungi FBSS UNP.. mungkin banyak info di sana..

    Reply

Tinggalkan komentar